Harus Tahu Ciri Drum Fotocopy Kapan Harus Ganti / Rusak!

8/30/2020

Pengguna mesin fotocopy medium pasti tidak asing lagi dengan nama sparepart mesin fotocopy drum. jika kalian masih awam dan baru pertama kali menggunakan mesin fotocopy pasti masih bingung yang mana bentuk drum fotocopy? dan seperti apa model drum fotocopy? Nah disini saya akan jelaskan untuk kalian yang masih belum memahaminya.



m kita membahas mengenai ciri - ciri drum fotocopy rusak pastinya ketahui dulu dong apa sih sebetulnya fungsi dari drum pada mesin fotocopy ini? kita langsung saja bahas yuk!

 

Fungsi Drum Mesin Fotocopy.

Drum mesin fotocopy berguna sebagai tranfer gambar atau tulisan ke media kertas yang di pantulkan dari cahaya laser yang dihasilkan dari kaca scan atas.  Nah semua ini tentu ada metode kerjanya tapi secara singkat begitulah kira-kira penjelasannya, Bahan material drum mesin fotocopy sendiri seperti kaleng yang dicoating menggunakan cairan khusus untuk drum apabila bahan coating ini sudah tipis biasanya drum akan turun kwalitasnya sehingga hasil fotocopy menjadi jelek.

Berapa Lama Masa Pakai Drum Mesin Fotocopy?

Nah untuk masa pakai drum ini biasanya tergantung dari kwalitas drum itu sendiri. contoh nya seperti drum pada mesin fotocopy kyocera m2040dn jika drum bawaaan yang kwalitasnya bagus umurnya bisa mancapai 200.000 copy sedangkan untuk drum kwalitas yang biasa hanya bisa mencapai 50.000 jelas jauh perbandingannya. 

Semua merk mesin baik canon, minolta, xerox, toshiba. dll pasti menggunakan drum dan jika mesin kecil biasanya ada masa pergantian drum.

Apakah bisa drum mesin fotocopy diperbaiki tanpa beli baru?

Drum mesin fotocopy yang kwalitasnya sudah menurun sebetulnya bisa diperbaiki dan diolah menjadi drum dengan kwalitas yang memadai atau kembali seperti semula. langkah ini memang tidak semua orang bisa melakukan karena membutuhkan skill dan juga alat khusus serta cairan coating sebagai pelapis drum yang sudah rusak.

Drum yang bisa diperbaiki juga ada kriterianya diantaranya :

  1. Gear pada area sisi drum tidak rompal
  2. Body drum tidak penyok atau sompal
  3. Drum tidak lecet dengan goresan yang dalam

jadi apabila dari ketiga kriteria tersebut terdapat pada drum mesin fotocopy anda artinya harus ganti dengan drum baru.

Apakah beda drum printer laserjet dengan drum mesin fotocopy?

Secara material keduanya sama saja. hanya drum printer laserjer biasanya didesain lebih kecil dan juga kebanyakan warna drum biru muda sedangkan mesin fotocopy biasanya warna hitam. ini menandakan bahwa drum mesin fotocopy memiliki material yang lebih kokoh dari drum printer laserjet. Seperti drum printer laserjet merk HP.dll

Untuk cara kerja kedua sama, yaitu memindahkan gambar dengan serbuk toner yang menempel diarea drum kekertas.

Kapan drum mesin fotocopy atau printer harus diganti?

Ada beberapa ciri khusus yang perlu diperhatikan sebelum mengganti drum yang mungkin saja kwalitasnya masih bagus. diantaranya adalah :

  1. Ketajaman tinta hasil fotocopy menjadi kurang jelas
  2. Terdapat bercak titik - titik pada area kertas hasil fotocopy
  3. Hasil fotocopy blur 
  4. hasil fotocopy membayang

Dari keempat problem tersebut sebetulnya kendalanya bukan hanya faktor drum. terkadang ini juga disebabkan dari faktor lain misalnya cleaning blade bocor.dll sehingga sebelum menetapkan pergantian drum baiknya di perhatikan terlebih dahulu sparepart lainnya.

Cara Merawat drum mesin fotocopy & Drum Printer Laserjet

Keduanya dibuat dari material yang sama sehingga cara perawatannya juga tidaklah jauh beda. untuk perawatan drum sendiri sebetulnya sangat mudah, diantaranya :

  1. Apabila hasil fotocopy kurang tajam bisa mencoba membersihkan drum menggunakan cairan sanpoly 
  2. Bersihkan menggunakan tisue
  3. Letakkan drum jauh dari benda keras
  4. Letakkan drum diarea yang aman, jangan terjatuh
  5. Bersihkan menggunakan alkohol

Semoga cara singkat serta penjelasan singkat ini dapat membantu terimakasih.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »