Bahan dan Alat membuat buku sendiri - Penerbit buku

1/27/2021
Halo sahabat ruanganbaca.com pada kesempatan ini kita akan mengulas gimana sih cara membuat buku sendiri terutama bahan yang disediakan dan juga apa saja alat yang dibutuhkan dalam percetakan buku sendiri dirumah.

Sebetulnya membuat buku sangat mudah bahkan bisa dibuat dirumah sendiri tentu harus memenuhi beberapa persyaratan terutama dalam mambuat buku adalah penulisan EYD haruslah tepat dan benar. jika kamu sudah berhasil menyusun buku dalam penulisan teks nya yang berupa soft file tentu untuk proses cetaknya tidaklah rumit bisa dengan mencetak sendiri atau mencari jasa cetak buku.

penerbit buku

Bahkan saat ini ada lho beberapa penerbit buku yang langsung melayani jasa cetaknya secara langsung. tinggal ide anda saja buku apa yang akan dibuat dan ditujukan siapa pembacanya.seperti di tahun 2019 dulu sangat booming buku-buku yang membahas dunia usaha atau motivator yang dimulai dari penulis terlebih dahulu.

Jadi apa kamu siap jadi penulis?

Menjadi penulis sebagian orang memang mendambakan lho, biasanya penulis akan mencapai kesenangan apabila tulisannya ada yang membaca. Apalagi jika bukunya menjadi best seller waduh tambah deh semangat buat bukunya langsung ada sambungan dari part 1 sampai part 10.

Kembali ke pembahasan membuat buku sendiri apa saja sih yang dibutuhkan. Nah disini ada beberapa alat penting yang harus disiapkan.

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat buku sendiri

Membuat buku sebetulnya ada standard tertentu yang pastinya dalam prosedur pencetakan tinta yang digunakan dan kekuatan jilid dari buku yang dibuat. tapi jika pencetakan buku hanya digunakan untuk kalangan sendiri atau bukan untuk kebutuhan komersil membuat buku sendiri perlu anda pelajari. Alat yang dibutuhkan meliputi :
  1. Mesin cetak : Kamu bisa menggunakan printer, pemilihan printernya gunakan tinta yang berbasis minyak atau artpaper agar hasil cetakan buku yang dibuat tidak luntur saat terkena percikan air baik hujan atau jatuh diair.

    Printer

  2. Mesin Jilid Lem Panas : Untuk alat ini sebetulnya bisa menggunakan cara manual misalnya dilem menggunakan lem kayu. tapi lebih kuat jika kamu menggunakan mesin jilid lem panas ini.

    Mesin jilid lem panas

  3. Pemotong : bisa menggunakan pemotong kertas 1 rim untuk merapihkan buku setelah di pasang cover atau sampul

    Alat Potong kertas

  4. Mesin laminating : anda bisa gunakan nantinya sebagai mesin laminasi untuk melapisi cover buku agar tahan terhadap goresan


    mesin laminating murah

Setelah kamu tahu alat yang digunakan dalam proses pembuatan buku sekarang saatnya bahannya menggunakan apa saja.

Bahan membuat buku sendiri

Dalam membuat buku pastinya yang harus disiapkan adalah kertas. Nah dalam pemilihan kertas juga baiknya gunakan yang bagus dan tidak mudah sobek. diantaranya :

  1. Kertas HVS 80 gram : Untuk bahan isi dari buku tersebut
  2. Kertas artpaper 230 gram : Untuk bahan cover buku
  3. Laminasi panas : Untuk melapisi cover buku
  4. Lem Jilid panas : Untuk merekatkan antara buku dan cover

 Setelah buku jadi proses berikutnya dicek apakah hasil jilid sudah kuat direkatkan? Jika sudah artinya kamu berhasil membuat cetakan buku dan siap untuk di komersilkan. 

Semoga artikel ini membantu


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »