Solusi Kompor gas yang tidak mau menyala

7/15/2020
Mungkin kita pernah mengalami permasalahan pada kompor gas yang kodisinya tidak mau menyala saat dihidupkan. Saat pemetik di tekan api seolah - olah tidak ada. permasalahan ini memang disebabkan banyak faktor bisa dari kerusakan kompor gas itu sendiri atau bisa juga kerusakan yang disebabkan dari selang tabung gas. 

Terus gimana nih cara memperbaikinya ?

Memperbaiki kompor gas yang tidak mau menyala sebetulnya mudah. Asalkan anda tahu triknya semua dapat diatasi dengan baik. Nah ada masalah kompor gas yang tidak mau menyala setelah ganti tabung gas. Ini beda lagi cara mengatasinya, perlu diingat ini bukan terjadi karena kerusakan kompor gas semata jadi jangan asal menvonis ya.

Solusi Kompor gas yang tidak mau menyala
Solusi Kompor gas yang tidak mau menyala
 Diartikel ini kita akan membahas solusi kompor gas yang tidak mau menyala meskipun tabung gas baru saja diganti. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perbaikan kompor ini diantaranya :
  1. Apabila anda baru saja mengganti tabung yang sebelumnya habis, lalu saat selang dipasang dan di hidupkan kompor tidak ada tanda pengapian. ini disebabkan karena gas tidak mau naik ke kompor solusinya anda harus membuka kepala selang yang tertempel di tabung lalu ketuk-ketuk menggunakan kayu dan goyangkan selang yang terhubung ke kompor sebelum disambung ke tabung gas. selanjutnya pasang kembali seperti biasa. Cara ini sudah dibuktikan banyak orang dan berhasil.
  2. Apabila masalah anda karena tabung gas bocor cara memperbaikinya adalah dengan mengganti karet bagian dalam kepala tabung gas menggunakan karet yang lebih besar dan usahakan jangan yang kecil sehingga menyebabkan longgar. inilah yang menyebabkan tabung gas bocor sehingga anda harus mencari cara memperbiki tabung gas bocor.
  3. Apabila cara pertama sudah dilakukan tapi api kompor gas tidak ada dan gak ada tanda-tanda kehidupan juga. anda dapat memastikan kerusakannya terlebih dahulu. Caranya adalah cek bagian kanan dan kiri dudukan kompor apabila hanya mati satu ini berarti ada masalah pada kompor.

Cara Memperbaiki Kompor gas mati sebelah

Sebagai kepala rumah tangga atau ibu rumah tangga sudah pasti dong akan berurusan dengan yang namanya kompor sebagai alat memasak yang selama ini digunakan dari zaman kakek moyang. Nah gimana nih cara mengatasi kompor gas yang mati sebelah kita akan bahasa sama - sama caranya ya, yang paling penting cara ini bisa dikerjakan tanpa harus memanggil tukang service kompor :
  1. Cek bagian lubang burner pada area kompor masalah kompor tidak mau menyala ini disebabkan lubar keluarnya api tertutup sehingga kompor menyalanya tidak normal.
  2. Bersihkan seluruh dudukan dan juga burner dengan cara dicuci dan disikat agar endapan kotoran dan karat dapat terangkat sehingga kompor dapat normal kembali.
  3. Untuk anda yang belum mengetahui mana itu lubang burner bisa lihat digambar bawah ini ya. 

    Solusi Kompor gas yang tidak mau menyala
    Solusi Kompor gas yang tidak mau menyala
Cara diatas juga dapat memperbaiki kompor gas api kecil sebelah atau kompor gas tidak keluar api sama sekali. Kebanyakan dilapangan masalah ini sering terjadi. Cara diatas sudah dipraktekkan pada kompor gas rinai tapi anda bisa mencoba cara diatas di merk kompor gas selain rinai.

Tag :
Cara Memperbiki kompor gas rinai
Solusi kompor gas tidak mau hidup
Memperbaiki kompor gas hidup sebelah

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »