Banyak! 7 Jenis alat potong kertas dan cara pakainya

1/29/2021

Yang kita ketahui terkadang belum tentu semua kita kuasai, inilah memahami perbagai alat yang selama ini kita lihat. seperti alat potong kertas yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Mungkin saja setelah anda membaca isi dari tulisan ini bisa mengerti sebetulnya apa aja sih dan bagaimana bentuk dari masing-masing alat potong kertas ini.

Emang bagaimana sih, alat potong kertas nya?

Sebetulnya seperti namanya yaitu alat pemotong kertas tentu tujuannya agar kertas dapat di potong dan diukur sesuai dengan kebutuhan, Nah masalahnya jika kamu tidak tahu tentang alat-alat pemotong kertas ini bisa salah beli deh.

Banyak! 7 Jenis alat potong kertas dan cara pakainya
Banyak! 7 Jenis alat potong kertas dan cara pakainya

 

Jika kamu saat ini sedang terjun di usaha percetakan atau bisnis printing sudah kewajiban lho memahami alat pemotong kertas ini. entah menggunakan pemotong Cutter atau alat lainnya yang pasti kamu akan belajar bagaimana cara potong kertas menggunakan tangan atau potong kertas menggunakan mesin atau alat.

Alat potong kertas sesuaikan dengan kebutuhan.

Kadang kebutuhan hasil akhir dari sebuah potongan kertas membuat kita pusing jika tidak menemukan caranya. Seperti alat potong kertas yang bisa digunakan membentuk lingkaran. jika anda belum mengetahui pasti akan bertanya.

Apa iya ada alat potong yang bisa lingkaran?

Ada dong. selain itu terkadang kita juga pusing memikirkan bagaimana sih cara memotong kertas sesuai dengan pola misalnya memotong kertas Box nasi, atau membuat box kertas sendiri gimana cara potongnya?

pada artikel ini kita akan bahas satu persatu ya agar kamu paham dan mengerti dari masing - masing alat potong dan cara kerjanya.

7 Jenis alat potong kertas dan kegunaan nya

1. Alat potong pisau cutter

Alat potong pisau cutter
Alat potong pisau cutter
 

Kamu pasti pernah dong melihat pisau cutter, ya biasanya cara potong menggunakan cutter lebih beresiko mengenai tangan jika anda belum mahir menggunakannya, pasalnya trik pemotongan kertas memakai cutter harus ada polanya. agar aman dalam proses pemotongan cutter haruslah menggunakan pembatas seperti mistar tebal besi dan ketika proses pemotongan jangan ditekan. cukup di gesut saja pelan-pelan.

2. Alat potong mesin POND

Jika kamu pernah punya fikiran 

Gimana sih cara membuat potongan pola pada kertas nasi?


Pisau Pond

Nah ini adalah pekerjaan yang dilakukan dengan alat yang namanya mesin POND, proses kerjanya sebetulnya sama seperti pemotong lainnya yaitu diberikan tekanan tapi pisau yang digunakan sudah menyerupai pola sehingga kertas akan mengikuti bentuk dari pola pisau tersebut.

3. Alat Pemotong Kertas Bentuk Lingkaran

Kamu pasti pernah melihat bentuk label atau kertas stiker yang berbentuk lingkaran? terus pasti akan berfikir gimana sih cara memotong lingkaran seperti ini? Nah sebetulnya ada alatnya dan dari mesing - masing alat tersebut ada yang bisa disetting lebar lingkarannya ada juga yang tidak, lebih jelasnya naman alatnya adalah Circle Cutter.

circle cutter
circle cutter 
 

Kamu bisa perhatikan gambar dibawah ini, agar tidak salah beli. harga circle cutter ini terbilang murah kok jika dibandingkan dengan nilai project yang kamu dapat pasti deh cepat balik modal. hehe

Cara kerjanya juga cukup mudah kamu hanya tinggal tekan lalu putar knop yang ada pada bagian pemotong.

4. Alat Pemotong Kertas Sudut

Alat potong kertas sudut ini sebetulnya tidak telalu banyak dikenal, karena memang fungsinya tidak terlalu dibutuhkan dikalangan umum. bisanya ini dibutuhkan di pembisnis percetakan karena biasanya untuk memotong sudut pada bagian kartu nama.

Alat Pemotong Kertas Sudut
Alat Pemotong Kertas Sudut
 

Cara pakainya cukup mudah, anda tinggal memasukkan bagian kertas sudut kearea alat lalu tekan sampai terpotong.

5. Alat Plong ID Card

Alat pemotong id card
Alat pemotong id card

Alat pemotong id card ini biasanya digunakan untuk pemotongan bahan PVC tapi mampu juga untuk pemotongan kertas. bentuknya engkol jadi cara kerjanya cukup mudah. kamu hanya tinggal masukkan kertas yang sudah di cetak pola kartunya. masukkan dan tekan sampai terpotong.

6. Alat Pemotong Kertas Geser

Alat Pemotong Kertas Geser
Alat Pemotong Kertas Geser

Alat ini anda bisa gunakan dengan cara digeser, sangat mudah tapi kekurangan dari alat ini adalah pemotongan kertasnya tidak bisa banyak. jadi fikir -fikir deh jika mau menggunakan alat ini sebagai pemotong kertas dengan kebutuhan lembar yang banyak.

7. Alat Pemotong Kertas Gunting Laser

Pernah liat penampakannya?

Jika belum saya sediakan kok gambarnya. alat ini sebetulnya sama seperti gunting pada umumnya tapi berbeda dengan gunting biasa. karena jika gunting biasanya saat kita memotong akan mendapatkan pola yang tidak lurus. tapi beda lho dengan gunting laser ini karena kita akan diarahkan kepola sesuai dengan senter laser gunting tersebut.

Alat Pemotong Kertas Gunting Laser
Alat Pemotong Kertas Gunting Laser

Cara pakainya ya sama saja seperti menggunting pada umumnya hanya saja anda mengikuti cahaya laser yang ada pada garis kertas yang di sorot dari gunting.

Dari 7 alat ini pastinya kalian salah satunya pernah melihatnya. untuk pembelian alat- alat tersebut banyak tersedia di market place.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »