Cara Mengatasi Error Paperjam Printer HP Neverstop 1000 Series

4/12/2020
Cara Mengatasi Paperjam HP Neverstop Laser – Printer pertama di Indonesia yang memiliki terobosan baru mengenai pengisian tabung tinta yang mudah adalah printer HP Neverstop Series, tapi dibalik kelebihan printer HP Neverstop 1000 Series atau type lainnya tentu tidak menjamin printer ini akan terus menerus sehat. adakalanya printer ini akan mengalami masalah diantaranya paperjam.

Problem paperjam pada printer bukan hal yang perlu dibuat panik, karena masalah ini memang sering terjadi pada merk printer lainnya. Paperjam memang kerap tidak dapat dipisahkan dari printer dengan jenis laser.
Error Paperjam Printer HP Neverstop 1000 Series
Error Paperjam Printer HP Neverstop 1000 Series
Mungkin ada yang belum mengetahui, apa sih sebetulnya paperjam? dibawah ini kita akan di ulas menurut ruanganbaca.com mengenai printer paperjam. semoga ulasan ini dapat dijadikan pelajaran baru untuk teman - teman.

Daftar isi Artikel
Apa Arti Paperjam Pada Printer
Penyebab Kertas Paperjam di Printer
Cara mengatasi printer paperjam
Langkah 1 Keluarkan kertas yang macet
Langkah 2 Atur ulang printer

Sebelum kita membahas lengkap mengenai penjelasan bagaimana cara mengatasi printer HP Neverstop 1000 Series yang bermasalah atau paperjam. agar anda lebih detail silahkan simak beberapa penjelasan mengenai paperjam ini.

Apa Arti Paperjam Pada Printer

Problem paperjam akan tampil apabila anda melakukan pencetakan pada printer lalu kertas tidak keluar. maka di layar akan ditampilkan pesan error peringatan paperjam. dengan kata lain paperjam adalah lembar kertas macet yang terjadi pada mesin printer.

Selain itu kode error paperjam akan ditampilkan mesin printer apabila kertas tidak masuk ke printer atau tidak tertarik / tersangkut. Maka printer juga akan menampilkan pesan yang sama.

Penyebab Kertas Paperjam di Printer

Penyebab paperjam pada printer di pengaruhi beberapa faktor misalnya kertas lembab karena semalaman tidak di masukkan ke dalam wadah kertas, kertas kotor, kertas sudah kusam, kertas berlipat, kertas tidak tertata dengan rapi saat dibagian baki atau miring sehingga nyangkut saat ditarik printer, dan masih banyak hal lain yang dapat menimbulkan paper jam pada printer.

dari kasus paperjam yang disebabkan kartas ini mungkin kendala yang masih ringan, apabila paperjam disebabkan dari masa ganti part tentu harus dilakukan perbaikan pada bagian - bagian yang bermasalah. Umumnya part yang menyebabkan paparjam adalah karet penarik kertas sudah licin, dan pemanas mesin printer rusak.

Cara mengatasi printer paperjam

Sebelum kita memulai bagaimana memperbaiki printer paperjam dalam kondisi ini anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa printer memang error yang disebabkan dari paperjam. bukan karena faktor lainnya. bagaimana cara mengetahui kondisi ini?

Pada umumnya printer yang error apabila sedang melakukan print akan menampilkan pesan pada layar monitor mengenai pemberitahuan. atau jika ingin lebih dalam mengetahuinya anda dapat melihat pada lampu panel printer, apakah berkedip.

Cara menangani printer paperjam ini secara umum adalah sama meskipun kali ini kita membahas di printer HP Neverstop 1000 Series. ada beberapa ciri khusus yang dapat kita perhatikan apabila printer HP Neverstop 1000 Series mengalami paperjam.
  • Perhatiakan lampu yang berkedip lampu Kertas dan lampu Lanjutkan menyala . Ini menunjukkan kertas macet di area baki atau kaset input kertas.
  • Lampu Peringatan printer berkedip, dan lampu Kertas menyala . Ini menunjukkan kertas macet di area Drum mesin printer.

Langkah 1 Keluarkan kertas yang macet dari Printer

Dalam tahap ini anda harus memastikan tidak ada kertas yang menyangkut pada area dalam printer sekecil apapun. karena kertas kecil terkadang mengganggu sensor kertas sehingga menimbulkan paperjam.

Apabila terlihat ada kertas yang tersangkut, baiknya tarik secara perlahan - lahan jangan sampai tertinggal robekkan didalam printer.

1. Keluarkan kertas yang macet dari area baki input atau bagian exit kertas.
2. Buka penutup atas, lalu angkat cartridge printer laser

3.Lepaskan penutup baki atau kaset input kertas.

4. Keluarkan tumpukan kertas dari baki input atau kaset.
5. Tarik menggunakan kedua tangan dengan hati - hati kertas yang ada di area baki kertas atau kaset.
6. Pegang bagian drum anda bisa perhatikan tanda panah gambar dengan pegangannya, sejajarkan dengan posisi trek, lalu masukkan ke dalam printer.
7. Tutup penutup atas printer.
8. lakukan percobaan mencetak.

Langkah 2 Atur ulang printer HP Neverstop 1000 Series

langkah setel ulang printer ini bertujuan untuk menghapus kesalahan yang terjadi pada mekanisme printer atau firmware yang tersimpan di printer laser anda. Langkah untuk melakukan pengaturan ulang atau reset printer sangat mudah dilakukan silahkan simak dibawah ini :
  1. Dalam keadaan on secara langsung cabut kabel USB printer
  2. dikuti dengan cabut kabel sumber listrik
  3. lalu dalam posisi printer tidak tersambung kedaya listrik tekan tombol ON selama 10 detik
  4. setelah itu biarkan selama 60 detik
  5. sambung kembali daya dan printer lalu hidupkan kembali
langkah - langkah diatas dapat anda coba, dari keduanya sama - sama untuk mengatasi permasalahan paperjam. langkah diatas jika para printer inkjet biasanya tidak perlu membuka atau mengangkat bagian cartridge apabila jampaper cukup menariknya sama.

Sedangkan pada printer HP Neverstop series ini kita diharuskan mengangkat bagian - bagian yang dianggap perlu dilepas. Semoga langkah diatas dapat menjadi solusi untuk masalah printer paperjam anda. Saran saya jika langkah diatas sudah diperbaiki namun hasilnya tetap saja tidak dapat melakukan pencetakan segera bawa ke service center HP.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »