cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini cara atasi Kerusakan UPS mati total

Alat penyimpan listrik atau biasa kita kenal dengan sebutan UPS merupakan salah satu perangkat pendukung komputer yang tentunya sangat penting dan bagian amat vital, meskipun pada kenyataanya komputer tetap dapat hidup meskipun tanpa adanya UPS. Kegunaan ups komputer sendiri tentu agar menjaga komputer tetap hidup saat pemadaman listrik terjadi. sehingga komputer tidak mati secara mendadak yang menyebabkan kerusakan pada komponen lain.

Hardware komputer yang sering rusak saat komputer mati secara mendadak tanpa proses shutdown terlebih dulu adalah bagian hardisk dan registry sistem OS. Namun tentu penting nya ups sebagai penjaga komputer tidak menuntun kemungkinan UPS itu sendiri yang akan mengalami penurunan kwalitas serta mengalami kerusakan bahkan ups mati total.

 

ups mati total
ups mati total

Kerusakan UPS ini banyak macamnya mulai dari ups tidak mengisi dan lain sebagainya. tentu permasalahan ups ini sobat harus atasi karena pentingnya keberadaan ups untuk komputer anda. selain ups tidak mengisi terkadang kendala lainnya adalah pada bagian regulator ups rusak yang tentunya permasalahan regulator ups rusak ini juga bisa menghambat kinerja ups itu sendiri. 

UPS Sendiri dipasaran banyak macamnya dan merk nya salah satunya pernah dialami sobat admin sendiri yang memiliki ups prolink, sontak beliaupun mencari cara memperbaiki ups prolink mati total yang mana kendala yang dihadapi pada ups prolink adalah mati total alis tidak dapat hidup.

Usut demi usut ternyata kerusakan ups prolink mati total tersebut disebabkan dari batrai yang sudah tidak mau mengisi. sehingganya kerusakan ups prolink ini menyebabkan ups yang tidak bisa menyimpan listrik. so jika sobat memiliki kendala tentang ups yang tidak bisa menyimpan listrik bisa mencari tutorial seputar cara memperbaiki ups yang tidak bisa menyimpan listrik.

Cara memperbaiki UPS Rusak!

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai cara memperbaiki UPS yang rusak tentu sobat bisa melakukan beberapa langkah dan perbaikan dengan dasar pengenalan komponen dan sistem kerja ups itu terlebih dulu.

Jika kita analisa UPS terbagi menjadi 3 bagian pokok diantaranya :

  • Inverter atau bisa dikenal sebagai pembangkit tegangan biasanya komponen utama dalam inverter ini trafo, diode, mosfet. Baterai merupakan sumber tegangan atau sumber daya utama yang dibutuhkan didalam UPS, dan regulator sebagai pengatur fungsi ups itu sendiri biasanya terdiri dari IC serta komponen lainnya. 
  • Inverter bertugas mengubah tegangan DC dari batrai supada menjadi tegangan AC 220Volt yang digunakan untuk membackup daya listrik ketika sumber utama padam.
  • Regulator merupakan komponen otak UPS yang akan mengatur ulang pengisian batrai ketika stok tegangan habis.

Analisa kerusakan UPS Mati

Ketika sobat memahami prinsip kerja dari UPS diatas, maka kita bisa dengan mudah menganalisa kerusakan yang terjadi pada ups, kasus yang sering terjadi dilapangan adalah jika listrik padam maka komputer ikut mati seketika maka sobat bisa meluangkan waktu untuk memeriksa beberapa hal yang berkaitan dengan problem tersebut :

ups rusak
 

  1. Periksa bagian sekring utama yang ada di area ups, kemungkinan sikring putus sehingga ups tidak bisa melakukan pemasokan listrik dengan sempurna. jika sikring masih baik buka UPS lepaskan konektor yang terhubung dengan batrai lalu bersihkan menggunakan thinner atau contact cleaner yang kemungkinan korosi. cobalah untuk menyambungkan output UPS dengan daya 220V jika lampu tidak menyala berarti bukan karena korosi.
  2. Lepaskan batrai kemudian test batrai menggunakan volt atau multi tester tegangan harusnya sesuai dengan yang tertera pada casing batrai. jika batrai sudah tidak ada tengan sama sekali bahkan jarum tidak bergerak jika menggunakan multi tester jarum artinya batrai sudah soak dan minta diganti.

Apakah kerusakan pasti batrai ups nya?

Meskipun setelah dianalisa dan kemungkinan kerusakan pada batrai, tidak menutup kemungkinan jika bagian regulatorlah yang rusak, sehingga fungsi charger otomatis tidak bekerja dan tidak bisa melakukan pengisian ulang. Namun apabila regulator yang rusak umumnya UPS tidak bisa hidup sama sekali meskipun di dalam batrai tersimpan daya listrik dan batrai masih normal - normal saja.

prolink
prolink

nah perlu diingat sobat jangan buru-buru membeli batrai ups yang mati total namun cobalah mengganti batrai dengan aki motor 12 volt atau sesuai tengan pada batrai ups lalu silahkan tes lagi.

  1. Jika ups tidak bisa hidup sama sekali artinya bisa dipastikan bagian regulator ups tidak berfungsi dengan baik
  2. apabila ups tidak bisa menghidupkan komputer bisa karena bagian inverter meskipun berbunyi beep
  3. Apabila UPS bisa menghidupkan komputer tanpa harus disambungkan ke Listrik PLN artinya batrai UPS anda sudah gak fungsi. prihal ini jangan buru-buru mengganti batrai ups bar
  4. Cobalah untuk menghidupkan komputer tanpa listrik PLN untuk beberapa menit (apabila kemampuan UPS sampai 15 menit, biarkansaja komputer hidup terlebih dulu sekitar 10 menit). Lalu Matikan PC, dan test menggunakan aki sepeda motornya melalui VOLT meter, tegangan aki tentu mengalami kekurangan. Coba Colokkan ke listrik, apakah melakukan pengisian?  Lalu Test kembali tegangan akinya, seharusnya tegangan aki kembali terisi jika fungsi charge pada UPS normal – apabila tegangan aki menjadi normal kembali, bisa dipastikan sobat hanya butuh mengganti batrai UPS dengan batrai baru.

Cara memperbaiki jika yang rusak selain baterai :

Sebelum kita melakukan perbaikan UPS lebih luas lagi tentu hal utama yang perlu sobat kuasai sebelumnya adalah dasar elektronika. tanpa dasar tersebut dikhawatirkan tindakan sobat mengalami kesalahan hingga berakibat fatal. Apabila sobat tidak ada dasar elektronika saran saya bawa UPS sobat ke tempat service saja.

Baca Juga :

Begini Cara Kirim Foto dari HP ke Komputer tanpa kabel

Jika sobat mengerti dasar - dasar elektronika bisa simak penjelasan dibawah ini :

  • Jika bagian Inverter : Bagian inverter terdapat bagian dioda, komponen elco, trafo step-up, dan mosfet bagian ini umumnya berpendingin seperti heatsink. lakukan uji pengetesan kerusakan komponen menggunakan multi tester
  • Selanjutnya bagian regulator : Disana ada komponen IC, transistor, dan relay. Sayangnya kalau yang rusak adalah IC, maka kemungkinan besar sulit mencari pengganti IC nya dan tentunya UPS sobat harus mangkrak. selanjutnya coba untuk
  • Periksa bagian relay untuk bentuknya dicirikan dengan kotak dan biasanya terdapat 4 buah jika sobat paham elektronik pasti paham cara menguji cobanya,

Kesimpulan

Kerusakan UPS yang paling umum terjadi dilapangan adalah kendala di Batrai yang sudah habis masa pakai minta diganti. tentu hal ini bukan berarti tidak menutup kemungkinan selain batrai juga bisa terjadi. biasanya adapun kerusakan ups selain batrai diakibatkan lonjakan listrik atau terkena petir. sehingga dalam perbaikan ups ini sobat perlu teliti dan benar-benar dicari problemnya dalam proses perbaikan selalu utamakan safety seperti gunakan sandal dan obeng tespen.  semoga berhasil