Mesin Risograph Ketahui Jenis dan Fungsinya

5/27/2020
Untuk anda yang baru terjun ke dunia percetakan pasti belum memahami Apa yang dimaksud dengan Mesin Risograph? Hal ini wajar karena mesin ini jarang keberadaanya dan hanya tempat - tempat tertentu saja. Tidak seperti mesin fotocopy yang dapat kita kenali di setiap ruko jasa fotocopy. Mengenal lebih jauh tentang Mesin Risograph atau sering dikenal dengan mesin RISO jika kita perhatikan cara kerjanya hampir sama saja dengan mesin fotocopy dengan kecepatan 120 lembar per menit. tentu kecepatan ini menyingkirkan mesin fotocopy type NP yang memiliki kecepatan cetak dibawah RISO.

Mesin Duplicator Risograph adalah perangkat cetak multifungsi Risograph dirancang untuk memindai (scanning), menyalin dan mencetak dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. harga cetak lebih murah daripada mencetak dengan menggunakan printer inkjet atau printer laser-jet, maupun mesin fotokopi (photocopier) biasa.

Risograph adalah sistem bisnis percetakan dengan pencetakan digital berkecepatan tinggi diproduksi oleh Riso Kagaku Corporation dan dirancang untuk mencetak dengan kapasitas, volume dan kecepatan tinggi serupa mesin fotokopi dan dan mesin percetakan offset. Dapat digunakan sebagai mesin cetak individual ataupun dengan cara terkoneksi jaringan komputer (CTP,  Computer to Print). Di Indonesia, Riso Digital Duplicator sudah banyak dipakai oleh kalangan photocopy center, kantor pemerintahan, perbankan, lembaga sekolah dan universitas.

Bagian-bagian dari mesin risograph

 1. meja pemasukan/paper feeder
     a. scapper roll
     b. pig up roll
2.  printing
     a. drum (bagian atas)
     b. press roll (bagian bawah)
3.  meja pengeluaran

Cara kerja mesin risograph

  • hidupkan mesin tunggu 5 menit
  • kertas diletakan diatur posisinya
  • periksa atau atur hasil posisi copy-an
  • tekan pengatur jumlah foto copy dan jumlah hasil copy-an
  • tombol on untuk menghidupkan ,tombol off untuk mematikan

Mekanisme Kerja Risograph

Teknologi mesin terbaru abad ini dengan mekanisme kerja sangat mirip dengan mesin fotokopi (Photocopy, copier). Mesin cetak Riso menyatukan beberapa proses yang sebelumnya dilakukan secara manual, misalnya dengan menggunakan Riso Cetak Gocco sistem atau Gestetner sistem.

Dokumen/naskah asli dipindai (scanning) melalui mesin dan master yang dibuat, master ini kemudian melilit ke drum dan tinta keluar melalui rongga dalam drum tinta. Master paper berjalan datar melalui mesin, sementara drum tinta Riso berputar dengan kecepatan tinggi untuk mencetak setiap teks/gambar ke atas kertas.

Teknologi sederhana ini sangat bisa diandalkan dibandingkan dengan mesin fotokopi standar dan dapat mencapai kecepatan yang sangat tinggi (biasanya 120-130 halaman per menit) dan berbiaya sangat rendah. Sebuah umur mesin yang baik untuk mesin cetak sekelas Risograph dapat mencapai pembuatan sekitar 5.000.000 lembar cetak dan 100.000 lembar master. 

Komponen utama master thermal head pada Risograph dibuat oleh perusahaan Toshiba. Teknologi serupa mesin Risograph diproduksi juga oleh Ricoh, Gestetner, Rex Rotary dan Nashuatec. Kini, semua merek ini selain Riso, telah dimiliki oleh Ricoh.
Mesin Risograph Ketahui Jenis dan Fungsinya
Mesin Risograph Ketahui Jenis dan Fungsinya
Karena proses tersebut memakai tinta cetak seperti cetak offset - dan tidak memerlukan panas untuk memperbaiki gambar pada kertas – seperti mesin fotokopi atau printer laser – output dari risograph dapat dikategorikan seperti materi cetakan lainnya. Ini berarti bahwa lembar yang telah dicetak dengan risograph dapat sebanding dengan kualitas printer laser (600 dpi)

Untuk sekolah, klub, perguruan tinggi, politik kampanye dan pekerjaan jangka pendek lainnya yang perlu dicetak, Risograph menjembatani kesenjangan antara mesin fotokopi standar dan kemampuan dari mesin cetak komersial (mesin cetak offset).

Kekurangan dan Kelebihan Mesin Risograph

Kelebihan:
Dapat mencetak dengan kecepatan yang tinggi.
Dapat mencetak dokumen yang banyak dalam waktu singkat sampai 120 lembar permenit.
Biaya cetak perlembarnya sangat murah.
Dapat mencetak langsung dari komputer.
mengkopi menggunakan kertas tipis (46gram) sampai kertas tebal (210 gram).
Dapat  memperbesar dan memperkecil,menggabung dua original dan tintanya
dapatdiganti warna.
Efesien dan efektif.


Kekurangan:
Harganya mahal.
Hanya efektif untuk mencetak dalam jumlah yang banyak.
Ukuran mesinnya besar dan berat.

Model Model Mesin Risograph

Mono color

Jenis mesin Riso ini dirancang hanya untuk mencetak 1 warna hitam (fix-drum) namun mesin ini sudah banyak kelebihannya memperbesar dan memperkecil , kualitas cukup bagus, kertas hingga B4. Harga mesin Riso tipe ini berkisar 25jt-an.

Single Risograph

Jenis ini sudah mencetak lebih dari satu warna ,tersedia hingga 20 warna. Untuk itu mesti disediakan 2 drum, yaitu drum khusus hitam dan drum untuk warna lainnya (yang bisa gonta-ganti warna), bisa dikoneksikan ke computer memiliki fitru ink-saving untuk lebih menghemat suplai tinta di mesin hingga 40% harga mesin ini mulai 60jt-an.

Multi Risograph

Jenis ini sudah menggunakn 2 drum, jadi utk mencetak dalam 2 warna, bisa sekali jalan, atau 4 warna dalam 2 kali jalan. Kecepatannya 150 lbr/menit. Touch screen ,ink-saving, resolusi lebih tinggi D600dpi, kualitas cetaknya lebih halus. Harga mesin Riso tipe multi-warna mulai dari 150 juta.

Full color

Ada yang mengistilahkan mesin ini dengan mesin foto copy warna . mencetak full-color dengan kecepatan 150lbr/menit dengan otomatis. Cost perlembarnya sekitar kurang dari Rp. 1000 ukuran folio.

Cara Pengoprasian dan Merawat Mesin Risograph

Cara mengoperasikan mesin risograph

  • Buat master cetakan dengan cara meletakkan dokumen asli kearea scanner pada mesin risograph.
  • Seteah master dibuat pastikan sample cetakan sudah sesuai dengan settingan yang diinginkan.
  • Masukkan kertas pada baki.
  • Mulailah proses cetakan dan jangan lupa atur kecepatan cetaknya.

Cara merawat mesin risograph antara lain

  • Bersihkan bagian TPH
  • Bersihkan press rol drum dan tinta pada screen
  • Bersihkan meja scaner
Tag :
, , , , , , , , , ,

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »