Cara Mengkoneksikan Internet dari Bluetooth Handphone ke Komputer

Hallo sahabat, Internet saat ini memang menjadi sebuah kebutuhan bagi kita untuk selalu terhubung dengannya. karena komputer yang tanpa terhubung internet rasanya tidak berfungsi apa - apa. karena setiap komunikasi ataupun untuk mencari sebuah refrensi kita membutuhkan jaringan internet agar terkoneksi dengan lancar ke komputer kita. Namun banyak sekali problem bagi kita saat komputer yang kita gunakan tidak terinstalasi hardware LAN jadi tidak dapat mencolokkan kabel RJ45. atau bahkan di rumah anda tidak memiliki jaringan internet seperti telkom speedy atau indihome. tentu hal tersebut bukanlah halangan untuk anda yang ingin mengaktifkan internet di komputer anda dari jaringan handphone. 

Seperti halnya pada pembahasan kita kali ini mengenai berbagi bluetooth hanya dengan menggunakan smartphone atau hp yang kita gunakan saat ini. Biasaya komputer kita tidak disertakan dengan wifi adapter dan harga wifi ini memang cukup mahal. solusinya tentu kita dapat membeli bluetooth adapter saja harganya sangat jauh berbeda dengan wifi adapter namun memiliki fungsi yang sama. Pada kesempatan kali ini saya akan urai tuntas alat apa saja serta kebutuhan apa saja dalam mengkoneksikan komputer dengan internet dari bluetooth handphone.

Mengkoneksikan Internet dari Bluetooth Handphone ke Komputer
Mengkoneksikan Internet dari Bluetooth Handphone ke Komputer
Dengan adanya jaringan bluetooth ini tentu memudahkan kita untuk memanfaatkannya diluar dari pada jaringan wifi. mungkin teman - teman disini terbiasa menggunakan dan berbagi tethering menggunakan hp dengan mengaktifkan fitur wifi. cara ini memang paling mudah dilakukan jika berhubungan dengan laptop yang sudah tersedia penangkap signal wifi. Namun hal tersebut akan berbeda dengan komputer karena komputer tidak disediakan fasilitas wifi secara otomatis. Pada zaman sebelum bluetooth ini diciptakan jaringan infrared adalah pertama kali di terapkan di beberapa handphone. jika anda pernah menggunakan hp versi layas seperti nokia atau type dan merk hp lawas lainnya. biasanya di bagian fiturnya terdapat infrared dimana fungsinya sama saja seperti bluetooth namun jarak jangkau dan juga kecepatannya berbeda dengan frekuensi bluetooth. 

Semakin berkembangnya zaman teknologi semakin dikembangkan ke arah yang lebih baik dan juga lebih mudah digunakan oleh user. Untuk menerapkan cara koneksikan internet bluetooth ini perlu anda siapkan bluetooth adapter. untuk bentuknya bisa lihat digambar bawah ini :

Cara Memulai persiapan menghubungkan internet dengan bluetooth hp.

  1.  pastikan kuota internet anda masih tersisa.
  2. Colokkan adapter USB bluetooth yang baru saja anda beli atau jika anda sudah punya bisa mencobanya.
  3. Download driver bluetooth disini.
  4. Lakukan installasi sesuai dengan perintah yang ditampilkan.
  5. Setelah sukses terinstal sekarang coba buka handphone anda, disini saya menggunakan OPPO A37 jadi anda bisa sesuikan saja dengan handphone merk lainnya.
  6. Pada setelan handphone pilih -> Pengaturan -> Sambungkan nirkabel lainnya -> pilih menambatan bluetooth.
  7. Setelah itu buka aplikasi IVT yang baru saja anda install dikomputer. dan aktifkan bluetooth nya cari dan koneksikan antara hp dan aplikasi tersebut. seperti gambar dibawah ini :
    Tampilan aplikasi pilih search devices
  8. Selanjutnya klik kanan pada simbol hp yang sudah terhubung connect bluetooth dial - Up Networking.
    Hubungkan ke intenet
    sampai sini jika benar terhubung maka komputer akan langsung menampilkan psambungan internet.
langkah - langkah diatas merupakan cara menghubungkan internet dari hp menggunakan jaringan bluetooth. untuk kecepatannya saya rasa lumayan. karena saya sendiri disini menggunakan jaringan ini untuk menghubungkan komputer dengan hp.

Demikian dari penjelsan singkat mengenai bagaimana cara menghubungkan komputer dengan smartphone melalui jaringan bluetooth. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel