Perbaiki tinta warna gak keluar Epson WF 3721

7/09/2020
Siapa sih yang gak pusing saat mengalami permasalahan pada printer, apalagi jika kita bukanlah teknisi printer pasti pusing dong? begini lah yang kebanyakan orang alami termasuk saya pribadi. Jadi tulisan ini bisa dikatakan berbagi pengalaman bagaimana cara memperbaiki masalah tinta warna gak keluar Epson WF 3721.

Seri Epson WF 3721 ini memang dikenal memiliki fitur canggih salah satunya sudah bisa bolak balik otomatis selain itu model design nya juga elegan, fitur canggih dan desain elegan rasanya pas dah kalo buat printer usaha ataupun perkantoran.

Perbaiki tinta warna gak keluar Epson WF 3721
Perbaiki tinta warna gak keluar Epson WF 3721
Kebanyakan memang dari kalangan usaha enggan memiliki printer ini karena repot saat mengalami reset. padahal hal ini mudah saja di perbaiki asalkan anda tahu caranya.

Terus bagaimana caranya ? (Anda Pasti penasaran)
Ya kan !

Tenang ...
Sebetulnya cara memperbiki printer seri Epson WF 3721 tidak perlu membongkar bagian - bagian mesin apalagi mainboardnya ya. Saya disini mau berbagi pengalaman sahabat saya yang kebetulan usahanya masih baru dan dengan modal terbatas. beliau mencari cara bagaimana mencari printer murah tapi masih bagus, meskipun cara ini memang tidak sepenuhnya dapat diikuti ya karena berisiko dan juga untung - untungan.

Singkat cerita Bolak - balik HP buka marketplace Bukalapak (Maaf bukan promosi) sambil cari - cari printer murah dan akhirnya ketemu printer Epson WF 3721 dengan kondisi second dan bermasalah. Masalahnya tidak mau keluar tinta alis error lah bisa dikatakan begitu.

Karena kondisi printer ini rusak alias tidak keluar tinta tentu harganya murah dong dan jauh dari pasaran harga normal. Harga yang ditawarkan pada awalnya 1,5 Jt an dengan inisiatif menawar akhirnya chat sebentar dan deal harga 1,2 Jt. (Bungkus..)

Sambil cari tutorial di internet buka google dan segala macam yang bisa ditemukan diinternet. cara memperbaiki tinta yang gak keluar pada printer epson, Jleb nemu juga ... Hingga akhirnya cara ini saya bagikan melalui artikel ini. semoga kalian gak bosan membacanya ya..

Cara Mengatasi printer epson WF 3721 tidak keluar tinta dan Error


Pertama yang saya temukan disana adalah :
  1. Mengganti Cartride Epson tapi harganya sangat muahal yang original bisa sampai 600 rb tentu ini bukan solusi disaat gak punya duit.
  2. Ganti head Epson WF 3721 dengan harga print headnya 3 Jt an.. (Sambil Kaget)
Dalam hatiku berkata - kata " Duh Gimana nih sudah di order kok solusinya gak nemu"
Gimana kalo gak bisa diperbaiki..

Dengan penuh keyakinan sambil cari lagi di embah google.. oprek sana sini. sambil dalam hati bergumam Iseng - Iseng aja lah (Bohongi Hati biar lebih tenang)

Singkat cerita printer datang, dan siap unboxing...
Dengan penuh pemikiran coba di upgrade firmwarenya, eh ternyata joss...
Sambil shock saya tersenyum - senyum sendiri ternyata bisa diakali dengan update firmwarenya masalah error hilang.

jadilah printer ini berjalan tanpa harus chipless alias tanpa membaca catrdige, bisa pasang dumper apapun yang penting pas di lubang tinta tanpa takut kehabisan tinta dan terjadi masalah yang sama. yaitu printer error tidak keluar tinta.

Iseng - Iseng saya cek bagian counter cetakan printernya dan membuat saya kaget (Kok Bisa kaget) 
ternyata printer ini baru digunakan 25x print... waduh... dapat rezeki nomplok, Ini yang disebut printer second rasa baru..

Jadi kesimpulannya Untuk mengatasi masalah tinta yang tidak keluar bisa anda coba cara diatas, semoga bisa membantu memperbaiki masalahnya ya. Jangan dijual dulu..

Tag :
#Printer Epson tidak keluar tinta
#Printer epson error

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »