Cara mengatasi Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540 - Ruanganbaca.com

Cara mengatasi Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540

Sebelum teman - teman membaca lebih jelas mengenai cara mengatasi Error C6000 di mesin fotocopy kyocera M2540dn/2040dn baiknya bergabung di Youtube kami yang membahas semua tentang mesin kyocera dan juga pembahasan mengenai fotocopy, percetakan. dll. Oke langsung saja kita ulas apa sebenarnya penyebab masalah mesin Error dengan pesan C6000. Sebetulnya saya permasalahan yang paling sering terjadi dan yang memang bisa disebut kelemahan mesin kyocera M2040/2540 ini adalah dibagian pemanas. Karena didalamnya terdapat kain yang fungsinya untuk melumasi area Fuser film jika kain ini kering atau sobek maka yang akan terjadi adalah kertas macet diarea pemanas dan tidak dapat keluar. atau biasa dikenal dengan jampaper.

Cara mengatasi Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540
Cara mengatasi Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540
Pembahasan ini sebetulnya sudah saya ulas didalam Youtube, namun untuk lebih jelasnya saya akan ulas kembali melalui tulisan didalam blog ruanganbaca.com ini tentu semua nya agar tambah bermanfaat untuk pelanggan setia pembaca ruanganbaca.com. Seperti yang kita ketahui semakin banyak yang mengetahui ketangguhan mesin mini kyocera M2540dn dan 2040dn ini membuat semakin banyak pengusaha fotocopy yang dibuat penasaran dengan mesin mini ini. Namun taukah kamu dibalik semua itu tidaklah seperti yang dibayangkan. disini saya akan ulas beberapa Error yang pernah saya alami.

Kita akan itermezo terlebih dulu mengenai permasalahan Error C6000 ini. Sebelumnya mesin kyocera M2540dn saya sering sekali mengalami error dengan kondisi yang berbeda - beda mulai dari C6610 dan  C6050 dan terakhir adalah C6000 semua permasalahan ini letaknya diarea pemanas. Awal mula mesin ini kondisinya baik tidak ada kendala apapun juga setelah masa setahun masalah error mulai berdatangan. Saya anggap ini hal wajar karena dalam satu tahun tersebut mesin ini tidak ada perawatan sama sekali. C6050 ini ternyata masalah penyebabnya adalah kainnya sobek anda bisa melihat gambar dibawah ini bentuk kainnya.
Kain Fotocopy kyocera M2540dn Sobek
Kain Fotocopy kyocera M2540dn Sobek
Nanti akan saya ulas mengenai bagaimana cara merawat kain mesin kyocera agar tidak mudah sobek. pada kasus kain sobek ini yang menimbulkan error C6050 solusinya anda harus membongkar bagian fixing atau pemanas letak kain ini di dalam fuser film. Kondisi sobek ini disebabkan kurangnya cairan pelicin atau grease di dalam fuser film sehingga kain ini lama - kelamaan tidak ada pelumas dan sobek tertarik putaran fixing dan menyebabkan putaran menjadi berat dan jalanya fixing tidak stabil sehingga kertas yang melawati ini akan macet atau jampaper. 

Cara merawat kain fuser film agar tidak mudah sobek ini kuncinya adalah anda harus rajin mengecek kondisi kain tersebut dan jangan lupa beri grease atau pelumas agar putaran fuser film tetap stabil. Jadi kondisi inilah yang menyababkan kain sobek. dalam masa perawatan atau pelumasan bagian kain fuser film ini anda bisa lakukan maksimal 1 bulan sekali namun ini tidak menjadi patokan jika mesin anda digunakan amat sering dan bekerja keras baiknya lakukan perawatan ini sesering mungkin.

Untuk Error C6610 yang saya alami penyebabnya adalah karena sensor bagian pemanas tertutup tumpahan minyak grase. Jadi sebelum anda membeli minyak grase pastikan kwalitasnya bagus kesalahan saya waktu itu membeli grase yang harga miring setelah digunakan ternyata tidak kuat menahan panas sehingga menyebabkan grase leleh dan tumpah dibagian sensor pemanas dan menutupinya sehingga menimbulkan masalah baru yaitu Error C6610 pada mesin kyocera.
Setelah sensor - sensor dibersihkan alhasil masalah dengan kode Error C6610 dapat dihilangkan dengan mudah. tentu hal ini tidak pernah terfikir sebelumnya namun dengan pengalaman ini saya jadi tahu penyebab Error C6610 ini. Selanjutnya adalah Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540 nah permasalahan ini menurut saya sendiri adalah tersulit namun faktor nya hanya sepele. Untuk mengatasi masalah C6000 fotocopy kyocera 2040/2540 saya sudah lakukan segala cara yang masih berkaitan dengan area pemanas.

Pertama yang saya lakukan adalah membongkar pemanas dan memastikan putaran fuser film lancar dengan saya tambahkan grease. Namun hasilnya masih saja mengeluarkan error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540 tentu ini membuat bingung. Selanjutnya saya coba kuras pembuangan toner meskipun ini sebetulnya tidak ada hubungannya dengan Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540 untuk memastikan saya lakukan itu. Berikutnya saya cek bagian kondisi sensor dan kabel - kabel yang berkaitan yang dikhawatirkan terjadi konslet atau hangus Namun hasilnya tidak saya temui masalah.
Sampai akhirnya saya coba melakukan analisa dibagian lampu pemanas, yang saya khawatirkan lampu ini putus atau tidak hidup. Namun kondisi kenyataanya berbeda karena mesin sempat hidup dan mengeluarkan hawa panas sebelum selanjutnya disusul oleh Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540. Dalam kondisi ini saya sendiri hampir menyerahkan urusan ini pada orang yang lebih paham tentang kyocera ini. Hingga akhirnya masalah saya temui sumbernya yaitu karena faktor bagian Thermostat Fuser bermasalah. jadi pada mesin fotocopy kyocera M2540dn atau 2040dn memiliki dua Thermostat Fuser anda harus memastikan bagian Thermostat Fuser ini cembung bukan cekung kedalam. Jika bagian Thermostat Fuser ini kondisinya cekung kedalam maka hasilnya adalah Error C6000 fotocopy kyocera 2040/2540, untuk melakukan langkah agar bagian Thermostat Fuser cembung keluar anda harus sedikit membanting secara perlahan dimeja agar kondisi Thermostat Fuser ini menjadi cembung.
Pastikan gambar yang saya tunjuk diatas posisinya harus cembung bukan cekung. coba raba dengan tangan
Pastikan gambar yang saya tunjuk diatas posisinya harus cembung bukan cekung. coba raba dengan tangan
Setelah hal diatas saya lakukan alhasil kondisi mesin yang awalnya Error C6000 dapat dihilangkan dengan cara sederhana seperti itu. jadi dalam perbaikan mesin kita perlu yang namanya analisa dimana sistem ini bekerja namun sebuah analisa tidak dapat bekerja tanpa adanya pengetahuan sebelumnya. Untuk pertanyaan silakan tinggalkan komentar dan untuk berlangganan artikel bermanfaat lainnya silakan masukkan Email anda disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel