cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Creality Ender 3 V3 KE Linear Rail Klipper

Ender 3 V3 KE memiliki kemiripan yang kuat dengan Ender 3 V3 SE dalam hal estetika. Yang mengejutkan, untuk model kelas atas, ia menawarkan volume pembuatan yang sedikit lebih kecil yaitu 220 x 220 x 240 mm. Saat memeriksa printer, sulit untuk tidak langsung menyelidiki perbedaan antara KE dan SE, terutama mengingat biaya tambahan dari model baru ini (Anda dapat melihat pendapat kami tentang model terakhir dalam ulasan Creality Ender-3 V3 SE kami ).

Meskipun tampilannya serupa, kedua mesin ini memiliki beberapa perbedaan yang berbeda, beberapa di antaranya berdampak mendasar pada kecepatan dan kualitas. Peningkatan penting pada KE adalah layar sentuh grafis penuh warna, meningkatkan kemudahan navigasi dan kontrol. 

Creality Ender 3 V3 KE Linear

KE juga menawarkan konektivitas Wi-Fi, memungkinkan kendali jarak jauh dan pemantauan melalui ponsel pintar atau komputer. Ini memiliki fitur firmware canggih berdasarkan proyek Klipper sumber terbuka, yang secara signifikan meningkatkan kualitas cetak pada kecepatan lebih tinggi. Selain itu, KE secara mengesankan mendukung kecepatan cetak maksimum 500 mm/s. Untuk mengakomodasi peningkatan kecepatan tersebut, dilengkapi dengan rel linier pada sumbu X, yang meminimalkan getaran pada kecepatan lebih tinggi. 

Ujung panas di KE, yang mampu mencapai suhu 300°C, cocok untuk jenis filamen bersuhu tinggi seperti nilon. Selain itu, produk ini dilengkapi permukaan lapisan PEI, yang memberikan keseimbangan antara daya rekat dan kemudahan menghilangkan cetakan. Secara keseluruhan, meskipun kedua mesin tersebut mungkin tampak serupa, pengalaman kami dengan printer 3D terbaik menunjukkan bahwa KE mewakili lompatan maju yang signifikan dalam teknologi, kecepatan, dan kualitas.

Desain Creality Ender 3 V3 KE

Dari segi desain, Creality Ender 3 V3 KE mengadopsi tata letak Cartesian yang familier. Berdampingan dengan SE, tampilannya sangat mirip. Namun, jika dilihat lebih dekat, terungkap perubahan desain yang menandainya sebagai mesin level berikutnya, seperti antarmuka layar sentuh penuh, konektivitas Wi-Fi, dan rel linier yang menambah kekakuan ekstra pada sistem.


Kepala cetak sekarang dilengkapi dua kipas untuk pendinginan cepat dengan kecepatan lebih tinggi hingga 500mm/s. Hotend pemanas keramik 60W yang baru merupakan peningkatan signifikan dalam kompatibilitas material. Namun penting untuk dicatat bahwa sistem ini tetap terbuka, tidak tertutup, yang umumnya lebih disukai untuk material tingkat lanjut.

Pada Sumbu X, rel linier padat, yang umum terdapat pada banyak printer yang ditingkatkan, memberikan jalur yang mulus dan membantu meminimalkan kemungkinan getaran pada desain batang ganda standar.

Leveling pada printer 3D telah mengalami kemajuan pesat, dan Ender 3 V3 KE menyertakan sistem satu ketukan yang nyaman. Aspek penting dari desain ini adalah penambahan konektivitas Wi-Fi melalui perangkat lunak Creality Print, bahkan pada tingkat anggaran ini, memungkinkan pengiriman cetakan komputer langsung dan pemantauan kemajuan pencetakan. Meskipun mesin ini tidak dilengkapi dengan kamera, kamera dapat ditambahkan dengan mudah.

Printer ini hadir dengan beragam fitur standar dan menawarkan peningkatan tambahan. Salah satu peningkatan tersebut adalah kamera AI, yang terbukti bermanfaat pada model seperti K1 dan K1 Max. Lainnya adalah sensor Kompensasi getaran, tambahan DIY sederhana yang dapat lebih meningkatkan kemampuan printer.

Fitur Creality Ender 3 V3 KE Linear Rail Klipper

Creality Ender 3 V3 KE, meskipun merupakan printer 3D murah, menawarkan fitur-fitur yang baru saja mulai difilter ke printer dengan label harga ini, dan menggabungkan fungsionalitas kelas atas dengan kemudahan pengguna.

Fitur yang menonjol adalah sistem gerak canggihnya, yang disorot oleh rel linier sumbu X yang presisi. Hal ini berkontribusi pada peningkatan stabilitas dan pengurangan getaran, khususnya selama pencetakan kecepatan tinggi. Dengan kecepatan maksimum 500 mm/s, Ender 3 V3 KE menonjol dalam kategorinya dalam hal kecepatan mencetak, bahkan melampaui Ender 3 V3 SE yang sedikit lebih murah.

Menavigasi pilihan-pilihannya disederhanakan dengan antarmuka layar sentuh grafis penuh warna, menjadikan proses pencetakan lebih intuitif. Penambahan konektivitas Wi-Fi untuk pemantauan dan pengendalian jarak jauh melalui smartphone atau komputer semakin meningkatkan kegunaannya. Meskipun tidak dilengkapi dengan kamera untuk pemantauan live feed, ada opsi untuk menambahkannya.

Inti dari kinerja Ender 3 V3 KE adalah hotend berkemampuan tinggi, yang dapat mencapai suhu hingga 300°C. Fitur ini memperluas kompatibilitas bahan printer, mengakomodasi berbagai jenis filamen, termasuk bahan bersuhu tinggi seperti nilon dan ABS (bila digunakan dengan penutup). Fleksibilitas tersebut memungkinkan beragam aplikasi pencetakan, mulai dari proyek hobi yang rumit hingga tuntutan yang lebih profesional.

Permukaan printer dilengkapi alas PEI, yang dikenal dengan keseimbangan optimal antara daya rekat yang kuat dan kemudahan penghapusan cetakan. Permukaan yang magnetis dan fleksibel ini membantu proses pasca pencetakan; hari-hari berjuang melawan print bed untuk melepaskan cetakan kini sudah berlalu.

Kompatibilitas perangkat lunak mencakup sebagian besar alat pengiris standar, dengan printer dilengkapi dengan Creality Print, alat pengiris yang mudah digunakan berdasarkan Cura. Firmwarenya, yang mengambil inspirasi dari proyek open-source Klipper, mencakup fitur-fitur seperti pembentukan masukan dan kemajuan gerakan. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kualitas cetak, mengurangi masalah seperti bayangan dan dering, terutama pada kecepatan lebih tinggi.

Perakitan dan pemeliharaan menjadi mudah dengan sebagian besar komponen tiba dalam keadaan setengah dirakit. Hal ini memudahkan proses penyiapan, sebuah tren yang kini umum terjadi di sebagian besar produsen. Pendekatan setengah rakitan sangat penting untuk memastikan bahwa proses membuka kotak dan memulai dapat diakses oleh pengguna di semua tingkatan, terutama bagi mereka yang baru mengenal printer sekaliber ini.

Creality Ender 3 V3 KE 

Harga Kisaran Shopee

Rp. 4.218.000

Sfesifikasi  Creality Ender 3 V3 KE Linear Rail Klipper

Teknologi Cetak:  FFF (Fused Filament Fabrication)

Luas Pembuatan:  220 x 220 x 240 mm

Resolusi Lapisan Minimum:  0,1 mm

Resolusi Lapisan Maksimum:  0,35 mm

Dimensi:  433x366x490mm

Berat:  7,8kg

Tempat tidur:  Suhu maksimum 100°C

Permukaan Cetak:  Permukaan tempat tidur PEI

Perangkat Lunak:  Kompatibel dengan alat pengiris standar; termasuk Creality Print (berdasarkan Cura) dan fitur firmware lanjutan berdasarkan Klipper.

Bahan:  PLA, PETG, TPU, PA, nilon, dan bahan bersuhu tinggi dengan penutup

Kecepatan Cetak:  Maksimum 500 mm/s, biasanya sekitar 300 mm/s

Posting Komentar untuk "Review Creality Ender 3 V3 KE Linear Rail Klipper"