cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Muatan Listrik statik dan dinamis

halo sahabat ruanganbaca.com - membahas mengenai kelistrikan memang cukup luas karena di era modern seperti ini hampir 80% kehidupan sehari - hari kita memerlukan listrik. contoh kecilnya adalah sebuah handphone yang setiap hari berada di genggaman tangan kita. penggunaan listrik sendiri tergantung pada fungsi dari sebuah benda tersebut dan tentunya harus didukung komponen yang bertujuan untuk menjadikan listrik tersebut berdaya guna.

Muatan listrik yang disimpan pada sebuah batrai bisa difungsikan banyak hal misalnya menjadi sebuah penerangan, suara audio dan masih banyak lagi fungsinya sesuai dengan komponen yang dirangkai.

listrik statik dan dinamis
listrik statik dan dinamis

Nah bicara mengenai listrik ternyata ada golongan energi listrik yang dihasilkan dari berbagai benda yang bisa dikenal dengan listrik statik. listrik statik sendiri sifatnya hanya sementara dan tidak permanent listrik ini akan hilang apabila benda tersebut tidak lagi bekerja. dibawah ini contoh muatan listrik statik :

10 Contoh Muatan listrik statik :

  1. Muatan listrik yang dihasilkan oleh mistar/ penggaris yang digosokkan kerambut dapat menarik kertas kecil hal ini dikarenakan didalam mistar tersebut tersimpan muatan listrik statik.
  2. Pengendap elektrostatis pada cerobong asap merupakan alat untuk membersihkan gas buang yang keluar melalui cerobong asap. Logam bermuatan positif akan menarik partikel abu hingga membentuk kumpulan abu yang mudah dibersihkan.
  3. Mesin fotokopi
  4. Penangkal petir
  5. Penggaris dengan kain wol
  6. Generator van de graff
  7. Cat semprot
  8. Printer Laser
  9. Theremin
  10. Sobekan kertas yang tertarik oleh penggaris

 Diatas 10 contoh listrik statik yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari - hari. nah selain listrik statik perlu kita ketahui juga ada 10 muatan listrik dinamis yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari - hari :

10 Contoh Listrik Dinamis Dalam Kehidupan Sehari-hari :

  1. Listrik yang tersimpan pada lampu senter
  2. Mainan anak (Mobilan)
  3. Handphone atau HP 
  4. Laptop atau notebook
  5. TV
  6. Kipas angin dan AC
  7. Kulkas
  8. Raket nyamuk
  9. Kendaraan listrik
  10. Mesin cuci

Setelah anda membaca 10 contoh muatan listrik statik dan dinamis tentu dapat menyimpulkan dari masing - masing benda yang dapat menghasilkan dan menyimpan listrik sementara. tentu masih banyak contoh yang dapat anda sebutkan selain dari 10 macam benda-benda tersebut.

Posting Komentar untuk "10 Contoh Muatan Listrik statik dan dinamis"