cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban, Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotokopi

Jawaban, Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotokopi - Penjelasan mengenai Mesin fotocopy merupakan sebuah alat penduplikat dokumen dengan hasil hitam putih, semain berkembangnya teknologi mesin fotocopy sendiri saat sudah ada yang memiliki fitur warna, yang biasa dikenal dengan fotocopy warna. penjelasan mengenai Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotokopi ini sering dijumpai di pembelajaran IPA jenjang SMP/MTs

Pejelasan Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotokopi

Seperti yang dijelaskan diatas fotokopi merupakan alat atau mesin yang digunakan untuk menduplikat ,menyalin atau menggandakan isi sebuah halaman kertas dalam bentuk lembaran dengan ukuran lembar kertas tertentu mulai dari a4, f4 sampai dengan A3. 

Keberadaan mesin fotokopi sendiri amat penting dalam menunjang kebutuhan sekolah atau kantor, pada awalnya mesin fotocopy diciptakan hanya memiliki fitur penyalin saja. seiring dengan perkembangan teknologi mesin fotocopy sudah dibekali fitur penyimpan dokumen, print, fax bahkan melakukan scanning.

Jawaban, Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotokopi
Jawaban, Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotokopi

Cara fotokopi sendiri sangatlah mudah anda hanya harus menghidupkan mesin terlebih dulu dengan cara menekan tombol on pada mesin lalu buka penutup kaca dan letakkan kertas yang akan dicopy selanjutnya klik jumlah lembar mulai dari angka 1 sampai dengan 999, setelahnya klik start. maka mesin akan bekerja otomatis menduplikat hasil dokumen

Prinsip dan cara kerja

Kerja mesin fotokopi dengan menerapkan prinsip optik dan listrik statis yang mana maksud optik disini adalah dengan memantulkan cahaya pada lembar kertas asli dan digandakan menjadi dokumen kedua. sedangkan maksud dari listrik statis adalah konsep perpindahan tinta dari mesin ke dokumen menerapkan konsep listrik statis agar media tinta bubuk bisa menempel pada kertas.

Ada beberapa bagian penting yang dimiliki mesin fotokopi yaitu cahaya, drum dan toner. seperti yang anda lihat saat melakukan fotocopy terdapat cahaya yang berjalan di bawah kaca. nah cahaya ini sebagai reflektor untuk melakukan scanning pada gambar atau tulisan hingga diperoleh hasil yang sesuai dengan aslinya.

apa itu drum pada mesin fotocopy? drum sendiri adalah media atau alat yang berfungsi sebagai media transfer gambar otomatis yang bisa mencetak dari hasil scan pada permukaan kertas. toner adalah tinta bubuk yang terdapat pada mesin fotocopy fungsinya adalah membuat tulisan atau gambar pada kertas.

Dokumen yang akan kita copy disebut dengan kertas master cara menyalin atau menggandakannya dengan meletakkan kertas master di bagian kaca mesin fotocopy lalu akan disinari yang selanjutnya ditangkap lalu dipantulkan oleh lensa ke arah drum yang bermuatan arus listrik negatif. secara otomatis bahan serbuk toner akan menempel pada kertas secara otomatis.

yang selanjutnya akan dipres dengan metode panas atau yang sering disebut fixing. sehingga saat proses copy biasanya hasil kertas akan panas.

Posting Komentar untuk "Jawaban, Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotokopi"