cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanpa Kebel begini cara hubungkan suara Speaker komputer ke HP

Hallo sahabat baca. pernah gak kamu dipusingkan dengan speaker komputer yang mengalami masalah entah itu dari driver atau lainnya. permasalahan pc tidak keluar suara ini bukan hal baru sebetulnya tapi kamu pasti belum tau kan kalo speaker komputer bisa lho dipindahkan ke smartphone dengan bantuan aplikasi.

Cara mengkoneksikannya juga mudah tanpa memerlukan perangkat tambahan seperti kabel atau alat lainnya. jadi cukup menginstall aplikasi maka kamu sudah bisa menggunakan HP sebagai speaker yang dapat mengeluarkan suara berdasarkan apa yang ada di PC kamu. 

Misalnya saat pingin dengan musik tiba-tiba suara pc tidak ada, tentu ini bisa menjadi solusi buat kamu.tapi tentu ada syarat khusus yaitu hp dan komputer kamu harus berada di satu jaringan yang sama ya.

android jadi speaker
android jadi speaker

Mungkin disini kamu berfikir kenapa membahas speaker pc tidak ada suara meleset ke aplikasi android? Nah karena disini kita membutuhkan HP tentu pembahasan kita luas ke hp android. Speaker android anda nantinya dapat digunakan sebagai speaker eksternal jadi masalah laptop tidak ada suara dan komputer tidak ada suara dengan cara ini  bisa kamu atasi.

Kebanyakan memang laptop yang tidak ada suara disebabkan dari kerusakan dari pada hardware atau perangkat keras laptop itu sendiri. dengan cara ini kita bisa mengandalkan hp android sebagai speaker.

Cara Menghubungkan speaker PC dengan android

kita memerlukan aplikasi yang bernama SoundWire yang dibuat oleh GeorgiaLabs, aplikasi ini dibuat untuk mengirim suara secara wirless dari pc ke laptop ke perangkat android yang sudah sama-sama terinstall aplikasi SaundWire. Untuk sistem oprasi yang support pada aplikasi soundwire sendiri tidak ada batasan, mulai dari windows sampai linux.

Baca Juga :
Begini Cara Kirim Foto Dari Hp Ke Komputer Tanpa Kabel

Seperti yang kita bahas diatas syarat utamanya adalah antara pc dan andoid harus berada di jaringan wifi yang sama. disini PC anda dijadikan sebagai server, Nah cara settingnya sendiri anda bisa ikuti dibawah ini. atau melalui chanel youtube kami.

  1. Unduh dan siapkan aplikasi Software yang dibutuhkan yaitu SoundWire
  2. Setelah di unduh lakukan Install Soundwire dari Google Play Store Melalui Link
  3. Untuk Perangkat PC sendiri silahkan Download dan Install SoundWire melalui Link ini  

Jika keduanya sudah sama-sama terinstall pada masing masing hardware. silahkan ikuti langkah berikut :

Cara Setting Aplikasi SoundWire

Silahkan open pada aplikasi yang sudah terinstall pada masing - masing perangkat, maka kamu akan disuguhkan tampilan sebagai berikut :

Tampilan Aplikasi SoundWire

Disini kamu dapat melihat pada gambar diatas, ada beberapa pengaturan yang bisa kita sesuaikan dan pilih sesuai kebutuhan, Contoh saat kebutuhan kita ingin melakukan perekam suara anda bisa menekan tombol record. Sedangkan untuk pengaturan suara pada aplikasi SoundWire ini ada tiga cara yaitu menekan tombol volume yang ada pada android, volume pada windows/linux dan cara terakhir bisa dari audio output pada Soundwire Komputer.

Baca Juga :

Cara Mengkoneksikan Internet dari Bluetooth Android Ke PC

Jika kita perhatikan pada bagian Status aplikasi terdapat keterangan Disconnected artinya aplikasi belum terhubung pada android disini kita harus menggubungkan dengan jaringan tanpa kabel yaitu menggunakan alamat IP sehingga kita fokus ke bagian Server Address : 192.168.0.10 yang ada di komputer.

Tahap 2

Buka aplikasi yang terdapat pada Soundwire pada perangkat andoid kamu, maka akan didapat tampilan layar seperti dibawah ini, perhatikan pada bagian Alamat Server address yang masih kosong

hubungkan suara Speaker ke Android

Tahap 3

Masukkan Alamat Server Address yang terdapat di Soundwire server di Komputer ke Soundwire HP anda, setelah itu tekan tombol logo Soundwire yang terdapat pada form server. Sampai warna berubah menjadi Orange.

Alamat Server Address

Sampai sini maka status yang tadinya Disconnect akan berubah menjadi Connected dengan ditandai berwarna hijau.

Tahap 4

Sampai sini Speaker Android anda sudah siap mengeluarkan suara musik berdasarkan apa yang dipilih di PC, dibawah ini tampilan soundwire server saat status aktif.

Speaker Android


Sebagai catatan, Penggunaan SoundWire tidak perlu menggunakan jaringan internet namun cukup dengan tersambung dengan jaringan wifi yang sama. jadi anda bisa gunakan terhering android sebagai sarana terhubungnya dua aplikasi ini. Semoga tutorial ini bermanfaat ya. jangan Lupa subscribe chanel Youtube kami : www.youtube.com/c/KangYusuf

Posting Komentar untuk "Tanpa Kebel begini cara hubungkan suara Speaker komputer ke HP"