Kamis, 12 Desember 2019

Komplit Motif Kain Batik Modern Khas Indonesia

Komplit Motif Kain Batik Modern Khas Indonesia  - Motif batik diindonesia bermacam - macam umumnya sesuai dengan daerah pembuatnya, seperti yang kita ketahui saat ini keaneka ragaman budaya indonesia membuat batik juga memiliki khas yang  berbeda - beda pula. Sebagai anak bangsa pastinya kita perlu mengetahui motif - motif batik setiap daerah di indonesia. 

Nah bicara mengenai kain batik pastinya anda juga perlu mengetahui bagaimana cara pembuatan batik, metode pembuatan batik umumnya terdapat tiga macam yaitu batik tulis, batik printing dan batik cap. dari ketiga cara pembuatan batik ini pastinya masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan namun saat ini yang paling sering digemari oleh masyarakat kita adalah jenis batik tulis. Karena dari karakteristiknya memang dibuat secara manual dan harganya biasanya lebih mahal dibanding dengan batik printing dan batik cap.

Dalam pembuatan batik tulis memerlukan pewarnaan yang diolah secara manual dan pencampuran warna - warna yang tidak dapat ditiru oleh pencetakan batik printing, salah satu tinta yang tidak bisa ditulis pada pencetakan batik printing adalah tinta mas atau gold. bentuk tinta gold hanya dapat ditulis dan dilakukan oleh metode manual karena tinta printing hanya terdiri dari tinta dasar saja yaitu merah, kuning, biru dan hitam faktor inilah yang membuat sulit untuk mencetak warna - warna gold, silver pada cetakan batik printing.

1. Motif Batik Lampung

Kain Batik Lampung
Kain Batik Lampung
Membahas kain batik tentu banyak sekali salah satunya adalah di daerah Lampung, terdapat kain batik yang sering digunakan bahkan batik lampung pernah mengikuti ajang pestival internasional yang dibawkan oleh salah satu model.

2. Motif Batik Jlamprang - Pekalongan

Batik Jlamprang
Batik Jlamprang
Motif batik jlamprang ini banyak sekali kita temukan di daerah pekalongan, sebagian besar masyarakat pekalongan memproduksi batik jenis ini. Umumnya motif batik pekaloangan sebagian besar membentuk bintang atau mata angin, dan bagian canting yang digunakan berbentuk segi empat.

3. Batik Terang Bulan - Jogja

Batik Terang Bulan - Jogja
Batik Terang Bulan - Jogja
Motif batik terang bulan yang saat ini kerap dijuampai di kota jogja adalah bentuk seperti gambar diatas, meskipun setiap priode batik ini berganti motif namun semakin tahun motif batik terang bulan jogja ini semakin kekinian.

4.Motif Batik Aceh

Motif Batik Aceh
Motif Batik Aceh
Jika kita perhatikan ciri khas batik aceh adalah menggunakan paduan unsur alam dan budaya dari masyarakat aceh, Warna batik aceh lebih mendominasi menggunakan warna - warna cerah dengan keberanian memainkan corak warna - warna itu menjadikan batik aceh terkesan unik, selain itu karena aceh termasuk memiliki pengaruh agama yang kuat sehingga jarang sekali aceh membuat motif batik hewan ataupun makhluk bernyawa.

5. Motif Batik Bali

Motif Batik Bali
Motif Batik Bali
Motif bali dapat dicirikan dari khas daerahnya yang mana biasanya didominasi gambar lambang daerah seperi naga, burung, kura - kura, rusa dan lainnya. 

6. Motif Batik Banyuwangi

motif batik banyuwangi
motif batik banyuwangi
 
Motif batik Banyuwangi ini adalah jika kita perhatikan disuguhkan segala bentuk perwujudan ciri khas daerah banyuwangi itu sendiri. batik Banyuwangi ini dibuat biasanya berdasarkan estetika keadaan alam.
Banyak motif batik banyuwangi yang mengedepannya nilai - nilai estetika yang menggambarkan jati diri masyarakatnya. 

[Bersambung...]
 

Ruanganbaca: Komplit Motif Kain Batik Modern Khas Indonesia

Comments