Mengatasi Problem E000110 pada mesin fotocopy canon IR

Pada postingan kali ini ruanganbaca.com akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi problem E000110 khususnya pada mesin fotocopy canon IR,  masalah ini kebetulan terjadi pada mesin Ir6000 namun masalah ini bisa jadi sama cara mengatasinya pada mesin canon IR dengan Type IR 3570, IR2270, IR2870, IR 4570 dan type IR lainnya.

Kejadian ini sebetulnya awalnya tidak menunjukkan error saat mesin di hidupkan karna semua dalam keadaan normal dan tidak ada masalah, namun saat mesin mulai bekerja mencopy indikator layar monitornya langsung E000110, jelas awalnya saya merasa bingung ada apa dengan mesin ini? mulai menganalisa masalah.

saya mencari beberapa refrensi masalah yang terjadi hingga menimbulkan Problem E000110 pada mesin fotocopy canon ir. salah satunya penyebab Problem E000110 yang diterangkan di dalam manual book service seperti ini :

E110-0000
Description
The motor ready signal does not arrive within 15 sec after the laser scanner motor drive signal is generated

Causes

The wiring is faulty (short circuit, open circuit, disconnection). The laser scanner motor (M10) is faulty. The main power supply PCB is faulty. The DC controller PCB is faulty.
(sumber :printcopy.info)

Kurang lebih dapat diartikan bahwa kerusakan terjadi pada area motor, sedangkan posisi kerusakan ini terjadi ketika proses scan di jalankan oleh karnanya saya mengambil kesimpulan problem E000110 pada mesin fotocopy canon IR ini terjadi karna kondisi motor scanner yang ada masalah.

Penyebab E000110 :

1. Motor Scanner
Untuk sobat yang masih awam mungkin akan kesulitan untuk mencari letak dimana motor scanner ini berada, karna memang untuk mengatasi masalah  E000110  ada beberapa motor yang mesti sobat cek satu satu :
Problem E000110 pada mesin fotocopy canon IR
Motor Scanner

pada kondisi ini apabila setelah dilakukan penggantian masalah masih tetap muncul, sobat bisa lakukan langkah berikutnya :

Baca Juga :

2. Mengganti Laser unit
Motor laser scanner letak nya di dalam motor unit agar sobat mudah membedakannya serta tidak membingungkan motor ini biasanya disebut motor poligon. fungsi motor polygon ini adalah menggerakkan lensa polygon yang letaknya di bagian laser scanner.

Problem E000110 pada mesin fotocopy canon IR
Problem E000110 pada mesin fotocopy canon IR Gambar Polygon

Kisaran Harga Motor Laser Scanner Mesin fotocopy IR
Masalah yang terjadi saat pergantian laser unit adalah berat dibagian pembelian, karna pergantian part ini tidak bisa hanya membeli motor laser scanner saja melainkan harus satu set lengkap laser scanner tanpa terpisang sehingga jelas tidak bisa menekan biaya pergantian part ini dengan harga kisaran 1 jutaan.

http://kasircopymaster.com/

dari penjabaran di atas dapat saya simpulkan kerusakan pada mesin fotocopy yang mengalami Problem E000110 adalah bagian tidak berputarnya Motor laser scaner, setelah lampu scanner selesai memindai dokumen maka data akan dilanjutkan ke laser unit, karena motor laser unit tidak berfungsi dengan baik secara otomatis mesin akan mengeluarkan peringatan kode error E110. kejadian ini biasanya error hanya timbul ketika selesai memindai dokumen. Dari artikel ini mudah - mudahan sobat menemukan solusi bagaimana mengatasi mesin canon IR yang mengalami E110. semoga artikel ini memberikan wawasan baru, jangan lupa share.

0 Response to "Mengatasi Problem E000110 pada mesin fotocopy canon IR"

Posting Komentar