Cara mudah memperbaiki laminating mengeluarkan Asap

Perlu diketahui laminating yang berasap biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, jadi disini anda perlu melihat asap yang dikeluarkan mesin laminating tersebut. banyak pengusaha fotocopy atau percetakan yang bingung ketika menghadapi mesin laminating mengeluarkan asap. sebetulnya berdasarkan pengalaman mesin laminating yang berasap terjadi bukan disebabkan oleh masalah serius yang mana karena adanya kotoran bekas laminating yang menempel di roll pemanas, ketika dihidupkan mesin akan membakar kotoran tersebut sehingga berasap.

Namun hal ini perlu dibedakan jika asap yang dihasilkan hitam atau berbau seperti hangus, bisa jadi mesin laminating mengalami over heat atau kerusakan pada mesin, biasanya untuk laminating berasap yang disebabkan bekas kotoran asapnya berwarna putih, Pengalaman saya menggunakan mesin laminating sudah hampir 7 tahun selama pemakaian itu pernah saya service satu kali karena gear rompal yang menyebabkan laminating tidak rata alhasil jika melaminating hasilnya sebelah menempel dan sebelah tidak. pengalaman saya mesin laminating berasap setelah saya gunakan untuk laminasi, nah proses laminating dan laminasi ini berbeda jika laminating plastiknya ukuran F4 atau maksimal A3, sedangkan untuk laminasi pastik gulungan dan lebih tipis yang biasanya digunakan untuk melapisi undangan. 
Cara mudah memperbaiki laminating mengeluarkan Asap
Cara mudah memperbaiki laminating mengeluarkan Asap
Mesin laminating juga bisa kita modifikasi menjadi mesin laminasi, yang mana hanya menambahkan beberapa pipa paralon yang akan menjadi roll pemutar laminasi gulungan tersebut. Lebih jelasnya saya sudah membuat videonya diyoutube anda bisa simak dilink ini.

Ketahui ciri - ciri mesin laminating rusak

Mesin laminating bisa dikatakan rusak atau perlu perbaikan jika beberapa ciri - ciri yang saya jelaskan disini terjadi pada mesin laminating anda, Yang pertama adalah roll pemanas berputar dengan baik namun plastik laminating tidak bisa menempel atau suhu mesin laminating tidak panas, Nah jika hal ini terjadi penyebabnya laminating tidak panas adalah relay potentiometer pengatur temperature dan juga Kerusakan pada elemen pemanas.

Cara kerja nya element pemanas disuplay tegangan AC oleh kontak relay, jika relay bermasalah tentu akan mengakibatkan permasalahan pada bagian element pemanas karena tidak mendapat suplay tegangan dengan baik hal ini lah penyebab utama mesin laminating tidak panas. biasanya masalah ini dapat dilihat dari ciri - cirinya jarum pengukur panas tidak bergerak. Untuk memastikan bahwa permasalahan ini pada relay anda harus melakukan pembongkaran pada mesin laminating dan mengecek bagian relay ini.

Hal lain yang masih berkaitan dengan masalah ini adalah bagian Potentiometer yang rusak menyebabkan thermostat tidak mau bekerja untuk mengemudikan bagian relay jadi masalah ini juga bisa disebabkan oleh bagian potentiometer.
Baca Juga : Langkah Mudah Membuka Plastik Laminating Ktp, KK, dokumen Dengan Mudah
Jika beberapa mekanik yang saya jelaskan diatas tidak ada masalah artinya masalah kerusakan mesin laminating tidak bisa panas disebabkan oleh pemanas itu sendiri. Kerusakan ini memang umum terjadi untuk menggantinya pastikan anda membeli merk dan juga bentuk yang sama, yang dikhawatirkan suhu yang dihasilkan berbeda dengan mesin laminating yang anda gunakan.

Kerusakan berikutnya, adalah bagian switch “forward-reverse” yang mengalami masalah, switch ini mempunyai dua posisi kontak, jika yang terjadi seperti diatas maka kontak kedua posisinya sudah rusak. Untuk memastikan kondisi ini switch laminating perlu di tes, Untuk switch yang tidak ada kendala biasanya akan terjadi macet atau berhenti pada bagian motor yang sudah rusak. Kasus pada kerusakan motor ini memiliki kronologi sama pada masalah kerusakan pada element pemanas. Untuk memastikan jika bagian switch yang rusak anda bisa menggantinya dengan yang baru.

kerusakan berikutnya adalah kendala yang macam - macam bisa disebabkan oleh fuse, kabel AC, atau bagian switch ON/START tentu permasalahan seperti ini harus di check dan di analisa satu persatu. Untuk meminimalisir kerusakan pada mesin laminating anda bisa periksa bagian baut dan kencangkan baut yang berfungsi sebagai setelan silinder pemanasnya baik yang sebelah kanan atau sebelah kiri.

Kesimpulan :

Perdasarkan penjelasan diatas mesin laminating yang mengeluarkan asap disebabkan oleh kotoran bekas sisa - sisa plastik yang menempel di area roll pemanas, yang mana hal ini sangat mudah diatasi dengan cara membersihkan sisa - sisa plastik yang menempel ini menggunakan cairan alkohol yang di gosok - gosok menggunakan kain. Cara ini sudah saya terapkan sesuai dengan pangalaman pribadi.

Jika dalam penjelasan diatas terdapat tambahan silakan tinggalkan komentar dibawah ini, semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan penjelas untuk anda. terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com untuk berlangganan artikel lainnya yang akan dikirim ke Email anda silakan masuk kesini.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel