Ditemukan Cara Mengatasi Hama Wereng

4/09/2020
Hama Wereng memang sangat menjengkelkan untuk kita sebagai pelaku petani, pasalnya hama ini kerap menjadi momok yang akan merusak tanaman padi. jelas jika hama wereng ini dibiarkan akan merusak tatanan pertumbuhan padi. tentu akan berdampak pada penghasil panan.

Membasmi hama wereng memang sangatlah dianjurkan untuk kita sebagai petani padi untuk menjaga kesuburan dan tanaman padi agar tetap dapat melanjutkan pertumbuhannya sampai dengan panen. Hama ini menjadi ancaman bagi seluruh petani indonesia dan ini merupakan fakta bukan lagi omong kosong.

dilihat dilapangan dari tahun 2017 ini melihat data petani memang terancam dengan adanya hama wereng ini. seperti dikabupaten karawang terdata 900 ha positif terserang hama wereng, hal ini tentu menimbulkan kerugian bagi petani.

Daftar Isi Artikel :

Terdengar kabar dikabupaten Bojonegoro tepatnya tahun 2017 hama wereng dengan luas menyebar keberadaanya hingga menghabiskan 2.500 ha lahan. Selain itu dikawasan sentra padi daerah Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Wonogiri kerap juga diserang hama wareng.
Ditemukan Cara Mengatasi Hama Wereng
Ditemukan Cara Mengatasi Hama Wereng
Serangan dari Hama wereng ini tentu membuat petani menjadi kehilangan hasil panen, terutama yang terjadi di jawa tengah dan jawa barat bahkan lebih buruk lagi di beberapa daerah mengalami puso atau tidak sama sekali mendapatkan gabah. sungguh mengerikan serangan dari hama wareng untuk petani.

Macam - Macam Hama Wereng

Membahas hama wereng tentu memiliki jenis yang berbeda - beda umumnya yang mungkin sering kita lihat adalah hama wereng coklat padahal jenis hama wereng ini banyak sekali warnanya. hama wareng coklat biasanya menyerang pada bagin fisik tamanam padi. 

Hama wereng loreng dan hama wareng hijau keduanya sama - sama dari bentuk tungro, apabila padi diserang hama tungro ini maka akan menyababkan tanaman padi menjadi kerdil dan bulir - bulir padi menjadi tidak berisi atau bahasa jawanya gabug.

Tapi dari kedua wereng tersebut yang paling merusak sampai dipohonnya adalah wereng coklat sebagai sumber utama kerusakan tanaman padi. bahkan petani sangat ketakutan apabila hama ini sudah mulai menempel diarea padi.

Keberadaan hama wereng coklat menyababkan padi menjadi kering, meskipun sebagian kerusakan ada yang skala ringan sampai dengan skala berat. hama jenis ini menyerang tanaman padi hampir ke semua fase pertumbuhan padi. mulai dari pembibitan, fase anakan, sampai dengan fase pengisian bulir padi.

Cara Mengusir Hama Wereng

Hama wereng sebetulnya dapat diusir dan diatasi asalkan kita tahu bagaimana cara mengatasi hama wereng. Nah kebetulan ada sebuah kutipan yang diambil dari tim peneliti balai besar penelitian tanaman padi. terdapat 5 tips dalam mengusir hama wareng ini :
  1. Anda harus menggunakan varietas tanaman padi yang tahan terhadap hama terutama hama wereng
  2. Rajinlah mengamati tanaman padi, agar dapat terlihat apabila terdapat hama
  3. Atur jarak tanaman padi dengan jarak tanam yang tidak terlalu rapat. baiknya menggunakan tanaman jajar 2:1 tau 3:1
  4. Melakukan pergilian varietas padi
  5. Memanfaatkan musuh alami sebagai predator hama wareng, musuh wareng adalah kepik, kumbang, laba-laba serta capung dan belalang.
Apabila hama wareng ini sudah masif serta terlanjur menyerang tanaman padi. baiknya segera lakukan penyemprotan insektisida dengan bahan aktif sesuai label anjuran.

Mengolah Daun sirsak sebagai pengusir hama wereng

Untuk mengusir dan menghilangkan hama padi kita tidak harus bergantung kepada obat - obatan semata, justru sebetulnya banyak cara alami mengusir hama yang dapat dilakukan menggunakan dedaunan. salah satnya adalah khasiat daun sirsak.

Daun Sirsak

Bahan-bahan Membuat daun sirsak sebagai pestisida organik :

Dalam proses pembuatan pestisida organik ini anda perlu menyiapkan beberapa bahan :
  1. satu gengam daun sirsak
  2. dua liter air
  3. dua puluh gram sabun colek
  4. dua puluh siung bawang putih
  5. satu gengam rimpang jeringau.
Khasiat daun sirsak berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan wereng, didalam daun sirsak terdapat enzim yang mampu menghambat serangga tidak mau memakan daun. bawang putih dan jeringau akan bekerja sebagai pengusir hama yang di sebabkan dari baunya yang menyengat.

Bawang putih sendiri mempunyai kandungan alisin yang dapat memperbaharui jaringan sel tanaman yang rusak diserang hama wereng. sedangkan manfaat sabun colek ini adalah tujuannya agar dari keempat bahan tersebut menjadi lengket dan rekat ditanaman saat disemprotkan.

Cara Pembuatan :

Pertama anda dapat mencuci seluruh bahan yang akan digunakan terlebih dahulu, selanjutkan tiriskan hingga benar - benar kering. tumbuk daun sirsak di barengi dengan bahan lainnya seperti bawang putih, rimpang jeringau sampai halus.

Setelah semua halus tambahkan sabun colek dan air. masukkan ke dalam wadah tutup rapat dan diamkan 2x24 jam tujuannya agar semua bahan larut jadi satu. setelah itu saring menggunakan kain sampai disini anda siap menyeprotkan pestisida alami.

Cara Pengunaan :

Setelah disaring maka anda akan mendapati khasiat daun sirsak sehingga akan terlihat kental. agar dapat digunakan encerkan larutan tersebut menggunakan air, perbandingannya 1 liter larutan daun sirsak : 15 liter air. 

sampai disini anda dapat melakukan semprotan pestisida organik buatan dari daun sirsak. dengan cara semprot pada bagian bawah tamanam secara rata.

Semoga apa yang kami bagian bermanfaat untuk menghilangkan hama wareng di sawah tanaman padi anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »