Terbaru Solusi E225 Mesin Fotocopy Canon IR - Ruanganbaca.com

Terbaru Solusi E225 Mesin Fotocopy Canon IR

Masalah yang akan kita bahas kali ini seputar error yang biasanya terjadi pada mesin fotocopy canon IR diantaranya IR 5000, IR6000 dan Juga IR5075 atau bahkan pada mesin fotocopy canon IR lainnya. Mengatasi masalah error sendiri pada mesin fotocopy terkadang gampang susah karna setiap error tidak dapat diatasi dengan cara mereset mesin fotocopy. apalagi jika error tersebut berkaitan dengan mekanik atau part yang ada di dalam mesin tentu mau tidak mau anda harus membongkar bagian yang error tersebut dan menggantinya.

Seperti yang akan kita bahas mengenai masalah E225, cara menghilangkan masalah E225 ini bukan dengan mereset mesin fotocopy karna masalah ini disebabkan oleh bagian CCD mesin yang bermasalah atau bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya yang berkaitan. perlu saya jelaskan dalam mengatasi troble mesin fotocopy kita memerlukan sebuah analisa dimana hal ini tidak dapat berpatokan dengan satu masalah saja. 

Misalnya Scaner Unit sudah di ganti tetap error E225, CCD sudah diganti namun E225 tetap saja tidak hilang nah hal seperti ini merupakan tantangan yang harus anda analisa sendiri atau mencari refrensi melalui internet mengenai titik kerusakan selain dua bagian tersebut yang menyebabkan E225. 

Mengatasi permasalahan yang bandel seperti diatas memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. perlunya kesabaran adalah yang terpenting dalam menganalisa dan juga segelas kopi agar kepala tetap dingin. Analisa ini tidak dapat dilakukan untuk pengusaha pemula apalagi yang belum pernah sama sekali membongkar mesin yang dikhawatirkan adalah bisa membuka tidak bisa memasang kembali. jadi saya sarankan untuk yang masih pemula lebih baik memanggil teknisi saja dari pada kerusakan yang anda perbaiki bukannya hilang malah semakin parah.

Saya sempat mendapat pertanyaan dari beberapa pengguna mesin fotocopy dengan pertanyaan yang menurut saya sulit mendapat jawaban pertanyaannya Bagaimana cara agar mesin fotocopy tidak pernah error ? Hal ini sontak saya jawab tentu tidak bisa. Setiap permasalahan pada mesin fotocopy ada solusi. Saya fikir amat jarang jika mesin fotocopy tidak pernah mengalami masalah ERROR karena kertas nyangkut saja mesin mengeluarkan indikator error pada bagian LCD.

Meskipun hari ini mesin lancar - lancar saja 3 atau 4 tahun kedepan pasti error tersebut datang karna disebabkan oleh masa pakai dan juga perlunya pergantian part pada area tertentu. atau meskipun tidak error biasanya hasil mulai blur karna kurangnya perawatan pada bagian drum. Artinya error pasti datang bukan untuk ditakuti tentu semua error ada solusinya jika anda mengetahui. 
Namun jika error sudah sering terjadi 1 minggu satu kali, dan error tersebut sulit diatasi artinya mesin yang anda gunakan sudah tidak layak pakai. lebih baik di overhoul atau di musiumkan. karna tentu akan menggerus modal usaha anda.

Ada beberapa part penyebab masalah E225 diantaranya adalah sebagai berikut, saya akan jelaskan satu persatu :

1. Cek bagian lampu Xenon

Anda bisa melihatnya jika lampu ini nyala dan bekedip artinya masalah E225 bukan disini. anda bisa menganalisa masalah pada lainnya.

2. Cek Reader Controller PCb

Penyebab lainnya masalah E225 adalah bagian Reader Controller PCb ini letaknya jelas pada bagian belakang atau di bawah adf reader, cara melihatnya coba bongkar dengan hati hati, dan ganti dengan reader yang lain, setelah itu coba hidupkan mesin fotocopy jika masalah masih E225 artinya kita ke bagian part yang lain.

3. Cek Inverter PCB

Bagian Komponen ini tugasnya dalah mengontrol lampu xenon, memang bagian ini tidak mungkin bermasalah apabila lampu xenon hidup dan tidak ada masalah namun untuk memastikan kita bisa membongkarnya dan mengecek bagian ini dengan menukar bagian komponen Inverter dengan mesin lain. apabila di coba dan mesin malah mengeluarkan masalah baru E220 artinya Inverter PCB tidak bermasalah.

4. Cek bagian CCD PCB

Posisi Letak bagian CCD PCB ini anda dapat melihatnya pada bagian belakang lampu laser bentuknya seperti pada gambar dibawah ini.

CCD Mesin Fotocopy Letaknya dibelang Laser
CCD Mesin Fotocopy
Untuk mengatasi masalah E225 ini anda dapat mengeceknya satu - satu dari solusi diatas,  karena terkadang masalah ini tidak dapat di atasi dengan satu langkah saja, pengalaman saya mengatasi E225 ini tepat di nomor 4 yang mana kerusakan yang pernah saya tangani adalah masalah CCD PCB yang mengalami masalah setelah saya tukar dengan mesin yang lain mesin tidak lagi mengeluarkan indikator E225 dan sampai sekarang berjalan lancar.
Dari empat penjelasan diatas semoga salah satunya menjadi solusi mesin fotocopy canon IR anda yang mengalami masalah E225, apabila ada tambahan saya mempersilahkan untuk berkomentar dibawah ini. semoga artikel yang saya tulis ini memberikan manfaat serta menjadi pencerahan mengatasi E225 pada mesin fotocopy.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel