cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi speaker mati cara memperbaikinya

Speaker merupakan perangkat penting yang terdapat pada handphone, speaker aktif atau elektronik lainnya yang terdapat audio. nah tidak jarang speaker ini mati sendiri tanpa disebabkan sesuatu apapun yang kita tidak ketahui.

Meskipun sebetulnya speaker mati sendiri bukan disebabkan dari kesalahan penggunaan bisa jadi kerusakan speaker ini disebabkan dari masa elektoronik yang minta ganti.

 

Solusi speaker mati cara memperbaikinya
Solusi speaker mati cara memperbaikinya

Banyak kasus speaker mati ini dan penyebabnya berbeda-beda selain speaker mati total biasanya ada juga speaker yang mati sebelah alias speaker tidak mengeluarkan suara sebelah. kasus ini tentu harus ditelusuri beberapa tahap, agar masalah dapat teratasi.

Speaker mati juga bisa disebabkan dari atau disebabkan karena kena air baik air hujan atau bahkan barang audio tersebut pernah terjatuh kedalam air. biasanya kerusakan yang seperti ini terjadi pada speaker hp misalnya speaker xiaomi atau speaker iphone.

Sedangkan untuk speaker aktif terkena air adalah hal yang jarang terjadi. yang kebanyakan masalah pada speaker atif ini adalah speaker mati saat volume tinggi, jadi saat volume speaker dinaikkan tiba-tiba langsung mati tidak mengeluarkan bunyi.

Cara memperbaiki speaker mati

Problem speaker mati sendiri ini perlu dianalisa mulai dari yang termudah sampai dengan yang terberat tapi semua tentu ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. nah sebelum kita melakukan perbaikan pada speaker aktif atau speaker hp pastikan beberapa hal berikut :

rusak speaker
rusak speaker

  1. Pastikan audio yang diputar memiliki suara. karena terkadang ada beberapa audio mp3 yang corupt akibat virus sehingga format tidak dapat dibaca oleh hp yang menyebabkan suara tidak ada.
  2. Pastikan audio yang diputar memang terdapat suara, 

Baca Juga :
Baru Cara Mengetahui dan Mengukur Nilai Watt Pada Resistor Elektronik

Setelah keduanya dipastikan sobat bisa melanjutkan ditahap perbaikan speaker tersebut. adapun hal yang perlu disiapkan adalah beberapa peralatan elektonik meliputi :

Alat untuk memperbaiki speaker mati

  1. Multimeter
  2. Solder 
  3. penyedot timah
  4. timah gulungan

Perbaikan speaker mati

  1. Pertama sobat harus memastikan bagian power supply karena bagian ini amat penting untuk menghidupkan speaker. coba sobat hidupkan speaker aktif lalu lihat dibagian lampu indikatornya jika tidak menyala artinya power supply mengalami masalah.
  2. Selanjutnya periksa kabel audio yang sumbernya dari komputer atau dvd player atau jika sobat memperbaiki speaker hp cek sumber jalur yang mengarah ke speaker. pada bagian speaker aktif umumnya soket RCAdan jack stereo cobalah untuk mengganti kebel tersebut menggunakan kabel lain.
  3. Untuk melakukan pemeriksaan kabel speaker sobat harus mengurutnya dari mulai pangkal kabel yang menempel pada rangkaian elektronik sampai ujung kabel yang menempel pada speaker, karena bisa jadi  ada kabel speker yang putus akibat terhimpit
  4. Di bagian kotak speaker terdapat jalur kabel, periksalah setiap kabel jalur tersebut apakah ada yang tidak terhubung atau putus, jika area tersebut tersambung dengan baik cobalah cek bagian tone control.
  5. Tone control merupakan rangkaian elektronik yang berada didalam speaker saling terhubung dengan potensio volume- bass- treble, bagian elektronik ini yang pertama kali  menerima sinyal audio dari sumber, sinyal audio akan masuk dan terhubung dengan potensio volume dan diatur besar kecilnya terlebih dahulu lalu kemudian diatur besaran bass dan treble agar menjadi enak didengar oleh telinga kita, untuk menguji apakah rangkaian tone control masih layak atau sudah tidak layak sobat bisa melihat komponen yang menempel pada PCB, bila ada satu komponen yang terlihat hangus gantilah komponen tersebut setelah selesai maka dapat mencoba menyalakan speaker aktif lalu putar semua potensio pada posisi jarum jam 12, putar-putarlah semua potensio, apabila tidak ada perubahan bagian terakhir pengecekan adalah bagian power amply.
  6. Power amply meruapakan rangkaian terakhir memiliki fungsi menguatkan sinyal audio dari tone control yang selanjutya sinyal tersebut di teruskan ke speaker, ciri-ciri bagian elektronik ini adalah ada bagian PCB yang terhubung langsung ke jalur kabel speaker. pada rangkaian ini yang sering rusak adalah  transistor atau IC,

Kesimpulan

Permasalahan speaker mati berbeda-berbeda sesuai kasus yang terjadi dan problemnya. semoga cara diatas dapat membantu dan mendapatkan pencerahan mengenai solusi perbaikan speaker aktif yang sedang sobat cari. terimakasih


Tags :
speaker mati
speaker mati sebelah
speaker mati karena kena air
speaker mati xiaomi
speaker mati iphone
speaker mati total
speaker mati di laptop
speaker mati kena air
speaker mati hidup sendiri
speaker mati sendiri

Posting Komentar untuk "Solusi speaker mati cara memperbaikinya"