Awas tinta eco solvent bahaya untuk printer Epson

5/26/2020
Dunia percetakan saat ini dibuat terkejut dengan kemunculan tinta eco solvent yang diperuntukkan printer epson. Pasalnya tinta ini memang berbeda dari jenis tinta umum yang digunakan oleh printer,Banyak dari kalangan pengguna printer percetakan berlomba - lomba mengganti tinta mereka agar printer dapat dimaksimalkan kerjanya.

Kwalitas tinta eco solvent memang diatas rata - rata, dengan mengganti tinta dye (biasa) ke tinta eco solvent maka printer akan berubah media cetaknya, yang umumnya kertas maka anda dapat melakukan pencetakan ke banyak media bahkan lebih tahan lama, seperti stiker vinyl, print untuk polyflex printable bahkan diluar itu penggunaan tinta ini dapat melalukan pencetakan ke bahan banner, albatros, transparan, bikin label, transfer paper, waterslide decal.dll

Tinta Eco Solvent Printer EPSON
Tinta Eco Solvent Printer EPSON

Siapa yang tidak tertarik dengan kelebihan tinta tersebut?
Dalam proses pergantian tinta bisa (dye) ke tinta eco solvent anda harus memiliki beberapa tahap mulai dari mengganti selang infus printer, menambahkan dumper/ damper, dan yang pasti menyiapkan tinta eco solvent yang kwalitasnya sudah terpercaya.

Sebagai pengusaha percetakan yang masih mengandalkan printer tentu cara ini bisa menjadi solusi saat mencetak bahan - bahan yang tidak dapat dikerjakan oleh printer dengan tinta dye, tapi jika anda tidak ingin kerepotan mengganti dan memodif tinta sebetulnya dipasaran sudah ada printer mini eco solvent yaitu printer RDP.

Apa itu Printer RDP Eco Solvent?

Printer Eco Solvent RDP
Printer jenis ini sebetulnya awal mulanya adalah printer jenis EPSON yang dikembangkan dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga media kerjanya diubah menjadi pencetak bahan - bahan yang pada awalnya tidak dapat dicetak di printer itu sendiri. 

Kebanyakan dipasaran printer Printer RDP Mini Ecosolvent menggunakan basic printer EPSON L1800 jelas setelah dilakukan pengubahan pada printer spesifikasinya menjadi berubah. Seperti hal nya saat ini banyak dipasaran printer RDP ini dikeluarkan oleh perusahaan bengkel print dan Ronita digital printing jika kita perhatikan rakitannya mesin ini didesain dengan body yang elegan, mini dan tidak banyak membutuhkan tempat, dan menggunakan jenis tinta eco solvent yang ramah lingkungan.

Spesifikasi RDP Mini Ecosolvent

Teknologi printing
  • Metode cetak : On-demand inkjet (Piezoelectric)
  • Multifunction Printer    : No ( Print Only)
  • Resolusi Cetak : 5760 x 1440 dpi
  • Print direction : Bi-directional printing, Uni-directional printing
  • Tetesan tinta terkecil : 1,5 pl
  • Nozle Configuration : 90 nozzles termasuk warna (C, M, Y,K, LM, LC)
Setting Kertas
Kapasitas input kertas standar : hingga 100 lembar, kertas biasa A4 (75g/m2) hingga 20 lembar Kapasitas output : hingga 50 lembar untuk kertas A4 polos , Hingga 30 lembar untuk kertas foto premium glossy

Ukuran kertas maksimal : 
12,95 x 44.* A3 +, A3, B4, A4, A5, A6, B5, 10x15cm (4×6), 13x18cm (5×7″), ukuran lebar 16: 9 , *Letter (8.5×11 “), *Legal (8.5×14″), *Half Letter (5.5×8.5 “), 9x13cm (3.5×5″), 13x20cm (5×8 “), 20x25cm (8×10″) , * Envelopes : 10 (4.125×9.5 “) DL (110x220mm), C4 (229x324mm), C6 (114x162mm)
Print Margin : 3mm atas, kiri, kanan dan bawah

Konektivitas
Standard: USB 2.0
Supported OS: Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10
Mac OS X 10.5.8 or later

Harga mesin printable polyflex A3

Dilangsir dari beberapa situs market place harga printer ini memang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan printer EPSON yang belum dimodifikasi cara kerjanya meskipun pada awalnya printer ini basic nya adalah L1800.

Berapa harga pasarannya?

Rp16.500.000

Bahayakah Tinta eco solvent untuk printer Epson Biasa?

Bahaya Printer Epson menggunakan tinta Eco Solvent
Bahaya Printer Epson menggunakan tinta Eco Solvent
Pertanyaan ini sering muncul di benak pengusaha percetakan yang ingin merubah printer inkjet biasa menggunakan tinta eco solvent. Banyak keuntungan yang kita dapatkan apabila printer dapat difungsikan lebih banyak lagi. Bahkan banyak dari pengguna printer Epson A4 mencari informasi tinta eco solvent untuk printer epson l310, L120, L300.dsb

Tapi perlu diingat!
Mengganti tanpa mengetahui perawatannya sangat membahayakan bagian head printer itu sendiri, angan - angan ingin mendapatkan hasil maksimal dari printer yang anda, anda akan mengeluarkan dana membeli head baru karena printer mampet dan tinta eco solvent yang anda gunakan membeku didalam head printer epson.

Kenapa tinta eco solvent berbahaya untuk head printer?
Resiko ini akan anda alami apabila tetap nekat memaksakan printer yang belum dimodifikasi langsung di isi menggunakan tinta jenis ini, seperti yang kita ketahui tinta dye yang umum kita gunakan memiliki partikel warna tinta yang tidak terlalu padat. sedangkan untuk tinta jenis eco solvent ini memiliki partikel tinta yang padat bisa kita bandingkan untuk warnanya lebih kental dan pekat. hal inilah yang menyebabkan print head buntu apabila anda tidak tahu bagaimana cara melakukan perawatannya.

Sehingga pengguna printer dengan tinta yang sudah di modifikasi memerlukan waktu tambahan untuk perawatan printer, baik setelah digunakan atau perawatan printer saat tidak digunakan. jadi perawatan printer ini tidak dapat ditinggalkan meskipun printer tidak ada job pekerjaan. Hal inilah yang terkadang membuat pemilik malas melakukannya padahal apabila kita mau melakukan perawatan.  Mengganti tinta eco solvent pada printer epson tidaklah masalah asalkan sesuai dengan kebutuhan anda nantinya.

Cara Mengganti dari tinta biasa ke eco solvent anda harus menguras nya terlebih dahulu sampai benar - benar bersih dan jangan sampai tercampur antara tinta dye dan eco karena akan menimbulkan ketimpangan pada tinta yang membuat hasil tidak maksimal. Jadi langkah baiknya apabila printer anda ingin menggunakan tinta jenis eco baiknya siapkan printer baru yang langsung di isi menggunakan tinta eco solvent. tapi ada resikonya..

Resiko mengganti tinta printer pada kondisi printer yang masih baru, jelas anda harus siap kehilangan garansi toko baik itu dari segi kerusakan atau yang lainnya. dan printer anda jelas akan dilakukan beberapa modif seperti ganti selang.dsb, selain itu riskan terjadi buntu pada bagian head.

Lantas bagaimana solusi agar printer bisa bekerja dengan baik?
Tentu anda harus memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pewatan printer yang menggunakan tinta eco solvent seperti perawatan printer RDP misalnya, yang selalu ada perawatan harian setelah printer digunakan.

Demikian ulasan mengenai bahaya tinta eco solvent untuk printer epson, sehingga sangat diperlukan sekali cara merawat dan juga pemahaman akan penggunaan jenis tinta ini. semoga mambantu.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »