Solusi fotocopy tidak mau ready Warming Up

4/07/2020
Permasalahan pada mesin fotocopy memang menjadi sebuah momok untuk pembisnis fotocopy. tidak hanya anda yang mengalami problem ini hampir semua pengusaha fotocopy pasti akan merasakan bahkan memang sudah merasakannya.

Fakta dilapangan pengusaha fotocopy memang harus bisa memperbaiki problem mesin meskipun perbaikan - perbaikan yang sederhana seperti mengganti drum.dll tentu ini tujuannya agar anda dapat melakukan secara mandiri apabila memerlukan waktu yang harus segera dilakukan.

Daftar Isi Artikel :
Ciri - Ciri mesin fotocopy tidak mau ready
Cara Mengatasi Mesin fotocopy tidak mau ready canon IR5000 IR6000
Melakukan pergantian hardisk
Melakukan Pembersihan Ram Mesin Fotocopy
Membersihkan DC Control
Mengeluarkan Unit satu dan dua Mesin Fotocopy
Mengganti soket unit satu dan soket lawan unit satu

Perbaikan mesin fotocopy memang haruslah diimbangi pengetahuan, dalam proses ini sama halnya seperti anda melakukan perbaikan pada fotocopy tidak mau ready. ini diperlukan pengetahuan agar anda dapat menyelesaikan problem yang terjadi. sehingga anda perlu dulu melihat ciri - ciri mesin fotocopy yang tidak mau ready.

Ciri - Ciri mesin fotocopy tidak mau ready

Apabila anda saat ini mengalami mesin fotocopy yang hanya menampilkan pesan Warming Up dan meskipun dihidupkan lalu dimatikan pesan ini selalu tampil. artinya memang benar bahwa anda perlu memperbaiki masalah ini.
Solusi fotocopy tidak mau ready Warming Up
Solusi fotocopy tidak mau ready Warming Up

Umumnya mesin fotocopy yang pertama kali dihidupkan memang mengeluarkan pesan Warming Up ini menandakan mesin sedang melakukan pemanasan pada area fixing unit, bisanya proses ini tidaklah lama hanya mambutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 menit.

Apabila lebih dari itu, bahkan tidak ada tulisan ready sama sekali artinya mesin mengalami masalah yang perlu dicek.

Cara Mengatasi Mesin fotocopy tidak mau ready canon IR5000 IR6000

Dalam proses perbaikan mesin fotocopy yang tidak mau ready anda haruslah melakukan beberapa tahapan yang memang berkaitan dengan problem ini. karena untuk masalah mesin fotocopy yang tidak mau ready ini banyak sekali penyebabnya.

Mulai dari hal sederhana sampai dengan hal yang cukup rumit. untuk mengatasi masalah mesin yang warming up terus menerus. dibawah ini ada beberapa langkah yang mungkin bisa dicoba dalam perbaikan mesin.

Melakukan pergantian hardisk 

Langkah ini bisa anda coba untuk mengatasi problem, karena terkadang kerusakan hardisk mesin fotocopy tidak ditandai dengan hal apapun, baik error ataupun hal lain. 

sehingga apabila mesin mengalami kondisi diatas coba untuk mengganti bagian hardisk sementara. apabila masih tetap sama artinya anda harus kelangkah berikutnya.

Melakukan Pembersihan Ram Mesin Fotocopy

Langkah kedua bisa diambil dengan membersihkan RAM fotocopy, caranya cukup mudah anda bisa membersihkan bagian flat kuning hardisk menggunakan penghapus pensil. agar kotoran atau warna lebih kuning.

Atau jika diperlukan coba RAM lain, dan pastikan masalah ini hilang. jika masih sama mengeluarkan warming up yang lama atau bahkan tidak mau ready sama sekali lanjut ke tahap berikutnya.

Membersihkan DC Control

DC control memang terkadang menjadi solusi apabila dari semua tahapan diatas tidak dapat menyelesaikan masalah ini. anda bisa mencoba membersihkan dengan thiner lalu keringkan dan jemur beberapa saat sampai kering. 

Cobalah kembali pasang ke mesin, apabila permasalahan masih juga sama artinya ada hal yang lain yang tidak terkoneksi dengan baik. coba solusi terakhir dibawah ini.

Mengeluarkan Unit satu dan dua Mesin Fotocopy

Cobalah keluarkan unit satu dan dua mesin fotocopy, kita akan melakukan clear error pada mesin fotocopy. Langkahnya :
  1. Keluarkan unit 1 dan 2
  2. Lakukan clear error mesin fotocopy
  3. Matikan mesin
  4. Hidupkan mesin tanpa memasukkan unit 1 dan 2
  5. ketika muncul tanda bar 
  6. masukkan unit 1 dan 2
  7. Lihat hasilnya apakah ada perubahan?

Mengganti soket unit satu dan soket lawan unit satu

Penyebab mesin fotocopy tidak mau ready dan selalu warming up ini juga bisa dipengaruhi tidak terkoneksi dengan baik antara soket dalam mesin. baik itu tertutup debu toner atau lainnya yang menimbulkan masalah.

Debu - debu ini akan menghambat antaran listrik yang dikirim ke heater dan pemanas sehingga mesin selalu warming up. coba lah ganti bagian soket unit dan juga lawannya atau anda bisa mencoba membersihkan semua soket - soket body.

Demikian penjelasan cara memperbaiki mesin fotocopy tidak mau warming UP.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »