Siap Download dan Edit Surat Keterangan Ahli Waris

12/15/2019
Mengkonsep surat ahli waris dari awal tentu akan menghambiskan waktu sehingga kita perlu menyiapkan file dan dokumen yang dapat dengan mudah kita edit. salah satunya surat keterangan ahli waris MS.Word anda hanya mengganti nama - nama ahli waris yang bersangkutan tanpa harus mengonsep surat ahli waris dari awal.

Surat keterangan ahli waris ini umumnya diperlukan prihal pembagian tanah atau pemberian warisan tanah dari orang tua atau orang terdekat. Biasanya surat keterangan ahli waris dikeluarkan dari kelurahan dan kecamatan namun tidak menuntut kemungkinan surat ini dapat dibuat secara kekeluargaan saja. asalkan ada saksi dan tanda tangan kepala lingkungan yang bersangkutan di lokasi tenah tersebut.

Cara Membuat surat keterangan ahli waris ini sebetulnya cukup mudah dikonsep, asalkan kedua belah pihak sudah sama - sama menyetujui atas prihal isi surat tersebut. Surat keterangan ahli waris berfungsi untuk membuktikan orang-orang yang berhak menjadi ahli waris atas harta peninggalan sang pewaris.

Tanpa adanya surat keterangan ini seseorang yang dianggap sebagai ahli waris tidak dapat mengambil hak harta tersebut atas peninggalan pewaris. Meskipun terkadang menjadi haknya. Surat ini menjadi sah menurut hukum sehingga tercantum nama dalam surat keterangan ahli waris tersebut. Dalam pengurusan surat ahli waris ini sangat penting karena dari faktor ini terkadang dapat memecah belah keharmonisan keluarga. 

Langkah-langkah membuat surat keterangan ahli waris:

Apabila anda membuat surat keterangan ini di kelurahan atau kecamatan maka ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan untuk membuatnya diantaranya :
a.) KTP
b.) KK yang tercantum nama Almarhum
c.) Surat kematian dari rumah sakit
d.) Surat keterangan penguburan
e.) Catatan sipil kematian
f.) Surat nikah
g.) KTP istri dan anak (bila ada)
h.) Akta lahir seluruh ahli waris

Setelah menyiapkan beberapa berkas diatas anda bisa mendatangi RT/RW setempat untuk meminta surat pengantar. Nantinya proses akan dilanjutkan ke tingkat kelurahan atau kecamatan. Nah dari penjelasan ini pastinya sudah paham kan. Untuk mendownload suratnya silakan klik link dibawah ini.


Incoming search terms:

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »