cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Pengertian dan Cara Kerja Solder Listrik

Begini Prinsip dan Cara Kerja Solder Listrik - Siapa yang tidak mengenal dari alat solder listrik pasti kamu sudah pernah melihatnya apalagi hanya sekedar mendengarnya. nah solder sendiri biasanya digunakan saat harus mengerjakan elektronik. fungsi solder listrik sendiri sangat vital dalam urusan dunia service elektronik. oleh sebab itu cukup penting bagi kita mengenal lebih dekat fungsi solder listrik dan cara kerja dari solder listrik tersebut.

Solder listrik sendiri dibagi beberapa jenis dan fungsi namun yang sering digunakan solder listrik timah dan solder listrik uap. meskipun keduanya berfungsi sama-sama untuk memperbaiki elektronik namun keduanya berbeda cara kerjanya.

Begini Pengertian dan Cara Kerja Solder Listrik
Begini Pengertian dan Cara Kerja Solder Listrik

Pengertian alat solder listrik

Solder adalah alat pemanas yang berfungsi untuk melebur timah atau melelehkan yang tujuannya untuk menempelkan komponen elektronik pada PCB. sehingga komponen tersebut dapat merekat dengan baik pada bidang jalur mcb.

Menyolder sendiri adalah hal dasar yang harus dikuasai dalam merakit dan memasang komponen suatu perangkat elektronik.

SOLDER TEKIRO

Harga referensi

Rp.54.000

Perbedaan solder timah dan solder uap

Sebelum kita mengenal lebih dalam lagi mengenai solder tentu kamu harus tahu terlebih dulu dari kedua perbedaan alat solder ini. keduanya sama-sama mengantarkan panas yang bisa difungsikan dalam dunia elektronik. nah untuk solder timah biasanya digunakan untuk menempelkan komponen - komponen seperti fuse smd, kapsitor, thermistor, resistor sedangkan untuk jenis solder uap biasanya digunakan untuk jenis pemasangan atau pelepasan IC atau komponen yang banyak kaki.

cara kerja solder uap sendiri adalah dipanaskan dengan tekanan uap panas yang dikeluarkan dari solder menggunakan angin. sedangkan solder timah mengandalkan panas yang difungsikan untuk melelehkan timah.

Baca Juga : Baru Cara Mengetahui dan Mengukur Nilai Watt Pada Resistor Elektronik

Bagian Komponen Solder

Dalam pengguaan alat solder ada beberapa komponen yang harus dipahami, diantaranya :

1. Bagian Elemen Panas

Solder adalah jenis alat pengantar panas yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi panas atau biasa dikenal dengan kalor. bagian terpenting dari sebuah solder adalah bagian element solder itu sendiri yang memiliki fungsi sebagai titik tinggi atau rendahnya suhu panas yang diantarkan.

Voltase pada alat solder bermacam - macam ada yang rendah dan ada yang tinggi. semakin tinggi watt solder maka semakin cepat panas dan memiliki suhu panas yang tinggi. 

Misalnya :

Kamu mau menyolder rangkaian ic atau biasanya disebut Integrateed Circuit dengan tujuan penempatan dibagian pcb maka rekomendasi solder yang digunakan adalah 30 watt. jika menggunakan lebih dari watt tersebut maka bagian ic bisa mengalami kerusakan.

2. Bagian Besi Solder dan Mata Solder

Pada umumnya setiap alat solder memiliki bagian besi dan mata solder, besi solder sendiri memiliki fungsi sebagai pengantar panas ke bagian mata solder untuk melelehkan  timah. sebagai bagian yang berfungsi konduktor maka bagian besi ini umumnya dibuat dari bahan yang baik agar dapat menghantarkan panas secara maksimal.

Mata solder sendiri terletak pada bagian runcing ujung solder yang gunanya untuk melekatkan timah pada komponen elektronik. ciri mata solder yang bagus memiliki ujung yang lancip yang biasanya dibuat dari tembaga.

3. Gagang Solder

bagian gagang solder ini adalah bagian penting untuk melakukan kegiatan solder karena sebagai pelindung sekaligus pegangan saat melakukan aktifitas solder. model gagang solder ini bermacam - macam ada yang berbentuk gagang tembak ada juga yang hanya berbentuk bulat.

Bahan yang digunakan pembuatan gagang solder ini biasanya plastik ABS atau kayu yang mana agar tidak mudah leleh dan tahan lama. untuk mengetahui solder tersebut berkwalitas atau tidak bisanya bisa dirasakan dari gagangnya. semakin panas gagang yang kita pegang kwalitas solder semakin jelek sedangkan ketika suhu digagang solder tidak ada perubahan meskipun solder dipanaskan ini termasuk solder rekomendasi yang bisa anda gunakan.

Beli solder berkwalitas disini

Cara kerja solder listrik

solder listrik memiliki alur kerja dengan konsumsi daya 220v yang dapat memanaskan element yang terdapat pada solder, dari element tersebut disuplai suhu panas pada besi sampai pada mata solder. pemanasan ini biasanya berlangsung beberapa menit tergantung dari watt solder tersebut. 

semakin tinggi watt solder semakin cepat proses pemanasan sehingga dapat dengan mudah melelehkan timah.

Tahapan sebelum melakukan penyolderan

  1. Sebelum menyolder terlebih dulu bersihkan pcb yang akan dikerjakan
  2. siapkan komponen yang akan disolder
  3. siapkan solder yang sudah dipanaskan
  4. Berikan flux pada komponen yang akan disolder agar mudah menempel
  5. Solder dengan hati-hati dan gunakan kaca mata karena sering terjadi ada bagian timah yang loncat

Demikian penjelasan artikel mengenai pengertian solder, cara penggunaan, cara kerja solder semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Begini Pengertian dan Cara Kerja Solder Listrik"