cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap Kunci Jawaban Soal Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120

Lengkap Kunci Jawaban Soal Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120 - Hallo teman-teman pada kesempatan kali ini ruanganbaca.com akan membahas jawaban beberapa soal pada buku tematik SD Kelas 5 Tema 1 tepatnya halaman 114, Halaman 115, Halaman 118, Halaman 119, Halaman 120 ya. Semoga apa yang kita bahas secara bersama-sama ini bisa menjadi refrensi sebagai alternatif jawaban soal yang telah diberikan oleh guru.

Saat kita kesulitan untuk mengisi jawaban soal, baik itu yang dikerjakan di rumah atau dikerjakan bersama teman - teman disekolah terkadang membuat kita hilang pemahaman apalagi dimasa sekarang ini beberapa sekolah masih diliburkan. tentu dengan mencari beberapa refrensi atas jawaban Soal Buku SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120 di internet adalah cara terbaik.

Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120
Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120

Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.

Dalam ulasan artikel ini kita menggunakan buku tematik kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017 yang saat ini masih digunakan dikalangan pelajar sekolah dasar (SD). yang didalamnya ada pembelajaran 1 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri.

Tema 1 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 6

Pak Anto dan Beni kaget, tiba-tiba terdengar suara teriakan minta tolong. Mereka berdua pun segera mencari dan menghampiri sumber suara tersebut. Oh, ternyata kaki salah satu pekerja keseleo karena terpeleset saat melangkah keluar dari sawah. Dia nampak kesakitan sekali.

“Kenapa dengan Pak Bejo, Pak?” tanya Beni khawatir.

“Oh, kaki Pak Bejo keseleo. Rasanya sakit sekali,” jawab Pak Anto. “Apa itu keseleo, Pak?” tanya Beni penasaran.

“Keseleo merupakan gangguan atau cedera yang terjadi pada otot. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya gerakan dadakan, kekurangsiapan otot untuk melakukan suatu gerakan, juga karena adanya paksaan gerakan pada otot,” jelas Pak Anto.

“Oh, begitu ya, Pak” sahut Beni.

“Beni, keseleo bisa terjadi kapan saja dan dimana saja serta dalam kegiatan apa saja, misalnya saat berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang rentan terjadi keseleo atau cedera otot adalah sepak bola. Karena dalam sepak bola, kerja otot sangat diforsir. Tubuh harus bergerak dan berlari dalam waktu yang lama.” jelas Pak Anto.

“Oleh karena itu, untuk memperkecil kemungkinan terjadinya cedera, sebelum melakukan permainan sepak bola dan olahraga lainnya harus menguasai teknik-tekniknya terlebih dulu. Selain itu, kita harus melakukan pemanasan agar tulang dan otot-otot kita dalam keadaan siap,” tambah Pak Anto.

“Oh, menguasai tekhnik berarti sangat penting ya, Pak. Agar kita dapat melakukan permainan dengan baik, juga untuk memperkecil resiko terjadinya cedera,” kata Beni.

Setelah dirawat dan diobati, kaki Pak Bejo yang keseleo berangsur-angsur membaik. Dari yang sebelumnya tidak bisa digerakkan dan sakit, kini sudah bisa digerakan tanpa terasa sakit. Kaki Pak Bejo sudah bisa ditekuk, diluruskan dan diputar-putar. Pak Anto dan Beni pun senang melihatnya.

Sekarang kaki Pak Bejo pun bisa digerak-gerakkan kembali. Pak Bejo pun dapat melakukan berbagai aktivitas yang memanfaatkan kerja otot.

Macam-Macam Gerak Otot

1. Gerak meluruskan contohnya meluruskan lutut, siku dan ruas jari.
2. Gerak menekan ke bawah atau menurunkan.
3. Gerak memutar lengan sehingga telapak menelungkup.
4. Gerak menjauhkan, contohnya gerak tungkai menjauhkan dari sumbu tubuh.
5. Gerak yang memutar lengan sehingga tangan menegadah.
6. Gerak yang mendekatkan sumbu tubuh contohnya gerak yang mendekatkan tungkai dengan sumbu tubuh.
7. Gerak yang membengkokkan contohnya membengkokkan siku, ruas jari dan lutut.

Kunci Jawaban Soal Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114

Ayo Mengamati

Kamu telah mengetahui berbagai macam gerak otot.
Termasuk macam gerak otot yang manakah gerakan-gerakan pada gambar berikut ini?


Kunci Jawaban Soal Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114

Kunci Jawaban Soal Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 115

Ayo Berkreasi

Untuk menambah pemahamanmu mengenai otot buatlah model sederhana dengan menggunakan stryrofoam. Kegiatan ini dapat kamu lakukan bersama dengan kelompokmu.

Siapakan alat dan bahan:

Satu lembar styrofoam, pensil, spidol warna, pemotong/cutter

Langkah kerja :

1. Menggambar pola pada styrofoam menggunakan pensil.
2. Memotong styrofoam sesuai pola.
3. Memberikan warna yang berbeda pada tiap-tiap jenis otot.
4. Merangkai tiap jenis potongan sesuai gambar berikut.

Perhatikan contoh berikut.



Banyak fungsi dari jaringan otot pada tubuh manusia. Namun terkadang orang kurang memperhatikan cara menjaga kesehatan otot.

Oleh karena itu sering terjadi kram, nyeri, atau cedera otot yang cukup menyakitkan. Bagaimanakah cara menjaga kesehatan otot?

Cara menjaga dan merawat otot pada manusia adalah sebagai berikut.

1. Menghindari gerakan yang membebani kerja otot secara berlebihan.
Agar terhindar dari gangguan atau cedera pada otot, maka kita harus menghindari kegiatan atau gerakan yang dipaksakan, gerakan tiba-tiba, dan kegiatan-kegiatan yang terlalu membebani kerja otot.

2. Melakukan peregangan
Lakukan beberapa gerakan peregangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu yang memanfaatkan kerja otot dalam jangka waktu yang lama seperti saat melakukan olah raga, berjalan jauh, dan berlari.

3. Melakukan latihan rutin
Banyak latihan fisik yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan otot. Latihan rutin ini dapat dilakukan dengan beban maupun tanpa beban, bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Misalnya jogging, bersepeda, latihan kebugaran di pusat kebugaran, dan lain-lain.

4. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Sedikitnya mengonsumsi 6 gelas air sehari agar dapat menjaga kesehatan tubuh.

Cairan dapat membantu otot melemas setelah berkontraksi serta dapat melembabkan sel-sel otot, sehingga tidak mudah mengalami ketegangan.

5. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi otot
Banyak jenis makanan yang mengandung gizi yang baik bagi otot, khususnya untuk pembentukan otot. Makanan-makanan tersebut antara lain putih telur, susu, ikan tuna, sayur brokoli, dada ayam, daging sapi, minyak ikan, keju, kacang almond dan kacang arab, dan bayam.

6. Meringankan nyeri otot
Gunakan krim khusus otot untuk menimbulkan rasa hangat sehingga otot yang kram menjadi lebih rileks.

Ayo Membaca

Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia

Ade Rai adalah sosok pria perkasa yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Sebagai binaragawan Indonesia, banyak sudah prestasi yang diraihnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini Ade Rai telah pensiun sebagai atlet binaraga, meskipun demikian, ia tetap aktif menjadi pembina dan membuka tempat kebugaran di beberapa daerah di Indonesia.
Pada waktu kecil, Ade Rai hanya seorang anak kecil yang memiliki tubuh kurus, bahkan bisa dibilang sangat kurus. Pada umur 10 tahun, Ade Rai hanya memiliki berat badan 25 kg. Bahkan, hingga mencapai remaja dengan tinggi 183 cm, berat badan Ade Rai hanya 55 kg.

Ade Rai, dia memiliki minat yang tinggi dalam bidang olahraga. Pada awalnya dia menggeluti bidang olahraga bulu tangkis. Namun, Ade Rai tidak begitu lama menggeluti bulu tangkis, hingga pada akhirnya dia lebih memilih untuk menjadi seorang atlet binaraga.

Prestasi pertama Ade Rai dalam bidang binaraga diraih pada tahun 1995. Prestasi tersebut memicunya untuk terus aktif mengikuti berbagai kejuaran, mulai dari lingkup kecil hingga besar, mulai dari lokal, nasional, hingga internasional. Hingga akhirnya Ade Rai terus berkembang dan meraih prestasi demi prestasi dari berbagai kejuaraan.

Masalah prestasi yang diraih Ade Rai tidak perlu diragukan lagi. Dari berbagai kejuaraan yang diikutinya selalu membuahkan hasil yang mengagumkan. Salah satunya kemenangannya di Musclemania World (Kejuaraan Dunia Binaraga ) kelas berat ringan. Dari situlah kemudian membawa Ade Rai menuju ke kejuaraan multi-event Asia Tenggara (Sea Games) pada tahun 1997. Pada kejuaraan tersebut Ade rai pun mampu mempersembahkan emas bagi bangsa Indonesia. Bahkan, setelah itu masih banyak piala dan medali yang dia raih dari berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Berkat prestasi-prestasinya itulah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia. Dari sebelumnya yang sepi peminat, hingga akhirnya olahraga binaraga menjadi olahraga yang banyak diminati di Indonesia, baik oleh pria maupun wanita.

Setelah pensiun sebagai atlet pun, Ade Rai masih berkecimpung dalam dunia binaraga. Dia membuka beberapa pusat latihan dan kebugaran di beberapa daerah. Selain itu, Ade Rai juga menjual suplemen dan melakukan perlatihan sertifikasi untuk para profesional di bidang fitness. Ade juga aktif mengampanyekan hidup sehat melalui fitness dengan menerbitkan buku dan majalah serta menjadi pembicara di berbagai seminar dan acara.


Kunci Jawaban Soal Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 118

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.


Jawaban Alternatif :

1. Paragraf 1 :
Ade Rai adalah binaragwan yang tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di dunia.

2. Paragraf 2 :
Pada waktu kecil, Ade Rai hanya serorang anak kecil yang memiliki tubuh kurus, bahkan bisa dibilang sangat kurus.

3. Paragraf 3 :
Ade Rai memiliki minat yang tinggi dalam bidang olahraga.

4. Paragraf 4 :
Prestasi pertama Ade Rai dalam bidang binaraga diraih pada tahun 1995.

5. Paragraf 5 :
Prestasi yang diraih Ade Rai tidak perlu diragukan lagi.

6. Paragraf 6 :
Berkat prestasi-prestasinya itulah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia.

7. Paragraf 7 :
Setelah pensiun sebagai atlet, Ade Rai masih tetap berkecimpung dalam dunia binaraga.

Seorang atlet binaraga memerlukan latihan yang rutin, terukur, dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam membentuk otot-ototnya.

Selain itu, mereka juga menjaga sekali pola makannya. Tentunya dengan pola makan yang sehat. Mereka sangat memperhatikan asupan makanannya mulai dari gizi, komposisi, porsi, dan kebersihannya.

Jadi, untuk menjadi seorang binaragawan tidak bisa dilakukan secara instan dengan hanya minum obat-obatan atau suplemen penambah massa otot saja.

Apalagi sampai mengkonsumsi bahan-bahan berbahaya hanya sekedar ingin cepat mendapatkan otot yang besar.

Jawaban Soal Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 119 dan 120

Ayo Berkreasi

Buatlah gambar cover tentang bacaan yang berjudul “Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia”. Namun, sebelumnya coba ingatlah kembali unsur-unsur dan ragam desain dalam membuat gambar cover.



Jawaban Alternatif  :

Gambar Cover
UnsurRagam Desain
  1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
  2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
  3. Terdapat nama penulis.
  4. Terdapat identitas penerbit.
  5. Menyertakan gambar yang menarik.
  6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
  7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.
  1. Cover dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana. Pada jenis ini, tidak ada gambar yang memenuhi halaman. Bahkan terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak dominan adalah warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan sebagai ruang yang lega agar mata tidak sesak terpenuhi oleh gambar.
  2. Desain penuh warna dan gambar, Pada jenis ini, bagian yang dominan adalah gambar ilustrasi dan judul. Selain itu juga disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.

Buatlah gambar cover pada kolom berikut.



Terimakasih sudah membaca artikel dengan judul Lengkap Kunci Jawaban Soal Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120 semoga ini dapat membantu tugas sekolah serta membuat teman-teman lebih giat belajar lagi ya.

Sumber Tulisan : Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120
Refrensi : Internet dan Blog
Link : https://www.ruanganbaca.com/2020/07/lengkap-kunci-jawaban-soal-buku-tematik.html