Download dan Edit Surat Kuasa Pengambilan Uang Pinjaman Di Bank 2020

1/03/2020
Download dan Edit Surat Kuasa Pengambilan Uang Pinjaman Di Bank 2020 - Saat kamu membutuhkan dana yang besar untuk menutupi kebutuhan terkadang harus melibatkan dana dari Bank baik itu bank BRI, BCA, MANDIRI, DANAMON atau bank lainnya yang bisa meminjamkan uang dengan menggadaikan sertifikat rumah, BPKB mobil atau BPKB motor. meskipun cara ini yang paling banyak dipilih kalangan masyarakat tentu tidaklah mudah dalam urus mengurus segala surat menyurat peminjaman Bank. Karena pastinya pihak Bank tidak semudah itu untuk menggelontorkan dana kebutuhan kamu tanpa adanya perjanjian dan surat menyurat lainnya.
Download dan Edit Surat Kuasa Pengambilan Uang Pinjaman Di Bank 2020
Download dan Edit Surat Kuasa Pengambilan Uang Pinjaman Di Bank 2020

Umumnya kita biasanya disodorkan surat pengambilan Uang dibank baik itu pernyataan atau surat kuasa yang ditunjukkan ke pihak Bank tersebut. Dalam Membuat surat kuasa ini pastinya ada beberapa point yang perlu kamu perhatikan coba baca dibawah ini :

Ciri-Ciri Surat Kuasa

Perlu kamu ketahui tidak semua surat yang kita buat di katakan sebagai surat kuasa, karena umumnya surat kuasa harus punya beberapa ciri - ciri khusus yang menjunjukkan bahwa surat yang kamu buat adalah surat pemberi kuasa untuk pengambilan uang. Ada beberapa hal yang membedakan antara surat kuasa dan surat biasa nah kita simak ya ciri - cirinya dibawah ini :

  1. Umumnya surat kuasa berisi pernyataan pengalihan kuasa kepada orang lain yang mana ditulis dan diketahui oleh kamu secara langsung, dengan menyatakan bahwa kamu tidak dapat mengurus pengambilan ataupun mengurus sesuatu sehingga perlu melimpahkan kepada pihak kedua.
  2. Untuk penulisan surat kuasa kamu harus membuatnya terstruktur dan enak dibaca, dan harus mengunakan bahasa Indonesia.
  3. Format dan kaidah penuliasannya pastikan sudah benar dan baik ya.

Isi Surat Kuasa

Dalam membuat surat kuasa tidak semua orang bisa dan dilakukan dengan sembarangan, karena ada beberapa ketentuan yang harus kamu patuhi agar surat yang dibuat terkesan nyata surat kuasa yang menjelaskan atas pelimpahan suatu urusan kepada orang lain. Nah agar surat kuasa kamu diterima saat melimpahkan kepada pihak lain guna urusan pengambilan uang pinjaman di bank BRI pastikan kerangka suratnya sudah baik dan benar. Adapun kerangka surat kuasa seperti dibawah ini :

Identitas Pemberi dan Penerima Kuasa

Identitas harus dicantumkan antara nama lengkap, alamat lengkap, nomor KTP dan data lainnya dan pastikan semuanya harus sama dengan biodata ktp kamu masing - masing baik penerima kuasa atau yang memberikan kuasa atas surat yang kamu buat.

Jangan Lupa saat penulisan kerangka surat kuasa ini cantumkan nomor telpon yang bisa dihubungai agar nantinya apabila ada urusan dengan pihak pertama bank akan mudah menghubunginya. Dengan memasukkan nomor telpon ini setidaknya kamu sudah berjaga - jaga atas tindakan unsur peyalahgunaan surat kuasa pengambilan uang.

Pernyataan Kuasa

dalam membuat konsep surat kuasa ini kamu harus menuliskan dengan jelas dan tidak ambigu atau membingungkan susunan kata - kata dalam membuat surat kuasa ini harus tegas dan lugas serta mudah dimengerti pembacanya misalnya : Saya atas nama dibawah ini memberikan kuasa kepada saudara saya atau saya memberikan wewenang kepada saudara saya.dll
Sehingga dengan konsep memperjelas kata dalam tulisan surat kuasa ini pastinya akan mudah di mengerti bahwa tujuan surat tersebut adalah pelimpahan kuasa.

Kalimat Penutup

Dalam setiap pembuatan surat pastikan semuanya ada kalimat penutup yang mana biasanya dengan contoh :" Demikian surat kuasa ini di jelaskan secara sadar tanpa adanya paksaan dan dorongan dari pihak manapun, semoga surat kuasa ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya".

Tanda Tangan Surat

Surat kuasa yang digunakan untuk pengambilan uang dibank BRI harus di tanda tangani dan di tempel materai 6000. ini dimaksudkan agar nilai surat kuasa tersebut sudah di atas hitam putih hukum yang berlaku di Indonesia.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Pinjaman di Bank BRI


SURAT KUASA

Saya Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                :
Alamat              :
No KTP             :
No HP               :
(Disebuat sebagai pihak I)

Memberikan Kuasa Kepada:

Nama                :
Alamat              :
No KTP             :
No HP               :
(Disebuat sebagai pihak II)

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya Pihak I (Pemberi kuasa) yang menjadi peminjam atau mengajukan pinjaman kepada Bank Rakyat Indonesia (BRI), terkait dengan peminjaman uang.

Untuk melakukan segala prosedur dan menghadiri segala transaksi yang dilakukan di Bank BRI terkait peminjaman uang dan semua hal lainnya bisa dilakukan oleh Pihak II (penerima kuasa) untuk kepentingan peminjaman uang yang dilakukan di Bank BRI.

Surat kuasa saya tulis dalam keadaan sadar dan tanpa adanya unsur keterpaksaan serta dapat dipertanggungjawabkan. Dengan dibuatnya surat ini maka hak retensi dan hal yang mensubstitusi saya kuasakan kepada pihak penerima kuasa.

…(Nama daerah/kota).  …(tanggal, bulan, tahun).

(Tanda tangan penerima kuasa)                                                  (Tanda tangan pemberi kuasa)


Demikian contoh surat kuasa yang bisa kamu ikuti dan sesuaikan dengan keperluan ya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi sebuah contoh surat kuasa pengambilan uang di bank BRI. Untuk Contoh Versi Word kamu bisa download dan edit surat kuasa dibawah ini :

https://docs.google.com/document/d/e/2PACX-1vQLHZkmRTvbd70MvA7YkPtcWh7iXD3o5yftsWtb2rfE5U8MNRUQbej0KWcX3wLU1odmNiCbiHDDq_6v/pub

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »