Solusi E012 Mesin canon IR5000/IR6000 - Ruanganbaca.com

Solusi E012 Mesin canon IR5000/IR6000

Solusi E012 Mesin canon IR5000/IR6000 - Error mesin fotocopy canon menjadi momok tersendiri bagi pengusaha fotocopy apalagi anda yang masih baru dalam memulai usaha di bisnis fotocopy, tentu hal error akan manjadi materi baru dalam kegiatan usaha anda. kali ini kita akan membahas seputar error yang terjadi pada mesin fotocopy canon IR5000/IR6000 yang mengalami E012, sebelum kita membahas cara memperbaiki E012 kita akan mengulas sedikit apa penyebab mesin fotocopy canon ir error E012 atau lengkapnya E000012-0000.

Pada dasarnya error E012 terjadi pada mesin fotocopy dikarenakan ada beberapa jalur sistem yang tida terhubung sempurna sehigga mesin fotocopy tidak dapat bekerja secara maksimal. dan akhirnya mengeluarkan kode E012. pembahasan E012 pada mesin fotocopy canon IR ini saya mulai dari pengalaman rekan saya sendiri. dimana kejadian E012 tiba - tiba muncul pada canon IR5000. sebagai bahan pelajaran langsung saya bagikan di dalam postingan ini agar ketika ada yang mengalami masalah serupa bisa langsung mengakses internet untuk mencari solusi E012 pada mesin fotocopy canon IR.
Solusi E012 Mesin canon IR5000/IR6000
Solusi E012 Mesin canon IR5000/IR6000

Sebetulnya dalam menangani E012 terbilang cukup mudah namun memerlukan keahlian khusus dalam membongkar bagian - bagian part yang berhubungan dengan kesalahan E012. tentu anda harus hati - hati dan mengingat jenis part yang dibongkar dan letak posisi pemasangannya seperti semula. karna apabila dalam posisi ini salah bisa fatal akibat nya. Sebelum kita memecahkan permasalahan error E012 ini, terlebih dulu kita akan ulas penyebab E012 pada mesin fotocopy canon IR5000/6000, sebetulnya permasalahan ini hanya disebabkan oleh beberapa hal kecil yang menyebabkan E012 adalah Wiper blade, Motor drum dan Gear utama drum.

Baca Juga :
Solusi E061-002 Mesin Fotocopy Canon IR
Langkah mudah reset mesin fotocopy canon IR

Namun sebagai pengusaha fotocopy tentu kita akan kebingungan dengan permasalahan error pada mesin fotocopy sehingga kita harus berani menjadi teknisi pada mesin fotocopy yang kita gunakan, yang terpenting sebelum melakukan pembongkaran part anda harus mengingat letak - letak part agar ketika melakukan pemesangan tidak bingung, tipsnya agar anda tidak lupa ketika memasang kembali part yang akan di lapas, sebelum melakukan pembongkaran foto menggunakan kamera ponsel bagian - bagian yang akan dilepas mulai dari posisi dan letaknya. setelah itu lakukan pembongkaran dan apabila nanti ketika melakukan pemasangan kembali anda lupa, bisa melihat foto sebelum di bongkar.  namun apabila anda pengusaha fotocopy pemula apabila ragu untuk melakukan perbaikan secara sendiri baiknya panggil teknisi fotocopy agar masalah bisa cepat teratasi.

Setelah anda mengetahui beberapa masalah part yang dapat menyebabkan E012 selanjutnya adalah melakukan perbaikan pada part yang sudah saya jelaskan diatas. Berdasarkan pengalaman untuk mengatasi masalah E012 ada dibagian tiga part diatas yang saya sebutkan,langkah perbaikannya anda bisa perhatikan beberapa penjelasan dibawah ini :

  1. Wiper Blade - Blade atau nama lengkapnya Wiper blade letaknya berdekatan dengan bagian Drum yang mana memiliki fungsi sebagai pembersih sisa toner yang melekat di bagian DRUM mesin fotocopy, bentuknya seperti karet silicon memanjang biasanya warna karetnya bening ada juga yang agak bening kekuningan, masalah E012 ini salah satunya disebabkan oleh DRUM yang kering sehingga menyebabkan drum sulit berputar karna drum tidak dapat melakukan gesekan dengan normal. solusi mengatasinya anda bisa taburi bagian blade menggunakan bedak bayi yang warna putih, taburi permukaan blade lalu putar - putar bagian drum sampai ringan. bisa juga anda menggunakan toner namun toner kurang licin jika dijadikan pelumas blade.
  2. Motor Drum Mati - Masalah ini bisa ditebak ketika dengan cara putar bagian drum jika putaran enteng tanpa hambatan bisa jadi masalah pada bagian motor drum yang melemah atau rusak. cara mudah mengetes masalah motor ini adalah dengan cara menukar dengan mesin yang normal. jika sudah yakin masalah dibagian motor drum anda bisa menggantinya dengan yang baru. namun sebelum melakukan langkah ini anda harus sudah memastikan dengan langkah diatas.
  3. Gear Drum - Gear ini letaknya dibagian drum coba anda perhatikan dibagian ujung drum terdapat gear yang melingkari apabila bagian gear ini rompal atau habis, ini juga bisa menjadi faktor terjadinya E012 mesin fotocopy canon IR. Gear drum yang rompal bisa menjadi salah satu penghambat putaran drum sehingga menyebabkan berat dan mesin akan mengeluarkan indikator ERROR.
Berdasarkan kasus masalah E012 Mesin canon IR5000/IR6000, kita dapat menyimpulkan bahwa kerusakan pada mesin fotocopy canon IR dengan code E012 IR5000/IR6000 disebabkan oleh tiga hal komponen utama yang menjadi sorotan perbaikan diantaranya Wiper Blade yang kurang pelumas bedak, Motor Drum yang mati atau lemah, Gear Drum yang rompal. setelah anda membaca artikel ini semoga dapat menjadi salah satu refrensi dan media belajar untuk kita semua. semoga apa yang saya bagian bermanfaat apabila anda memiliki tambahan mengenai cara solusi memperbaiki error E012 silakan tambahkan di kolom komentar dibawah ini. terimakasih sudah mengunjungi blog runganbaca.com jangan lupa untuk share kepada teman - teman lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel