Mengetahui Rincian Modal usaha fotocopy untuk pemula - Ruanganbaca.com

Mengetahui Rincian Modal usaha fotocopy untuk pemula

Usaha fotocopy memang terlihatnya mengiurkan apalagi jika keberadaanya didekat kampus atau kantor, karena setiap harinya pasti ada saja yang membutuhkan menduplikat dokumen jadi bisa dibilang usaha fotocopy merupakan usaha yang menghasilkan harian. Nah dalam bisnis fotocopy tentu tidaklah sedikit modal yang harus dikeluarkan mengingat harga mesin fotocopy semakin hari semakin melambung. Modal awal usaha fotocopy memang tergantung pada type mesin fotocopy yang diambil misalnya untuk awal usaha menggunakan mesin type canon medium harganya kisaran 8 JT sampai dengan 13 Jt ini semua tergantung dari daerah dan penjual masing - masing. Sudah terbayang bukan?

Untuk satu mesin fotocopy saja harganya kisaran jutaan, namun anda yang ingin membuka jasa fotocopy sebetulnya ada cara lain agar usaha fotocopy yang anda inginkan tetap terwujud yaitu dengan menyewa mesin fotocopy dengan pembayaran per klik. bisanya perusahaan fotocopy menyediakan rental mesin fotocopy dengan biaya perklik kisaran 100,- / Lembar.

Mengetahui Rincian Modal usaha fotocopy untuk pemula
Mengetahui Modal usaha fotocopy untuk pemula
Dengan menyewa mesin tersebut bisa menjadi alternatif usaha fotocopy anda bisa tetap buka dan terlaksana.Cara lain jika modal anda tipis untuk membuka usaha fotocopy adalah dengan membeli mesin fotocopy mini. selama ini pengalaman saya untuk mesin fotocopy mini anda bisa menggunakan mesin kyocera m2540dn atau m2040dn, namun untuk harga mesin ini juga masih di bandrol diatas 5 Jt an. jika modal anda masih sangat - sangat minim mungkin menyewa mesin fotocopy adalah cara satu - satunya.

Jika kita lihat dengan harga jual perlembar fotocopy ditahun ini kisaran Rp. 200,- sampai dengan harga Rp. 300,- seolah tidak mungkin untuk cepat balik modal. Disinilah kita harus perbanyak usaha lainnya jadi mesin fotocopy atau jasa fotocopy anda adalah sebagai penarik minat konsumen setelahnya anda harus menyediakan jasa - jasa lain agar modal yang anda keluarkan untuk investasi mesin cepat kembali. Lain halnya jika anda pengusaha fotocopy yang sudah lama tentu pelanggan yang didapat sudah banyak dan tentu hal tersebut bukanlah fikiran.

Mengembangkan usaha fotocopy sendiri memang saat ini terbilang masih cukup luas pasarnya karena memang usaha jasa fotocopy ini banyak dibutuhkan oleh semua orang. Cara promosi usaha fotocopy ada perlu membuat proposal fotocopy yang nantinya dimasukkan ke kantor - kantor atau instansi pemerintahan yang membutuhkan jasa fotocopy. Dalam membuat proposal ini anda harus menjelaskan harga perlembar fotocopy sampai dengan alat apa saja yang ada serta jasa apa yang disedikan di toko fotocopy yang anda miliki.

Kebanyakan kantor ataupun instansi pemerintahan mencari fotocopy terdekat disekitar area kantor disinilah kesempatan anda jika ada lokasi bisa membuka jasa fotocopy dekat kantor - kantor tersebut tentu hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri untuk anda yang mambuka jasa fotocopy dekat dengan area kantor ataupun area sekolah. Tanpa harus membuat proposal penawaran kerjasama sudah pasti mereka mendatangi dan membutuhka  jasa fotocopy anda.

Sebelumnya perlu anda ketahui, dalam membeli mesin fotocopy pastikan anda sudah mengetahui hal - hal dasar mengenai mesin fotocopy antara mesin inport dan juga mesin rekondisi lokal, dalam artikel ini kita tidak membahas keduanya, namun hal - hal tersebut wajib anda ketahui sebelum membeli mesin dari suplier mesin fotocopy.

Dalam usaha fotocopy tentu modal yang dikeluarkan bukan hanya untuk mesin saja melainkan perlu juga menyediakan modal untuk kebutuhan atk (Alat Tulis Kantor). Lebih jelasnya biasanya usaha fotocopy agar usaha fotocopy anda maksimal harus menyedikan jasa berikut ini :
  1. Laminating - Atau Jasa press dokumen
  2. Jasa Ketikan - Rental
  3. Jasa cetak foto
  4. Jasa Print
  5. Jual alat tulis kantor
Jasa diatas cukup untuk anda adakan di dalam usaha fotocopy yang akan anda buka, sedangkan jika kita total dari semua kebutuhan diatas modalnya pasti lumayan. saran saya dalam bisnis pemula ini anda harus benar - benar menggunakan alat seadanya. misalnya jika ada komputer bekas masih hidup dan layak pakai anda bisa memanfaatkannya untuk usaha. Untuk printer anda bisa menggunakan printer canon IP2770.


Rincian Modal Awal Usaha Fotocopy Pemula

A. Modal Investasi
  1.  Mesin Fotocopy Canon IR 3300, IR3045   Rp. 13.000.000
  2. Mesin Laminating                                         Rp. 900.000
  3. Etalase                                                           Rp. 1.000.000
  4. Printer Canon IP 2770                                   Rp. 500.000
  5. Komputer Core2                                            Rp. 1.500.000
  6. Kursi dan Meja Kantor                                  Rp.  700.000
  7. Barang ATK                                                   Rp. 3.000.000
  8. Pemotong Kertas                                           Rp. 250.000
  9. Sewa tempat 1 Tahun                                    Rp. 10.000.000
Total Modal Rp.  30. 850.000

Perhitungan modal diatas adalah hitungan kasar karena semua tergantung lokasi dan kebutuhan anda, jika uang anda tidak cukup dengan nominal diatas cara lain masih banyak mensiasatinya seperti yang sudah saya ulas diatas. Yang pasti dalam memulai usaha fotocopy hal terpenting adalah niat. karena dengan niat yang bulat tentu akan ada jalan untuk bisa mencapai bisnis usaha fotocopy yang akan anda buka.
Perlu diketahui keberhasilan dalam usaha fotocopy ini memang di tunjang beberapa faktor pendukung salah satunya yang sudah saya jelaskan diatas yaitu tempat atau lokasi toko anda, untuk lebih jelasnya saya terangkan ulasan dibawah ini : 

  1. Pemilihan Lokasi yang strategis hal ini sangat - sangat berpengaruh pada bisnis fotocopy yang anda jalankan, jangan sampai bisnis fotocopy anda buka ditengah - tengah pasar tentu untuk masyarakat yang berada dipasar jarang sekali membutuhkan jasa fotocopy, karena target market usaha fotocopy ini adalah kampus, kantor, sekolah dan tempat - tempat yang ramai selain ditengah pasar, dengan mengetahui kondisi market tersebut maka usaha fotocopy dapat berkembang untuk kedepannya.
  2. Membuat promosi atau sebuah pemasaran dengan cara yang efektif dan efesien dengan cara membagi brosur, pasang spanduk, dan yang paling penting dalam promosi fotocopy adalah dari mulut ke mulut. jadi tugas anda sebagai pengusaha fotocopy pemula haruslah memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan - pelanggan anda. sehingga secara tidak langsung konsumen itu sendiri yang akan mempromosikan usaha fotocopy anda ke teman - teman, tetangga dan sanak kerabatnya.
  3. Miliki mental baja, kuat, tahan banting di medan usaha dan jangan patah semangat karena seperti halnya berbisnis di usaha yang menggunakan elektronik sudah barang tentu suatu saat cepat ataupun lambat mesin akan mengalami kondisi kerusakan dalam hal inilah anda diuji dan pastikan semuanya harus dihadapi dengan sabar dan kepala dingin.
  4. Lengkapi usaha fotocopy anda dengan penjualan yang beragam dan jasa yang lengkap misalnya cetak foto, print, laminating serta menyedikan kebutuhan sekolah seperti pensil, pena, buku dan lain sebagainya. 
  5. Pastikan harga jual fotocopy perlembarnya mengikuti pasar, dalam posisi ini anda harus mengecek pasaran harga perlembar fotocopy yang umum dijual di sekitar anda, agar konsumen tidak dapat membandingkan antara satu dengan yang lainnya. Serta berikan diskon khusus jika konsumen fotocopy dengan jumlah tertentu.
  6. Memiliki kerja sama dengan sekolah, kantor atau instansi lainnya tentu hal ini juga dapat meningkatkan keuntunga untuk anda.
  7. Buat senyaman mungkin tempat usaha anda, dalam hal ini biasanya konsumen akan mengantri ketika sedang ramai nah perlunya menyedikan fasilitas adalah hal yang mutlak misalnya adanya TV, Kursi, Kipas angin dan yang lainnya dan pastinya akan membuat betah konsumen.
  8. Kwalitas yang baik. karena anda sebagai jasa layanan fotocopy tentu harus memberikan hasil fotocopy yang memuaskan jangan sampai hasil fotocopy anda buram, tidak jelas tentu hal seperti ini membuat konsumen tidak mau fotocopy ketempat anda.
Dari penjelasan diatas mengenai modal usaha fotocopy dan kiat sukses usaha fotocopy tentunya sudah anda pelajari. Jika anda menerapkan beberapa hal diatas tentu kesuksesan akan menghampiri usaha anda, tidak menentut kemungkinan dari bisnis fotocopy membuat anda kaya banyak uang. Sudah banyak bukti mengenai keberhasilan mereka dalam bisnis usaha fotocopy yang dimulai dari modal dengkul atau moda rental sewa mesin namun dengan niat semuanya terbayarkan. bahkan ada yang bisa membuka 5 cabang dalam jangka 4 tahun. Semoga anda yang akan membuka usaha fotocopy disegerakan oleh Allah dan dimudahkan segala urusan dalam bisnis ini. terimakasih sudah membaca blog ruanganbaca.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel