Rabu, 20 Mei 2020

Cara Mengatasi You Must Insert a Control Card Fotocopy Canon ir 5000/ ir6000

Jika anda pengguna mesin fotocopy iR5000 dan iR6000 saya rasa perlu membaca artikel ini karena untuk jaga - jaga jika suatu saat terjadi hal seperti ini pada mesin yang anda gunakan. Munculnya tulisan you must insert a control card pada layar mesin fotocopy disebabkan dari beberapa hal yang menjadi penyebabnya meskipun sebetulnya sepele.

Apabila anda dalam hal ini sedang mencari cara memperbaiki pesan you must insert a control card tentu jangan khawatir karena hal ini disebabkan dari faktor kabel yang tidak terpasang dengan baik. jadi solusinya bagaimana? Ya tinggal dicari kabel yang tidak terkoneksinya lalu dipasang kembali pada soket yang terlepas alhasil error you must insert a control card pasti akan hilang.

Cara Mengatasi You Must Insert a Control Card Fotocopy Canon ir 5000/ ir6000
Cara Mengatasi You Must Insert a Control Card Fotocopy Canon ir 5000/ ir6000

Tapi bagaimana cara mengetahui bagian kabel mana yang terlepas? Tenang jangan khawatir jadi cara menservice mesin fotocopy harus diingat - ingat kembali secara umum kejadian ini dikarenakan anda sudah membuka bagian tutup samping kanan sebelah atas yang ada kabel - kabelnya.

Cara Service Mesin Fotocopy 

Hal pertama sebelum kita melakukan pengecekan pada jalur - jalur tertentu pastikan terlebih dahulu anda mengecek bagian yang sebelumnya dibuka dengan cara lepaskan penutup samping sebelah kanan yang berwarna biru persegi panjang, lepaskan 3 mur, selanjutnya 2 s.d 3 mur lagi anda dapat mencarinya apakah ada kabel jumper yang belum terpasang atau putus bahkan lepas.

Seharusnya dalam kondisinya mesin menunjukkan gejala You Must Insert a Control Card ada kabel yang lepas atau tidak tersambung. jika tidak menunjukkan kabel putus atau terlepas coba lakukan tips awal yaitu jumper saja kaki nomor 1 dan 3 pada posisi mesin dalam keadaan OFF / mati.

setelah itu coba hidupkan mesin, jika berhasil maka cara ini dapat menghilangkan pesan error You Must Insert a Control Card. secara umum kejadian ini pada mesin canon untuk tipe iR 5000, iR 6000, iR 6075 dan sebangsanya, yang memiliki speed tinggi antara 50 dan 75.

Pengalaman Memperbaiki You Must Insert a Control Card Fotocopy Canon ir 5000

Merujuk ke pengalaman salah satu sahabat kita pengguna mesin fotocopy canon iR5000 yang mengalami error You Must Insert a Control Card, Awalnya beliau berniat mengganti part mesin yaitu gear belt namun setelah dipasang ternyata mesin bukannya normal malah mengeluarkan pesan error seperti diatas. 

tentu membuat beliau ini bingung dan penasaran, setelah di utak atik entah bagaimana keadaan semakin merambah menjadi E350 tentu semakin membuatnya panik. Ada beberapa netizen yang menyarankan mengganti counter, sedangkan mesin hanya baru mencapai batas pemakaian 3 jt.

Tapi ada salahsatu netizen yang menyangkal pernyataan bahwa harus mengganti counter karena belum saatnya counter dengan jumlah 3jt. lengkapnya berkomentar  "jarang kok ganti conter palingan cuma kabelnya aja.. Aus bisa kurang nancep bisa.. Yg kabel kuning dari arah bawahnya dc bos".

Dan tenyata benar saja setelah dicek oleh sahabat yang memiliki masalah tersebut kabel kuning tidak ditanjapkan. Lengkapnya isi komentar beliau "thx pak, mmng benerkabel kuning ke dc tdk sy tancapkan, krna trtimpa MB, thx pak 🙏"

Kesimpulan

Jika anda mengalami hal serupa seperti diatas, baiknya dicek terlebih dahulu bagian - bagian kabel yang sebelumnya dilepas. secara umum ini disebabkan dari lupa memasang kembali kabel sehingga mesin mengeluarkan indikator error. Semoga artikel ini dapat membantu untuk mengikuti update terbaru artikel silahkan ikuti blog ini dengan menekan tombol pengikut di samping website ini.

Ruanganbaca: Cara Mengatasi You Must Insert a Control Card Fotocopy Canon ir 5000/ ir6000

Comments


EmoticonEmoticon