Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Solusi hasil cetak tinta artpaper tidak menempel atau blobor

Halo sahabat cetak ruanganbaca pada kesempatan ini kita akan ulas mengenai problem hasil cetak printer tinta artpaper blobor atau tidak menempel sempurna alias luntur saat mencetak dibahan yang glosy seperti hasil cetak print tinta artpeper di bahan stiker cromo hasilnya luntur dan pecah-pecah, hasil cetak print tinta artpaper dibahan vinly cetakan tidak menempel.

hasil print tinta artpaper blobor
hasil print jadi blobor

Nah kasus seperti ini sebetulnya ada faktor yang mempengaruhi yang tidak semua pengguna printer tinta artpaper mengetahuinya. tentu hal ini bisa diatasi dengan mencari problemnya tersebut. so diartikel ini kita akan ulas berdasarkan pengalaman pengguna dan bukan karangan belaka ya.

Bahan kertas yang bisa dicetak tinta artpaper

Pada dasarnya tinta artpaper memang berbeda kanduangan dengan tinta dye yang mana jenis tinta artpaper berbasis minyak sedangkan dye berbasis air. nah untuk pencetakan tinta artpaper seharusnya mempu disemua bahan kertas. diantaranya :

  1. Print kertas HVS menggunakan tinta artpaper

    Hasil cetak tinta artpaper pada kertas hvs tentu akan menghasilkan kwalitas berbeda dibanding tinta bawaan printer sobat bisa mengujinya dengan cara direndam diair. maka daya tahan artpaper lebih tahan lama dibanding tinta bawaan printer.
  2. Print kertas foto menggunakan tinta artpaper

    Kertas foto memiliki bahan kertas dengan dasar glosy atau licin, bahan ini dapat dicetak menggunakan tinta bawaan printer atau artpaper. nah untuk kelebihan artpaper sendiri hasil cetakan foto tidak luntur dan tahan lama
  3. Print kertas stiker cromo menggunakan tinta artpaper

    Pada dasarnya mencetak stiker cromo menggunakan tinta artpaper akan mendapatkan hasil yang baik dan maksimal seperti gambar dibawah ini :

    Bahan stiker cromo

    Hasil cetak stiker cromo diatas dicetak menggunakan :
    Tinta AP Neo ink pakai printer epson L1300 setting epson matte - standart - ceklis high speed di non aktifkan. Pakai bahan stiker cromo

    Namun ada beberapa kasus mengalami kondisi gagal cetak saat print menggunakan tinta artpapar, diakhir artikel kita akan bahas permasalahan mengenai hasil cetak artpaper yang tidak menempel ini.
  4. Print kertas stiker vinly menggunakan tinta artpaper

    Kertas stiker vinly adalah stiker berbahan dasar karet keutamaan bahan ini dicetak biasanya untuk striping kendaraan bermotor. 

Mengatasi hasil print tinta artpaper hasil blobor

Kasus print tinta artpaper tidak menempel dengan sempurna ini dipengaruhi beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa hasil cetak artpaper pada kertas tertentu tidak mau menempel. ada beberapa pendapat mengenai problem hal ini disebabkan karena faktor settingan saat print, ada juga pendapat mengenai kertas yang tidak cocok, ada juga yang berpendapat tinta artpaper tidak cocok dengan kertas. nah hal ini akan kita pecahkan berdasarkan pendapat masing -masing.

Penyebab tinta tidak menempel sempurna dibahan kertas glosy :

  1. Salah membeli bahan yang akan dicetak, umumnya bahan yang digunakan tinta artpaper pada printer inkjet sudah dicoating. jadi pastikan beli bahan kertas yang sudah masuk ke proses coating inkjet
  2. Tinta yang tidak support dengan bahan, sepengalaman pengguna pernah mencetak dengan artpaper merk Ap NEO INK hasilnya normal - normal saja seperti mencetak pada kertas hvs umumnya.
  3. Bahan stiker cromo yang tidak mendukung, pengalaman pengguna agar hasilnya menempel menggunakan stiker cromo merk Litec
  4. Solusi lainnya adalah mengatur kontras warna jangan menggunakan warna - warna tebal misalnya pada warna pink gunakan gradasi warna muda saja agar hasilnya tidak tebal,

Berdasarkan penglaman menggunakan :

Pakai Tinta AP Inkmate (HD)
- Sticker Chromo Glossy Inkmate
- Sticker Chromo Lintec
- Set Epson Premium Glossy (High)
Hasil cetak bagus, padat, warna tajam

Kesimpulan 

Dalam pencetakan ini tentu pengalaman yang membuat hasil cetak menjadi sempurna atau tidak. nah pada penjelasan diatas sobat bisa ikuti, bisa saja penjelasan diatas mungkin berbeda dilapangan namun jika penasaran silahkan uji coba saja. terimakasih semoga membantu

Posting Komentar untuk "Solusi hasil cetak tinta artpaper tidak menempel atau blobor"