Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengalaman Perbaiki Motor Susah Hidup di Pagi Hari

Hallo sahabat ruanganbaca.com pada kesempatan ini kita akan membahas lagi seputar dunia otomotif ya guys. ya meskipun gak bermanfaat setidaknya ini dapat menambah wawasan teman-teman semuanya. So langsung aja deh.

Cara memperbaiki motor yang kondisinya gak mau hidup dipagi hari sangat banyak diinternet tapi pada artikel kali ini saya akan mengulasnya sesuai dengan pengalaman saja guys karena saya sendiri bukan bengkel tapi cara ini sudah saya lakukan dan benar-benar berhasil.

Seperti yang kita ketahui, masalah motor tidak mau hidup tentu tidak jauh-jauh dari masalah mekanik kelistrikkannya jadi kita harus berfokus untuk memperbaikinya ya guys. Karena ini bagian listrik tentu tidak akan ada kaitannya dengan oli apalagi gear-gear. 

Pengalaman Perbaiki Motor Susah Hidup di Pagi Hari
Pengalaman Perbaiki Motor Susah Hidup di Pagi Hari

Oke. So kita akan menceritakan terlebih dulu kronologi yang terjadi pada motor pribadi saya yaitu YAMAHA MIO SOUL ya, memang sie ini motor keluaran sudah lama ya tapi apabila kita merawatnya tenaga dan bodinya masih kelihatan seperti motor baru satu tahunan. Oke kok malah ngomongin bodi

Nah teman-teman kejadian motor gak mau hidup ini memang membuat kesal, terutama disaat pagi hari saat aktifitas dimulai motor mogok gak bisa diajak kompromi. alih-alih satu cara yang saya lakukan adalah mengengkol sampe dengkul saya serasa kopong. duh

Jika dihitung sudah lebih dari 50x saya lakukan engkol dan starter tapi motor tetap gak bisa hidup. tentu ini membuat panik apalagi waktu semakin beranjak siang. Alhasil saya menemukan cara yang paling mudah tanpa basa basi.

Perbaiki Motor Yamaha atau Honda Susah Hidup di Pagi Hari

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, berawal dari motor yang gak bisa diajak kompromi akhirnya saya memeberanikan diri melakukan perbaikan motor mati sendiri dirumah, yang pertama adalah :
  1. Buka body bagian depan
  2. Cari BUSI
  3. lalu bersihkan menggunakan amplas halus agar karat yang berwarna hitam hilang

Langkah diatas sudah saya buktikan dan berhasil. memang untuk orang awam serasa tidak mungkin tapi untuk yang penasaran cara ini bisa dicoba saja. 

Perlu diingat perbiki busi hanya dilakukan sementara karena biasanya waktunya gak lama. mungkin sekitar 1 -2 bulan mesin akan kembali mogok sebagai saran lebih baik ganti saja businya dengan yang baru. Karena pengalaman admin meskipun sudah membersihkan busi ternyata penyakitnya muncul lagi dan setelah ganti busi baru sudah 5 bulan penyakit motor mati hilang.

Jika teman-teman kurang paham apa yang saya tuliskan diatas, saya akan tambahkan penjelasan bergambar dan semoga mambantu

Penjelasan dengan gambar :

busi motor cara memperbaiki

Perhatikan pada gambar diatas yang saya berikan panah putih, ini adalah kondisi busi dimana menyebabkan motor anda macet dan susah hidup. So cara mengatasinya adalah dengan memberisihkan kerak hitam tersebut terutama pada bagian yang saya berikan tanda panah.

Gunakan cutter atau amplas kayu halus dan gesekkan ke area tersebut sampai bersih dan benar-benar hilang kotorannya, sepengalaman saya cara ini dapat mengatasi masalah motor tidak mau hidup dan motor anda akan lancar seperti biasanya.

Kesimpulan :

Cara diatas apabila masih belum bisa mengatasi problem maka cara kedua adalah anda bisa mencoba mengganti bagian aki motor karena hal ini juga ada kaitannya dengan kelistrikkan kendaraan bermotor so jangan ragu untuk melakukannya.

Tags :
motor 2 tak susah hidup saat dingin
penyebab motor karbu susah hidup di pagi hari
penyebab motor matic susah hidup saat mesin dingin
motor di engkol susah hidup ?
motor injeksi susah hidup di pagi hari
penyebab motor vixion susah hidup saat dingin
penyebab motor vega susah hidup
penyebab motor brebet saat mesin dingin

Posting Komentar untuk "Pengalaman Perbaiki Motor Susah Hidup di Pagi Hari"