begini cara menjernihkan air yang baik

5/25/2020
Air merupakan kebutuhan yang wajib di konsumsi sehari - hari sehingga air yang bersih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagaimana caranya jika air sumur kita keruh sehingga tidak layak diminum? ada beberapa tips yang nanti akan kita bahas bersama solusinya.
Gambar Meminum Air dari Keran
Gambar Meminum Air dari Keran
Proses penjernihan air akan sangat membantu orang disekitar kita khususnya dimasyarakat sekitar yang sulit mendapatkan air bersih, melalui proses ini yang semula air kotor dan berkuman akan berubah menjadi aman digunakan bahkan dikonsumsi untuk diminum. Hal ini akan sangat membuat kemudahan dikalangan masyarakat itu sendiri baik yang kebutuhan airnya skala besar atau yang kecil-kecilan untuk kebutuhan rumah tangga. 

Kelangkaan akan air bersih saat ini menjadi sebuah fenomena yang banyak terjadi di banyak tempat termasuk juga Indonesia.Bahkan banyak dari kita yang rela berjalan berpuluh kilometer untuk mendapatkan air bersih yang keberadaanya di ploksok - ploksok, itupun belum tentu bersih dan aman untuk dikonsumsi. Sementara di kota - kota dengan banyaknya bangunan gedung yang dibangun dimana - mana membuat jumlah air yang dapat dikonsumsi masyarakat sekitar menjadi berkurang.
Antri Air di desa
Antri Air bersih di desa

Sehingga Solusi itu datang agar kita tetap bisa mendapatkan air bersih baik untuk mencuci, minum dan keperluan sehari - hari banyak dikalangan perkotaan mereka harus membeli air per jeriken. Hal ini justru apabila terus berlangsung lama menjadi sebuah pemborosan pengeluaran rumah tangga dan menjadi hal prioritas seperti halnya kebutuhan pokok lainnya.

Apakah ada solusi lain?
Tentu ada. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan penjernihan air dirumah masing - masing secara mandiri selain bisa untuk mendayagunakan air dengan menjernihkan air ada sebuah tujuan yang lebih penting yaitu kesehatan dan juga keamanan diri beserta keluarga tercinta.

Dibawah ini kita akan mengulas beberapa tujuan sampai dengan bagaimana cara melakukan perjernihan air dirumah berikut ini :

Mengapa Proses Penjernihan Air Harus Dilakukan?

Antara Air Keruh dan Air Bersih
Antara Air Keruh dan Air Bersih
Sahabat ruanganbaca.com perlu diketahui air merupakan bahan konsumsi yang paling rentan dicemari oleh virus dan juga kuman, jika kita membiarkan air yang tercemar dan digunakan untuk mencuci, memasak, mandi bahkan diminum tentu lama kelamaan ini akan membahayakan diri kita.

bahkan dampak yang terjadi apabila kita sering mengkonsumsi air tercemar dapat dilihat sedini mungkin misalnya gatal - gatal, karena pada kenyataanya air yang tercemar meskipun ukurannya hanya satu gayung terdapat jutaan bakteri apabila di lakukan pengelihataan menggunakan alat mikroskop.

Kuman dan Virus yang ada di dalam air antara lain

Bakteri Salmonella

Gambar Bakteri Salmonella
Gambar Bakteri Salmonella
Perlu diketahui, jenis bakteri Salmonella ini sering ditemui dimakanan tapi kadang juga terdapat pada kandungan air, apabila seseorang mengkonsumsi air atau makanan dan masuk bakteri ini kedalam tubuh maka ia akan mudah diserang penyakit seperti deman, dehidrasi, sakit perut, diare bahkan jika tingkatan ini semakin parah akan menyebabkan infeksi pada usus.


Bakteri E.coli

Gambar Bakteri E.Coli
Gambar Bakteri E.Coli

Kita tidak pernah mengetahui asal-muasal air sumur yang bermuara dirumah dan sekitarnya entah itu dari sumber yang baik atau dari serapan sungai yang tadinya air tersebut mengalir dari kali yang beriisikan kotoran manusia dan hewan.

Air yang tidak dijernihkan bisa mengandung bakteri E.Coli yang berasal dari kotoran manusia dan hewan, apabila bakteri ini masuk kedalam tubuh dan di konsumsi maka yang akan terjadi kita dapat terjangkit penyakit diare bahkan di sertai darah.

Hepatitis A

Gambar Bakteri Hepatitis A
Gambar Bakteri Hepatitis A
Penyakit ini sangat mengerikan yang disebabkan dari mahluk kecil virus dengan nama yang serupa, umumnya sering terkandung di dalam makanan mentah, tapi tidak jarang juga makhluk ini sering berada di air yang sudah terkontaminasi.

Akibatnya..
Apabila seseorang mengkonsumsi air dan masuk jenis virus ini maka gejala yang akan dialami adalah penurunan fungsi hati. tanda - tanda yang dapat dilihat adalah sebagai berikut :
  1. Tidak nafsu makan
  2. Nyeri perut di daerah hati
  3. Kulit berubah warna seperti kekuningan
  4. Deman dan badan terasa lelah

Tujuan Jernihkan Air Agar Terhindar dari Bahaya!

Menjernihkan air tentu memiliki tujuan agar meningkatkan kadar air yang tidak berkwalitas menjadi kadar yang berkwalitas dan layak dikonsumsi. sehingga menetralisir berbagai kandungan zat tercemar seperti kotoran, kuman, dan kandungan yang berbahaya lainnya.

Dengan dibersihkan dan dieliminasi tentu agar air dapat kembali lagi seperti air dari alam. namun diluar dari itu tujuan utamanya adalah agar air aman untuk digunakan.


1. Penjernihan Air Menggunakan Teknologi Tinggi

Apabila anda main ke tempat luar dari Indonesia misalnya ke Singapura banyak kalangan mereka yang meminum air langsung dari keran yang ada didapur, bagi kita mungkin ini tidak layak tapi perlu diketahui air yang mereka minum sudah dilakukan filter sehingga tidak menyebabkan keburukan bagi tubuh.

jadi orang - orang disana tidak perlu lagi menyaring dan mendidihkan air untuk di konsumsi. Ini dikarenakan singapura sudah berhasil menciptakan filter air terbaik.

Sayang di tempat kita cara ini belum lazim apabila diterapkan di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya tidak dapat minum apabila bukan air rebusan. 

Cara Negara Singapura menyediakan air bersih untuk kebutuhan masyarakatnya adalah dengan Mendaur ulang air berkas konsumsi kemudian di saring kembali menggunakan teknologi canggih yang melibatkan penggunaan sinar ultraviolet dan dari hasil olahannya ini menjadi air yang baru.

Kemudian air Baru atau NEWater ini dicampur dengan air yang telah dioleh diwaduk sehingga disalurkan kembali pada masyrakat untuk di konsumsi.

2. Teknologi yang Umum Dilakukan untuk Proses Penjernihan Air 

Ada berbagai macam cara dan metode dalam menjernihkan air keruh beberapa cara menjernihkan air tersebut adalah sebagai berikut :

3. Proses Penjernihan Air Menggunakan Pemutih


Gambar Bubuk Pemutih atau Tawas Air
Gambar Bubuk Pemutih atau Tawas Air
Penjernihan air dapat dilakukan menggunakan pemutih bubuk menurut Wikipedia, diperlukan setidaknya 2,3 gram pemutih bubuk untuk menjernihkan 1.000 liter air. cara ini hanya bekerja pada kadar air yang cemarannya tidak terlalu tinggi dan keruh air tidak parah.

bahan yang digunakan untuk menjernihkan air yang umum digunakan adalah tawas. kebanyakan dimasyarakat tawas digunakan untuk menjernihkan air sungai untuk peperluan sehari - hari agar warna air tidak terlalu keruh.

Baca Juga : Anda Nganggur Mau Punya Uang Coba Kegiatan Ini 

Setiap 3-5 sendok tawas mampu menjernihkan 1.000 liter air dengan syarat air tidak terlalu keruh. sedangkan air yang cukup keruh bisa menggunakan 5-8 sendok makan per 1.000 liter air. dalam tahap penggunaanya tawas tidaklah ditaburkan begitu saja ke dalam air, melainkan harus mengikuti beberapa cara sebagai berikut :
  • Campurkan tawas dengan sekitar 5 liter air bersih;
  • Tuangkan cairan tawas ke dalam tempat penampungan air;
  • Aduk-aduk;
  • Diamkan hingga keesokan harinya.

4. Proses Penjernihan Air Secara Kimia

Gambar Penjernihan air secara kimia
Gambar Penjernihan air secara kimia
Banyak cara yang dapat dilakukan dalam proses penjernihan air secara kimia, umumnya dilakukan pada tangki atau sumur.

Bahan yang digunakan dalam proses penjernihan air dengan cara disinfeksi kimia menggunakan ozon, kuprisulfat, klor, dan yang paling dikenal masyarakat ialah Ca(OCl)2 alias kaporit.

Kaporit juga banyak disebut - sebut yang digunakan PDAM untuk menjernihkan air yang didistribusikan ke masyarakat untuk di konsumsi. Nah sahabat ruanganbaca.com selain menjernihkan air, Apa sih sebetulnya fungsi lain dari Kaporit?

Ternyata penggunaan kaporit selain bermanfaat menjernihkan air juga dapat membunuh bakteri - bakteri yang ada didalam air. dengan 1 gram kaporit dapat melakukan penjernihan air hingga 100 liter.

Dalam penggunaan kaporit ini harus dengan takaran, apabila berlebih dapat membahayakan tubuh jika air dikonsumsi. cara mengetahui apakah air menggandung kaporit berlebih adalah dengan menciumnya. secara umum aroma kaporit dapat dicirikan apabila air memiliki aroma yang sama ini artinya anda jangan mengkonsumsinya.

5. Menjernihkan air dengan Tablet Klorin

Penjernihan air yang keruh dapat dilakukan dengan tablet klorin atau biasa dikenal dengan halazone. meskipun harga tablet klorin sangat mahal orang masih banyak menggunakannya karena dipercaya sangat cepat dalam proses penjernihan air meskipun dalam jumlah yang tidak banyak.

Perlu diketahui !
Proses menjernihkan air seperti ini merubah air menjadi sedikit agak berbau, tapi bila air tersebut tidak masalah menurut anda, maka air tersebut dapat diminum dan juga lakukan pendidihan terlebih dahulu.

6. Menjernihkan air dengan Filterisasi 

Gambar Filter Air
Gambar Filter Air
Filter atau saringan air adalah termasuk teknologi canggih namun terjangkau dikalangan masyarakat untuk tetap dapat melakukan filter air keruh menjadi bersih.

Ada dua metode yang umum dilakukan penjernihan air menggunakan filter yaitu bantuan UV dan juga keramik dan saat air masuk kedalam saringan bakteri dan zat lainnya ditahan menggunakan katalis.

7. Penjernihan Air dengan Filter Keramik

Material keramik dimanfaatkan sebagai penyaring air yang masih sangat baik, setelah dilengkapi dengan karbon aktif dan nano silver material ini dapat membunuh senyawa mikroorganisme di dalam air.

Tidak hanya itu!

Bakteri dan senyawa berbahaya bagi tubuh yang larut kedalam air dapat hilang ketika disaring menggunakan filter air. 

Filter keramik dapat menyaring dengan baik karena memiliki pori - pori kecil, diameter pori dalam saringan ini juga beragam tergantung dari kebutuhan. Filter air dengan menggunakan material keramik ini sudah dipercaya di negara berkambang yang kesulitan dalam pengadaan air bersih bahkan program yang digerakkan oleh Program Air dan Sanitasi UNICEF ini sudah membuahkan hasil. 

yaitu penyakit seperti diare menurun signifikan, jumlah bakteri E.Coli yang berdampak buruk bagi tubuh menjadi berkurang setelah melalui tahap ini.

8. Penjernihan Air dengan Filter UV

Menggunakan bantuan cahaya UV dapat mencegah kuman yang terdapat di dalam kandunga air, saat ini orang - orang sudah dapat menggunakan filter berteknologi sinar ultraviolet (UV), pasalnya metode penjernihan dengan cara ini sangat aman. Sebab..

Gelombang sinar UV yang terpancar dapat membunuh kuman 99% yang terdapat didalam air. selain kuman sinar gelombang ini juga dapat membunuh spora dan virus.

Ada dua jenis filter air yang menggunakan sinar UV yaitu :



Penjernihan Menggunakan Low Pressure UV

Filter air dengan tekanan rendah atau biasa dikenal dengan Low Pressure UV mampu memaparkan gelombang elektromagnetik sebesar 253 nm.

Saringan air dengan daya lampu 65 watt mampu menjernihkan air dengan debit 2,5 liter. tekan dengan filter rendah ini cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Penjernihan Air Menggunakan Metode Medium Pressure UV

Filter air metode ini biasanya untuk kepentingan industri, karena gelombang yang terpapar mampu hingga 280 nm. Sangat cocok untuk menyaring mikroorganisme dengan debit air 170 liter per detik.

9. Proses Penjernihan Air Untuk kebutuhan Rumah Tangga

Dalam proses penjernihan air guna kebutuhan rumah tangga sangat diperlukan pasalnya dengan air bersih menjadikan keluarga kita sehat dan terhindar dari penyakit yang dibawa bakteri air.

Dalam ruang lingkup keluarga ada beberapa metode menjernihkan air agar layak konsumsi dan juga agar melindungi kesehatan keluraga, mari kita pelajari cara penjernihan air di rumah berikut ini. 

Merebus Air

Gambar Merebus Air
Gambar Merebus Air
Meskipun air untuk kebutuhan rumah tangga sudah dilakukan penyaringan sedemikian rupa lebih aman sebelum dikonsumsi baiknya air direbut terlebih dahulu. dalam proses perebusan ini anda hanya perlu melakukan beberapa kiat berikut :

Tuangkan air kedalam panci lalu didihkan diatas api hingga air mendidih, dalam tahap ini setidaknya anda sudah merebus air selama 5 menit dengan tujuan membunuh bakteri yang ada didalam kandungan air agar tidak berbahaya lagi bagi tubuh.

Perlu diketahui!

Perebusan air tidak mengurangi kandungan mineral, benda solid serta metal didalam air. jadi pastikan terlebih dahulu sebelum direbus saring dulu dengan baik.


Penjernihan air menggunakan Pulpen UV

Gambar Alat Penjernih Air Menggunakan Pena UV
Gambar Alat Penjernih Air Menggunakan Pena UV
Penjernihan dengan memanfaatkan sinar Ulta violet memang untuk saat ini banyak digunakan baik di skala rumahan atau industri. Saat ini anda tidak lagi kesulitan saat membutuhkan penjernihan dengan kuantity air yang tidak banyak menggunakan pulpen UV.

Lebih Jelasnya…
Cara kerja Pupen UV adalah dengan dicelupkan kedalam air dengan jumlah tertentu, setelah didiamkan beberapa saat maka air dalam wadah tersebut akan bebes bakteri dan aman untuk dikonsumsi.

Selain digunakan di rumah cara penjernihan ini dapat dilakukan di bawa ke alam. misalnya saat anda sedang membutuhkan air yang langsung diambil dari alam anda dapat mencelupkan pulpen UV ini sebelum meminumnya.

Penyulingan Air

Sahabat ruanganbaca.com taukah kamu apa itu penyulingan? tahap ini sering dilakukan dalam tahap penjernihan air skala besar. tapi jangan khawatir ada kok cara mudah penyulingan air yang bisa dilakukan dirumah.

Dengan melakukan penyulingan air ini diharapkan air dapat kita konsumsi dengan layak dan jauh dari bakteri yang akan menganggu tubuh kita.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam penyulingan air antaranya ialah:
  • Pemanas air;
  • Pipa atau selang air;
  • Wadah atau botol berukuran besar.
Siklus penyulingan yang juga kerap disebut sebagai destilasi ini ialah:
  • Air terkontaminasi direbus dengan suhu konstan sehingga menghasilkan uap-uap air atau sampai dengan menggolak;
  • Uap Air yang terkumpul akan tersalur dan lewat pipa ke dalam wadah penampungan;
  • Air yang terkumpul di dalam wadah penampung bisa dikonsumsi atau digunakan untuk keperluan sehari-hari.
Cara ini  memang lebih lama dibanding dengan cara lainnya, tapi proses ini sangat efektif untuk membunuh berbagaimacam bakteri.Jadi tentu akan semakin aman.

DIY Penjernihan Air Secara Alami

Penjernihan Air Secara Alami
Penjernihan Air Secara Alami
Penyaringan air menggunakan bahan - bahan alami masih sering dilakukan di masyarakat tertentu, Sejak dulu bahan-bahan ini tidak berubah meskipun cara penyaringan ini bisa dikembangkan ke skala yang lebih besar.

Metode penjernihan air dengan saringan alami ini menggunakan bahan - bahan yang mudah didapat diantaranya :
  1. Ijuk;
  2. Pasir halus;
  3. Batu alam;
  4. Kerikil;
  5. Arang dari batok kelapa;
  6. Sabut kelapa.
Selain itu..
Anda juga perlu menyiapkan wadah penampungan tempat menyusun filter air tersebut didalam penampungan. Seluruh bahan tersebut disusun sedemikian rupa hingga dapat menghasilkan air yang jernih dan murni.

Adapun fungsi dari bahan - bahan diatas adalah sebagai berikut :
Rangkaian Filter air dengan metode sederhana
Rangkaian Filter air dengan metode sederhana

  • Batu kerikil, batu alam, dan juga sabut kelapa memiliki fungsi sebagai menyaring kotoran berukuran besar seperti lumut, daun, atau hewan
  • Ijuk dan arang berfungsi menyaring dan menyerap serta menghilangkau aroma tak sedap yang terdapat pada air hingga zat tercemar di dalamnya.
Jika anda ingin membuatnya lebih mudah, anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut :
  1. Botol plastik bekas yang telah dicuci, potong menjadi dua bagian, gunakan bagian atasnya yang berlubang;
  2. Ijuk;
  3. Batu kerikil;
  4. Arang;
  5. Penopang botol;
  6. Kain kassa/kain lap/spons;
  7. Wadah tampungan air

Cara pembuatan filter penjernihan air alami sederhana sebagai berikut:

  1. Ambil botol yang telah dibagi dua, masukkan kain kassa/kain lap/spons pada bagian paling bawah.
  2. Lanjutkan untuk masukkan ijuk ke dalamnya, tekan-tekan hingga padat.
  3. Masukkan arang dilanjutkan sabut kelapa kemudian tekan kembali hingga memadat.
  4. Tuangkan kerikil ke dalamnya hingga terisi penuh.
  5. Berikan penyangga agar alat penjernihan air sederhana ini dapat berdiri dengan baik.
  6. Tempatkan wadah di bagian bawah mulut botol untuk menampung air yang telah disaring.

Contoh Proses Penjernihan Air Hujan Layak Minum

Mungkin anda pernah berfikir apakah air hujan dapat diminum? kebanyakan dari kita dihantui rasa khawatir akan kesehatan jika mengkonsumsi air hujan, Uniknya ada sebuah kisah dari seorang yang memiliki inisiatif bagaimana cara mengubah air hujan agar layak minum.

Yaitu Simon Y. Sanjaya yang sudah berhasil melakukan penjernihan air untuk kebutuhan sehari - hari dengan alat buatannya pada tahun 2012. Ia memaparkan air lingkuangan rumahnya memiliki kandungan besi sangat tinggi hingga tidak enak di konsumsi dan bau nya sangat kuat. Hingga akhirnya ia berinisiatif untuk menjernihkan air hujan yang sebelumnya sudah ia tampung.

Ia sendiri membuat penjernih air dengan nano filter ukuran 0,1 mikron kemudian ditambah dengan bantuan sinar UV. Hingga Hasilnya ....

Menurut pengecekan hasil Dinas Kesehatan Kota Bandung, air hujan saringan tersebut memiliki pH 7. Sementara itu angka pH yang aman untuk diminum berkisar antara 6,5 hingga 8,5.

Menarik ya, Sahabat ruanganbaca?
Semoga ulasan mengenai penjernihan air ini dapat bermanfaat untuk Anda!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »