Ketahui Jenis printer untuk cetak kain sebelum membeli

Ketahui Jenis printer untuk cetak kain sebelum membeli  - Teman - teman saat ini sedang trand usaha dibidang textile salah satunya sablon digital yang sedang mendominasi beberapa kalangan usaha, Namun dalam membangun bisnis ini tidaklah hanya membutuhkan skill desain saja melainkan harus memiliki mesin yang diperuntukkan mencetak bahan dasar kain.

Jika anda mencari mesin cetak kain pastinya jangan salah beli dan perhatikan jenis mesin yang bagaimana yang akan anda butuhkan. Karena ada beberapa model jenis mesin cetak bahan kain ini dan penggunaanya berbeda - beda. Tidak dipungkiri dalam dunia bisnis percetakan baik itu sablon ataupun percetakan textile pastinya memerlukan sebuah alat berupa mesin yang dapat mencetak agar memudahkan kita saat proses kerja.

Untuk printer kain ini ada yang bisa digunakan untuk print hijab, print sarung bantal, print jersey bola, print pakaian dan masih banyak lagi kegunaanya. peluang bisnis print textile ini memang masih terbuka lebar bukan hanya di satu kreasi saja melainkan bisa dikembangkan di kreasi dengan ide - ide yang anda inginkan,

Banyak pembisnis printing textile ini membuat berbagai macam produk mulai dari kaos, merchandise, sarung bantal, batik, jilbab dan masih banyak model produk yang dihasilkan oleh cetakan printing textile. atau bahkan mesin printer ini dapat mencetak bahan bendera, umbul - umbul dan spanduk.

Dalam membeli mesin printer textile ini pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan ranah bisnis apa yang anda akan kembangkan. misalnya anda fokus ke bisnis cetak kaos jersey full printing, sarung bantal full printing, hijab full printing maka anda memerlukan mesin sublim untuk melakukan pekerjaan ini. dan Apabila anda berfokus pada cetakan gambar - gambar pada kaos seperti layaknya sablon yang tidak full printer DTG bisa menjadi jawabannya.

2 Macam Mesin Printer Cetek Textile Yang Paling Umum

Printer Ploter Sublime

Printer jenis sublime ini cara kerjanya harus ditranfer lagi ke media bahan, untuk bahan yang dapat di tranfer dengan tinta sublim biasanya terdapat bahan khusus dan tidak direkomendasikan untuk mencetak bahan cotton 100% misalnya Kain Polyester / TC.

Hasil pekerjaan menggunakan printer jenis sublime ini anda bisa melihat baju - baju jersey atau motor cross yang bisanya terdapat full print. Untuk lebih jelasnya anda bisa memperhatikan alur kerja printer jenis ploter sublim untuk cetak bahan textile dibawah ini :


Jika kita perhatikan pada gambar diatas, proses sumblimasi di cetak sebelum kaos atau bahan dibuat, jadi biasaya masih bersifat lembaran kain yang nantinya akan dipola berdasarkan hasil cetak sublim menggunakan mesin sublimasi.

Printer Direct To Garment DTG

Printer ini sering digunakan dalam bisnis sablon digital satuan, proses kerja menggunakan printer ini berbeda dengan sistem sublimasi, yang mana tinta secara langsung ditulis di dasar kain berbahan cotton, dipasaran biasanya printer DTG ini terdapat dua model yaitu printer DTG untuk kaos gelap dan printer DTG untuk kaos warna - warna terang.

Untuk harga biasanya lebih mahal mesin DTG yang mampu mencetak di kaos berwarna gelap dan biaya perawatannya pun lebih mahal dibanding DTG kaos terang. Hal ini yang menjadi pembeda adalah adanya tinta putih pada DTG kaos gelap.

Adapun proses alur kerja penggunaan mesin DTG ini sebagai berikut :


Jika kita perhatikan pada alur kerja diatas, sablon atau cetak gambar pada media textile ini menggunakan proses pre treatment yaitu melapisi bahan khusus terlebih dahulu pada kaos yang akan dicetak tujuannya agar tinta lebih menyerap dan menempel pada bahan. dan hasil sablon lebih tahan lama. Proses ini juga tujuannya agar serabut benang pada kaos tidak mengganggu saat proses pencetakan.

Dua model mesin diatas, banyak dijual dipasaran. untuk mesin DTG ini dipasar lokal terdapat model rakitan dari printer Epson. Jadi apabila ingin membelinya pastikan printer rakitan anda di proses oleh orang - orang yang sudah berpengalaman. Namun jika modal anda cukup bisa langsung membeli printer DTG Epson.

Tag :

harga mesin printing kain epson sc f6270
harga mesin printing kain texco scf 1800
printer untuk kain flanel
printer sublimasi
harga texco starling
printer kain kecil
harga mesin print hijab
mesin printing jersey bola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel