Memperbaiki Masalah Error E821 Fotocopy Canon IR - Ruanganbaca.com

Memperbaiki Masalah Error E821 Fotocopy Canon IR

Memperbaiki Masalah Error E821 Fotocopy Canon IR - Permasalahan error pada mesin fotocopy memang tidak dapat di definisikan dalam satu penjelasan saja. karna setiap kode error yang dikeluarkan mesin fotocopy memiliki penjelasan dan pastinya cara penyelesaian yang berbeda pula. seperti pada artikel yang akan kita ulas kali ini mengenai cara memperbaiki masalah E821 dimana biasanya permasalahan ini terjadi pada mesin type canon IR Type IR6570, IR 5075, IR5070, IR5065, IR5075, IR5570, Ira6055, IR6020, Canon IR6570, dan juga jajaran mesin dengan type diatas. sebetulnya permasalahan kode error E821 bukanlah masalah yang fatal dan berat. namun dari ketidak tahuan user dalam penanganan mesin fotocopy masalah ini akan menjadi sangat memusingkan. sehingga tidak salah jika anda berselancar ke internet dan mencari kata kunci cara memperbaiki E821 mesin fotocopy. karna didalam artikel ini akan kami kupas beberapa cara menangani masalah E821 ini. semoga nantinya dapat membantu dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada mesin fotocopy anda.
Memperbaiki Masalah Error E821 Fotocopy Canon IR
Memperbaiki Masalah Error E821 Fotocopy Canon IR
E821 sendiri memang jarang terjadi, karna penyebab masalahnya biasanya ditimbulkan dari kurangnya perawatan baik dari pengecekan part dan juga kebersihan itu sendiri. namun tidak dipungkiri apabila mesin selalu bekerja setiap hari sudah barang tentu perawatan mesin menjadi nomor sekian, E821 sendiri akan muncul ketika terdapat beberapa kendala pada mesin cirinya adalah layar monitor akan berhenti bekerja dan langsung mengeluarkan pesan E821-02 dalam kondisi ini tentu beberapa pengusaha fotocopy pemula akan langsung bingung dibuatnya karna permasalahan ini biasanya disebabkan dari atau sesudah mengganti cleaning blade dan juga sebagian pengalaman E821 muncul secara tiba - tiba, apabila permasalahan ini muncul anda harus mengingatnya apakah beberapa waktu yang lalu anda baru saja mengganti cleaning blade. jika ya artinya masalah adalah bersumber dari blade yang anda ganti coba cek bagian drum apakah berputar dengan normal tanpa hambatan blade. 

Mengapa saya dapat menyimpulkan blade berpengaruh dengan masalah E821, berdasarkan pengalaman dilapangan pernah kejadian mesin fotocopy canon IR 6570 mengeluarkan kode error E821 berbagai cara sudah dilakukan mulai dari mengecek kabel PD fan, Dc, kabel berwarna ungu yang berada di rumah drum , thermo fuse drum namun hasilnya sama saja tidak mengatasi masalah E821. sehingga setelah di analisa kejadian sebelumnya ternyata user sebelumnya mengganti bagian blade. setelah dilakukan tes pada bagian drum benar saja drum berhenti bergerak yang disebabkan oleh karet blade yang mengerem bagian drum. setelah diakali dengan manaburi bedak bayi putih dan diputar - putar hingga drum ringan dalam bergerak, dan di tes hasilnya kode E821 hilang dan tidak muncul. dari sini saya menyimpulkan masalah E821 itu sendiri tidak terpatok pada satu atau dua part saja terkadang masalah sepele dapat menimbulkan pesan error yang membuat kita pusing. sehingga dalam permasalah error mesin fotocopy analisa kerusakan meruapakan hal penting yang dapat dilakukan.

Namun dari langkah diatas mungkin masalah E821 ini kebetulan dapat diatasi dengan cara mudah. apabila masalah ini muncul tanpa pernah mengganti blade atau mengutak atik bagian mesin ada beberapa langkah yang harus dicek dan juga melakukan perbaikan diantaranya :

Cara Mengatasi Masalah E821

Error 821 dapat disebabkan juga oleh faktor penyumbatan bagian area pembersih, solusi mengatasi masalah E821 tentu dengan cara :
  1. Keluarkan bagian unit drum dan kuras bagian toner yang mengeras 
  2. Ganti saringan udara kipas pelepasan panas, hal ini biasanya menyebabkan suhu didalam tidak normal dan menyebabkan toner mengeras.
Namun sebelum cara - cara diatas dilakukan baiknya anda sudah melakukan beberapa langkah mudah terlebih dulu dari mulai mengecek kabel bagian fan, cek kabel berwarna ungu yang ada di bagian rumah drum karna dikhawatirkan kabel ini putus, thermo fuse drum juga harus dicek jika dirasa kondisinya sudah usang ganti saja.  Kesimpulannya, permasalahan E821 Fotocopy Canon IR ini disebabkan oleh bagian area drum, sehingga anda bisa fokus dalam menangani masalah ini cukup fokuskan kebagian drum mesin fotocopy. 

Baca Juga :

Dari penjelasan diatas mengenai cara mengatasi masalah kode E821 mesin fotocopy semoga dapat membantu anda yang sedang kesulitan dalam menangani masalah tersebut. terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel