[Panduan Lengkap] Cara full scan dokumen F4 ukuran panjang di scanner biasa dan tidak terpotong

1/03/2020
Mungkin kalian sering kali kesulitan saat mencoba scan dokumen dengan ukuran kertas folio atau sering kita kenal dengan ukuran F4 menggunakan printer atau scanner biasa dengan ukuran A4. Untuk melakukan cara agar hasil scan kertas f4 agar tidak terpotong pastinya kita akan bicara tekniknya seperti apa? Di artikel ini saya sudah praktekkan menggunakan printer canon MP237 tapi ini tidak terpatok pada printer ini saja ya. teman - teman bisa mencobanya dengan printer lain baik itu Epson atau Canon yang terpenting dalam hal ini kita menghadapi kasus yang sama yaitu scan dokumen f4 di scanner a4 agar tidak terpotong.

Seperti yang kita ketahui saat ini memang kebanyakan syarat - syarat dalam administrasi pemerintahan banyak yang menggunakan file scan dan jarang di fotocopy tentu jika kamu sebagai jasa rental fotocopy dan ada jasa scan pasti akan kesulitan saat menerima order dokumen dengan kertas F4, apalagi jika saat ini alat di jasa rental kamu belum lengkap dan tidak dapat melakukan scan F4 pasti bingung kan?

cara scan kertas f4 sebetulnya sudah ada dipasaran scanner yang support dengan ukuran kertas F4 namun harganya masih terbilang sangat mahal, jadi kita pastinya mengakali kekurangan alat yang ada supaya lebih dapat difungsinya asalkan kita mengetahui bagaimana cara scan ukuran f4 di scanner a4 ini. 

Langkah Cara full scan dokumen F4 ukuran panjang di scanner biasa

Dalam scan dokumen F4 ini ada beberapa hal yang mesti kamu siapkan bukan cuma printer saja melainkan harus ada komputer dan beberapa software dibawah ini :
  1. Dokumen F4 (Bisa berupa SKCK atau surat lainnya)
  2. Printer Scanner (Bisa Menggunakan CANON MP237 atau sejenisnya)
  3. Aplikasi Adobe Photoshop di artikel ini saya demokan menggunakan CS3
Jike Semuanya sudah siap, perhatikan beberapa langkah dibawah ini ya agar tidak salah, 
    Tahap Pertama
  1. Scan Dokumen F4 menjadi 2 bagian, yang pertama kali adalah scan bagian dokumen bagian atasnya, kemudian tahap ke 2 scan bagian bawahnya jadi prosesnya agak dimajukan kedepan agar bawahnya terscan dengan baik. perhatikan gambar dibawah ini :
    Tahap Kedua
  2. Perhatikan area merah yang di garis gambar diatas itu merupakan tanda area yang bakal masuk ke hasil scan dan kita harus mengakalinya agar kedua nya menjadi satu halaman.
Jika sudah melakukan scan simpan masing - masing nama file tersebut dengan Nama file 1 dan file 2. Langkah berikutnya kita akan membuka aplikasi Adobe Photoshopnya.
  1. Buka Program Adobe Photoshop, klik menu File > Automate > Photomerge  
    klik menu File > Automate > Photomerge
  2. Lalu, pilih file yang sudah di scan sebelumnya, klik browse masukan file 1 dan 2 lalu klik OK
    Kedua file yang sebelumnya discan akan masuk kedalam menu Photomarge
  3. Proses ini memerlukan waktu beberapa saat, tunggu hingga proses penggabungan selesai, seperti gambar dibawah ini
  4. sampai disini proses selesai, kemudian simpan file dengan format yang kamu inginkan dengan klik menu File > Save > bisa pilih .jpg, .png atau .pdf lalu SAVE (Simpan)
      
     
Sampai disini pastinya kamu akan dapat mempraktekkannya secara langsung bagaimana cara scan dokumen F4 dengan printer. Saya pernah membahas sebelumnya cara lain yang mungkin sebagai pengetahuan untuk kalian semua coba baca disini : Baru Cara Scan Dokumen F4 di Scaner A4 bisa jadi artikel ini sebagai tambahan refrensi cara scan dokumen f4 pada printer.

Demikian penjelasan singkat ini semoga bermanfaat,

Tags :
cara scan dokumen a4 agar tidak terpotong
cara scan kertas f4 dengan epson l360
cara menyambung scan yang terpotong
cara scan f4 di epson l565
cara menggabungkan hasil scan yang terpotong
cara scan kertas f4 di printer brother
hasil scan a4 terpotong
cara scan skck di printer

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »