cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Amankan Flashdisk dengan Kunci Password

RUANGANBACA.COM - Sobat yang menggunakan flasdisk mungkin pernah waswas saat flasdisk dipinjam teman atau rekan kerja karena didalamnya terdapat data penting misalnya dokumen pekerjaan atau dokumen skripsi. bagaimana sih sebetulnya cara mengunci flashdisk agar tidak mudah dibuka oleh orang lain. bukan hanya itu yang dikhawatirkan adalah ketika flasdisk kita hilang jika tidak di kunci maka flasdisk akan dapat dibuka seluruh dokumennya.

Apalagi saat ini flasdisk bisa dibuka menggunakan hp tentu kita juga memerlukan cara mengunci flashdisk di hp android agar data kita aman dan tidak bisa dicopy orang lain. banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan lock flasdisk. bahkan banyak juga tersedia software lock flashdisk yang bisa sobat download di internet.


 

cara mengunci file di flashdisk agar tidak bisa dibuka

banyak cara memberi password pada flashdisk agar tidak mudah di copy data-data yang ada didalam flashdisk kita. tentu ini termasuk untuk keamanan data. bahkan membuat password pada flashdisk bisa dilakukan tanpa software apapun. yang memang kebutuhan seperti ini sudah disediakan oleh beberapa sistem oprasi misalnya cara membuat password flashdisk windows 7 atau bahkan sobat bisa mengaktifkan membuat password flashdisk menggunakan windows 10.

Dengan membuat kunci password flashdisk tentu dapat membuat file di flashdisk tidak bisa dibuka bahkan dicopy dengan mudah. cara kerjanya adalah sobat harus mengaktifkan terlebih dulu kata sandi di flashdisknya dengan begitu maka flashdisk akan terproteksi dan tidak mudah dibuka.

Cara mengunci Flashdisk dengan password tanpa software di Windows 7

Seperti yang sobat ketahui Fashdisk adalah tempat penyimpanan data yang cukup dikenal saat ini. Hampir semua orang sudah memiliki dan paham akan flashdisk sebagai alat penyimpan data berupa file. Karena flashdisk bentuknya portable, maka penggunaan flashdisk menjadi sangat tinggi namun mempunyai resiko yang tidak kita inginkan yaitu hilang dan pencurian. Oleh sebab itu scurity data di dalam flashdisk adalah hal yang perlu untuk di adakan. Jika anda termasuk orang yang peduli scurity pastikan flashdisk dikunci dengan password. 

Dibawah ini kita akan mengunci flashdisk menggunakan fitur BitLockker pada windows 7 dan berikut langkah-langkah yang bisa sobat ikuti.

  1. Colokkan flashdisk ke komputer
  2. Klik kanan mouse pada icon Flashdisk pilih Turn On Bitlocker

    Turn On Bitlocker
    Turn On Bitlocker

  3. Barikutnya centang pada Use a password to unlock the drive
  4. Masukkan nama password sesuai keinginan pada type your password dan Retype your password sebanyak minimal 8 karakter kemudian klik next.



  5. Pilih Save the recovery key to a file untuk simpan password klik save untuk menyimpan. Setelah itu klik Next.


  6. Klik Start Ecrypting maka akan memulai proses pemberian password di flashdisk anda. 
  7. Tunggu sampai selesai. Jika berhasil secara otomatis icon flashdisk akan berubah icon gembok.

    flashdisk terkunci
    flashdisk terkunci

  8. Selanjutnya Ketika anda mecolokkan flashdisk, maka komputer atau laptop akan diminta memasukkan password flashdisk untuk membuka filenya.

Kesimpulan Amankan Flashdisk dengan Kunci Password

Dari penjelasan singkat diatas sebetulnya banyak sekali cara memberikan password flashdisk baik itu menggunakan software lock flashdisk atau mengunci flashdisk tanpa software. pada artikel ini anda bisa mempraktekkannya untuk windows 7 apabila sobat ingin tahu Cara mengunci Flashdisk Windows 10 mungkin artikel selanjutnya akan dibahas. meskipun mengunci flashdisk di windows 10 juga sama saja dengan windows 7 yaitu menggunakan fitur bitLocker. semoga artikel ini bermanfaat