Pengalaman saya saat merakit printer DTG | Gratis Tutorial Merakit DTG

1/17/2020

Pengalaman saya saat merakit printer DTG | Gratis Tutorial Merakit DTG

Penasaran terkadang membuat segala sesuatunya kita terjang tanpa memikirkan resiko dan juga beberapa kendala yang akan dihadapi, hal ini sama saat saya penasaran dengan printer DTG atau printer sablon kaos. tingginya rasa penasaran itu membuat saya pernah tertipu saat membeli di salah satu marketplace saat itu masih bukalapak. sedikit cerita awal tahun 2014 silam saya tertarik ingin membeli mesin DTG di bukalapak dengan harga 4.000.000 (Empat Juta Rupiah), tanpa pikir panjang dan minimnya pengalaman akhirnya saya tranfer dengan nominal diatas pada penjualnya dan saya tunggu printernya datang ternyata saat itu saya tidak sadar kalau kena tipu. setelah uang di tranfer printer tidak datang sampai saat ini juga. kontak penjual tidak bisa dihubungi lagi. sangat menyesal waktu itu tapi nasi sudah menjadi bubur. 

Hingga akhirnya rasa penasaran itu semakin memuncak mengharuskan saya berfikir bagaimana cara merakit printer DTG sendiri. saya cari tutorial diinternet tidak ada satupun yang menjelaskan secara rinci yang memang benar - benar memberikan tutorial detail merakit printer dtg, hingga saya mendapati salah satu situs yang menjual tutorial dalam bentuk PDF kalau tidak salah saat itu harganya 200.000 dan alhamdulilah tutorialnya sampai di email saya dalam bentuk PDF, dari tutorial tersebut saya praktekkan pelan - pelan sambil belajar lagi dan pada tahun 2015 printer DTG saya berhasil dibuat dari bahan material multiplek atau triplek tebal. dan berhasil mencetak beberapa kaos berwarna terang. 

Gratis Tutorial Merakit DTG
Gratis Tutorial Merakit DTG
Fikiran bisnis pun mulai bergelayot di otak ingin rasanya segera membuka usaha DTG ini namun setelah bisnis saya berhasil dibuka ternyata harga jual untuk dikampung dengan kaos yang di bandrol 75.000 plus sablon masih terhitung mahal dan kurangnya daya beli masyarakat setempat membuat saya patah semangat untuk melanjutkan usaha DTG ini. bukan karena pembeli saja yang tidak ada tapi juga biaya operasionalnya juga besar untuk satu botol tinta DTG ini harganya cukup lumayan.

Step By Step Merakit Printer DTG Sendiri

Dalam proses perakitan DTG ini hal yang terpenting adalah mental anda berani atau tidak merusak printer dalam katalain printer harus dipotong bagian bawah kertasnya. adapun beberapa yang harus disiapkan adalah :
  1. Printer Epson
  2. Rangka DTG
  3. Rel Laci
Adapun lebih lengkapnya nanti diakhir tulisan ini akan dibagian tutorial lengkapnya bagaimana cara merakit printer DTG sendiri.

Usaha Sablon Kaos Dengan Printer DTG

Anggap saja pengalaman saya dalam usaha sablon kaos DTG ini adalah gagal, faktornya dari cara saya yang terlalu cepat mengambil keputusan dan gegabah tidak melihat target pasar, target penjualan dan sistem promosi yang kurang tepat. Hal itu tentu bisa dijadikan patokan untuk teman - teman yang memiliki keinginan bisnis sablon kaos, Jangan sampai ceritanya sama seperti pengalaman saya pribadi.

Dalam usaha bisnis DTG ini teman - teman harus bisa melihat peluang dulu, tapi sebetulnya dalam bisnis apapun tentu perlu melihat pasar dulu jangan terburu - buru seperti pengalaman saya. jika pepatah jawanya " LAN WEDI OJO WANI - WANI LAN WANI OJO WEDI - WEDI ".

Kerusakan Mesin Printer DTG yang sering terjadi

Sepengalaman saya pribadi untuk kerusakan pada bagian mesin memang jarang, tapi dibagian tintanya sering mampet entah karena merk tinta yang salah atau apalah sampai saat ini juga belum terpecahkan atau memang cara perawatan mesin DTG yang salah. jadi jika diperhatikan mesin DTG ini harus bekerja setiap hari, karena 2 hari tidak kerja tinta menjadi mempet hasilnya bergaris sedangkan jika kita cleaning terus menerus hasilnya menjadi tinta cepat habis sedangkan biaya tinta nya mahal. membuat bingung kan..

Cara Merawat Printer DTG

Perawatan DTG memang gampang - gampang susah karena sistemnya modifikasi artinya membuat printer yang tadinya cetak kertas menjadi cetak kaos tentu tinta juga harus diganti merawatnya setiap kali printer sudah tidak dipakai beri cairan cleaner pada bagian busa dibawah head agar tinta tidak kering dan mampet di area head printer. rajin membersihkan tumpahan tinta pada area printer terutama pada bagian sisi - sisi dalam mesin.

Selain itu gunakan printer minimal 1x cetak dalam sehari, agar tetap maksimal karena ini juga bagian dari perawatan yang harus kita lakukan.

Download Cara Merakit Printer DTG

Saya sudah siapkan jika yang mau belajar secara lengkap yang mana sebelumnya tutorialnya saya dapatkan dengan cara beli di artikel ini saya bagikan gratis mudah - mudahan bermanfaat buat kita semua dan menjadi sebuah kebaikan untuk saya. tidak perlu membayar untuk tutorial ini teman - teman cukup subscribe dan aktifkan tombol loncengnya saja sebagai ucapan terimakasih ya. di youtube saya :

https://www.youtube.com/c/kangyusuf


https://www.mediafire.com/file/adlojnxawlujzex/tutorial_membuat_dtg_t13.pdf/file

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »