cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Solusi mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin

Untuk pengguna sepeda motor tentu tidak sedikit pengguna sepeda motor yang mempunyai masalah motor ngebul, tentu hal ini bukan hanya mengganggu pengguna jalan lainnya tapi juga membuat kita tidak nyaman saat menggunakannya. terkesan seperti motor yang rusak yang kita paksa untuk terus jalan. 

Solusi dan cara mengatasi motor berasap ini sangat beragam dan tentunya berbeda - beda semua solusi ini tentu harus dilihat dari penyebab motor ngebul itu sendiri. semua solusi kebanyakan yang memberikan panduan mengenai mesin yang dibongkar, sebelum melakukan bongkar mesin tentu sobat haruslah mengetahui terlebih dulu apa saja penyebab motor mengeluarkan asap dan bagaimana mengatasi motor yang mengerluakan asap? 

mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin
mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin

Berdasarkan mesin motor yang kita lihat apabila motor mengeluarkan asap umumnya ini masalah terjadi dibagian silinder atau liner mesin yang minta diganti atau sudah haus, selain itu pengaruh dari knalpot juga bisa serta ring piston haus dan oli yang habis atau kotor. 

Diantara masalah-masalah tersebut tidak semua masalah mesin motor ngebul harus dibongkar karena ada masalah yang sederhana dan cara mengatasinya tanpa harus bongkar mesin motor sobat.

Berikut cara mengatasi motor ngebul tanpa membongkar mesin :

1. Lakukan pergantian oli secara teratur

Perlu sobat ketahui oli merupakan hal paling penting yang ada pada kendaraan, oli sendiri memiliki fungsi sebagai pelumas dan berperan penting karena dampak lainnya sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi mesin, yang mana menfaat yang kita dapatkan adalah menghindari korosi pada komponen mesin motor. selain itu oli juga menjaga terjadinya gesekan antara komponen mesin sehingga mesin tetap aman dan stabil. apabila sobat tidak teratur mengganti oli salah satu yang akan dialami kendaraan sobat adalah berasap.

Ngebul sering terjadi di motor berusia tua, karena ruang pembakarannya sudah lapuk. Solusi pada ruang pembakaran yang bermasalah adalah membersihkan keraknya. Selain itu, bahan bakar yang diisi juga harus sesuai dengan karakteristik mesin motor agar tidak mengeluarkan asap

2. Lakukan Pembersihan pada ruang pembakaran

Terjadinya ngebul pada kendaraan bermotor biasanya dialami oleh motor berusia tua, ini disebabkan karena ruang pembakaran yang sudah lapuk. sehingga untuk melakukan perbaikan ini sobat harus membersihkan ruang pembakaran yang sudah berkerak. selain itu sobat juga harus memperhatikan bahan bakar yang digunakan karena harus sesuai dengan katakteristik mesin itu sendiri agar tidak menimbulkan motor berasap

3. Menghindari tune up mesin berlebihan

Berlebihnya tune up mesin akan menimbulkan motor ngebul tentu ini didisebabkan dari pengaturan yang sudah tidak sesuai lagi dengan mesin. karena dari cara tune up yang tidak sesuai tentu akan menyebabkan pembakaran didalam mesin tidak lagi beraturan. 

sehingga akan menimbulkan suhu mesin semakin memanas dan sudah pastinya dari suhu mesin yang terlalu panas tersebut menyebabkan motor menjadi ngebul. apabila cara dan langkah memperbaiki mesin motor sudah sobat lakukan sendiri namun tidak membuahkan hasil silahkan lakukan service mesin didealer atau bengkel terdekat.

Tags :

cara memperbaiki motor ngebul
cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin
cara mengatasi motor matic ngebul tanpa bongkar mesin
cara mengatasi motor supra ngebul
cara mengatasi motor vixion ngebul
cara mengatasi motor ngebul putih tanpa bongkar mesin
cara mengatasi motor ngebul hitam
cara mengatasi motor mx ngebul
cara mengatasi motor vario ngebul
cara mengatasi motor grand ngebul