Panduan Mengganti Cleaning Blade Fotocopy Canon IR

3/20/2020
Cleaning blade memiliki fungsi yang sangat erat kaitannya dengan hasil fotocopy jika fotocopy hasilnya garis- garis yang perlu di ganti adalah bagian cleaning blade ini. namun untuk user yang masih belajar tentu akan bingung dimana letak cleaning blade ini. tentu cara membuka cleaning blade serta cara membersihkan cleaning blade perlu anda pelajari. mengganti cleaning blade meruapakan cara service dasar yang perlu kita pahami.

Daftar Isi Artikel :
  1. Mengapa perlu mengganti cleaning blade fotocopy?
  2. Kapan Cleaning blade fotocopy perlu diganti?
  3. Ciri - Ciri Cleaning Blade Minta Rusak dan Minta Ganti
  4. Panduan Cara dan Langkah Membuka Cleaning Blade mesin Fotocopy Canon IR
4 point diatas merupakan hal penting yang perlu teman - teman ketahui mengenai cleaning blade mesin fotocopy.

Mengapa perlu mengganti cleaning blade fotocopy?

Apabila mesin fotocopy mengalami hasil yang kotor seperti bergaris panjang dapat dipastikan adalah masalahnya cleaning blade bocor, tentu solusinya anda harus membongkar dan menggantinya dengan yang baru. Cleaning blade sendiri letaknya beda - beda jika sesuai dengan type mesin yang anda gunakan. Nah yang jelas letak nya selalu berdekatan dengan drum mesin fotocopy karena memang fungsi cleaning blade sendiri membersihkan drum dari sisa toner yang telah di lepaskan ke kertas.
Panduan Mengganti Cleaning Blade Fotocopy Canon IR
Panduan Mengganti Cleaning Blade Fotocopy Canon IR

Cleaning blade terbuat dari karet rubber yang tanah panas dan tidak mudah rusak, Namun lama kelamaan masa cleaning blade ini akan mengalami kerusakan sesuai dengan jangka panjang pemakaian mesin fotocopy itu sendiri. Bentuk cleaning blade sendiri anda bisa lihat digambar bawah ini. Berbahan elastis biasanya berwarna bening tepatnya posisi cleaning blade ini berdekatan dengan drum.

Kapan Cleaning blade fotocopy perlu diganti?

Jarak waktu dalam membersihkan cleaning blade sendiri memang tidak setiap hari harus di cek namun bukan berarti cleaning blade ini bukan hal yang dibiarkan saja tanpa diperhatikan. Cara merawat cleaning blade mesin fotocopy anda harus rajin membersihkannya menggunakan alkohol dan di keringkan lalu dipasang dibarengi taburan bedak.

tujuannya agar saat cleaning blade di jalankan tidak seret atau tidak tersendat ke bagian drum. Tentu semua cara - cara sederhana ini perlu anda pelajari dan praktekkan agar mengetahui letak dan juga posisi cleaning blade yang sebenarnya.

Kebanyakan toner yang berada dibagian cleaning blade ini mengeras dan akan menyababkan lecet pada drum jadi sangat perlu sekali sekitar 4 - 5 bulan anda melakukan check pada bagian cleaning blade ini agar performanya tetap terjaga.

Memang dalam membuka cleaning blade ini tidaklah membutuhkan waktu yang sebentar karena kondisinya dan letaknya yang berada di dalam area bagian drum tentu membuat kita terkadang malas berurusan dengan cleaning blade ini.

Pergantian cleaning blade sendiri dapat dirasakan saat sudah mengalmi bocor yang menyebabkan hasilnya bergaris.
Baca Juga :Drum mesin fotocopy canon iR tidak panas penyebab hasil fotocopy pudar

Ciri - Ciri Cleaning Blade Minta Rusak dan Minta Ganti

Untuk merawat hasil fotocopy agar tidak bergaris dan selalu memiliki kwalitas tentu cleaning blade ini adalah faktor utama yang akan mempengaruhi hasil fotocopy yang bergaris - garis hitam. jadi jangan ragu - ragu dalam perawatan mesin fotocopy karena anda memang di tuntut agar selalu mengoptimalkan seluruh kondisi part mesin fotocopy agar hasilpun maksimal dan pelanggan anda tidak kecewa dengan kwalitas hasil fotocopy anda.

Dalam membuka cleaning blade ini anda harus memiliki waktu senggang agar tidak menggangu waktu saat ada konsumen ingin fotocopy terkecuali jika anda memiliki mesin serep atau dua mesin hal tersebut bukan lah masalah.

Jadi dalam membukanya usahakan waktu yang senggang siapkan fikiran, tenaga dan kemauan. karena dengan kondisi seperti itu anda akan bekerja dengan maksimal dalam merawat mesin fotocopy tersebut.

Harga cleaning blade mesin fotocopy sendiri tergantung dari jenis mesin yang digunakan ada yang 120.000 sampai dengan 250,000 semua tergantung kondisi dan juga merk kwalitas dari cleaning blade itu sendiri. jadi jika anda mencari cara mengganti cleaning blade mesin fotocopy silakan simak beberapa langkah dibawah ini :

Panduan Cara dan Langkah Membuka Cleaning Blade mesin Fotocopy Canon IR

Dalam mengganti cleaning blade ini untuk lebih jelasnya saya akan berikan link video yang lengkap anda bisa lihat diawah ini :



Dari penjelasan diatas mengenai cara mengganti cleaning blade tentu sudah dapat anda ketahui, jadi silakan anda praktekkan dengan hati - hati kerena letaknya sangat berdekatan dengan drum yang sensitif .

Langkahnya adalah dengan tahapan sebagai berikut untuk mesin fotocopy canon IR5000
1. Tarik unit drum keluar.
2. Keluarkan drum
3. Keluarkan charger roller
4. ganti wiper blade ini dengan yang baru.


Demikian ulasan mengenai cara mengganti cleaning blade mesin fotocopy canon IR

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »