Baru mesin cutting sticker untuk pemula

4/07/2020
Membahas mesin cutting pasti kita akan mengarah ke pembuatan stiker padahal dengan memiliki mesin cutting ini banyak sekali usaha yang dapat anda gerakkan menggunakan mesin satu ini. jika anggapan anda mesin cutting hanya untuk melakukan pemotongan stiker tentu ini perlu diralat karena jika anda memiliki skill yang berbeda mesin ini akan jauh lebih banyak manfaat.

Mesin cutting stiker dapat difungsikan sebagai pemotong pola, jadi bisa dimanfaatkan sebagai pemotongan pola gambar bahan sablon kaos, seperti polyflex, tranfer paper, kertas craft dan lainnya sesuai dengan kreatifitas yang kita miliki.

Daftar Isi Artikel :
Harga mesin cutting paling murah
Cara menggunakan mesin cutting pemula
Program Aplikasi Yang harus dikuasai dalam usaha cutting stiker
Rekomendasi mesin cutting sticker
Mesin cutting stiker terbaik
Bahan mesin cutting stiker

Jika anda saat ini belum pernah sama sekali dan baru ingin memulai usaha dibidang cutting ini pastikan budget cukup untuk membeli perlengkapan yang diperuntukkan produksi. misalnya mesin cutting, bahan dan komputer atau laptop.

Untuk yang kurang budgetnya anda bisa mencicil satu persatu agar impian anda tercapai untuk usaha dibidang cutting stiker ini. untuk tahap pemula carilah mesin cutting yang harganya murah saja asalkan bisa difungsikan dengan baik.

Harga mesin cutting paling murah

Untuk harga mesin cutting stiker ini memang relatif dan semua tentu sesuai dengan fitur yang dimilikinya. misalnya untuk mesin dengan harga murah bisanya fitur yang didapat juga tidak selengkap fitur dengan harga mesin yang mahal. biasanya mesin mahal dilengkapi dengan fitur Auto
Contour Cut. atau pemotongan otomatis mengikuti garis pola gambar

Tapi perlu diingat untuk membeli mesin mahal pastinya jam terbang mesin cutting sudah tinggi sehingga investasi anda untuk pembeliannya cepat balik modal.

Harga mesin cutting paling murah sekitar 3 jutaan, dengan ukuran maksimal + folio anda dapat menggunakan mesin cutting ini untuk pembuatan stiker motor, sablon kaos, cutting nomor atau tulisan yang bisanya ditempel di tempat - tempat jualan.

anda bisa mendapatkan mesin cuting ini dengan modal yang sangat terjangkau.

Cara menggunakan mesin cutting pemula

Untuk anda yang masih pemula biasanya bingung dengan pilihan mesin cutting yang ada dipasaran berbagai merk. tentu cara menggunakannya pun membuat anda bingung, jujur awal mula saya menggunakan mesin cutting stiker memang bingung tapi setelah paham dasarnya pasti anda akan merasa mudah.

Cara penggunaan mesin cutting ini cukup mudah, tanpa ribet apalagi harus kursus. :-) pada dasarnya mesin cutting sama saja dengan mesin printer. hanya beda cara kerja jika printer mencatak gambar jika cutting memotong pola.

dibawah ini penjelasan ringkas cara menggunakan mesin cutting stiker pemula.
  1. Tancapkan kabel USB 
  2. Instal Driver umumnya untuk cutting jinka terdapat driver
  3. anda bisa mencobanya dengan memasukkan bahan cutting ke area mesin.

Program Aplikasi Yang harus dikuasai dalam usaha cutting stiker

Memulai usaha cutting stiker haruslah menguasai beberapa aplikasi yang menunjang usaha tersebut. agar nantinya ketika ada orderan baik logo ataupun lainnya anda mampu mengerjakannya.

Ada beberapa aplikasi yang harus kita kuasai dalam hal ini adalah aplikasi yang umum :
  1. CorelDraw
  2. Adobe Photoshop
  3. Artcut
Ketiga aplikasi ini sangat penting dalam hal desain, tapi saya sendiri hanya menggunakan coreldraw dan artcut keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

dalam proses desain cutting anda tidak perlu memberikan warna cukup dengan garis - garis saja. dan nanti hasilnya di export ke artcut untuk di lakukan proses cutting. karena jika dari coreldraw ada yang support ada juga yang tidak.

Rekomendasi mesin cutting sticker

Untuk pemula saya menyarankan gunakan mesin cutting dengan pola kerja standard saja disini anda bisa pakai jinka 360. mesin ini dapat anda beli dengan harga yang masih relatif murah karena fitur yang standard.
cutting stiker murah
cutting stiker murah

Sebetulnya jika kita bandingkan cara kerja nya dengan mesin jinka yang besar sama saja, hanya mungkin area kerjanya yang masih ukuran folio sehingga kita harus membidik bisnis yang sesuai dengan ukuran tersebut.

Mesin cutting stiker terbaik

Jika kita bicara mengenai mesin cutting stiker terbaik, saya rasa anda perlu mempertimbangkannya mulai dari merk, namun biasanya yang bagus dan baik itu harganya mahal. jika saya pribadi merk roland adalah terbaik namun ini tentu presepsi orang akan berbeda-beda.

harga mesin cutting roland ini terbilang masih sangat tinggi untuk pemula. jadi ini belum saya rekomendasikan untuk pemula yang baru terjun ke bisnis cutting stiker.

Bahan mesin cutting stiker

Bicara bahan apa yang digunaka oleh mesin cutting stiker artinya anda juga harus tahu usaha apa yang akan dikembangkan. jika usaha sablon digital anda bisa menggunakan bahan polyflex untuk jenisnya sendiri berbeda - beda :
  1. Polyflex PVC
  2. Polyflex PU
  3. Polyflex Metalic
  4. Glitter atau Bling-Bling
  5. Polyflex Printable
  6. Polyflex Carbon
  7. Polyflex Reflective
  8. Polyflex Glow In The Dark
untuk bahan cutting stiker anda dapat menggunakan beberapa model dan variasi warna tapi kita akan mengenal bahan nya saja ya diantaranya :
  1. Oracal
  2. Ritrama
  3. 3M
Kedua bahan diatas tentu memiliki media bidang yang berbeda, jika bahan polyflex untuk ditempel didasar kain dengan cara dipanaskan sedangkan bahan stiker untuk kepentingan stiker mobil, motor.dll

Semoga penjelasan singkat ini menambah wawasan anda. terimakasih

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »