Download Contoh Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD)

12/13/2019
Download Contoh Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD)  - Surat Keterangan bersih diri atau sering disingkat SKBD adalah surat yang menyatakan atau berisi penjelasan bahwa yang bersangkutan pada surat tersebut tidak telibat dalam G30S PKI atau organisasi terlarang lainnya serta berkelakuan baik. Surat ini juga dikeluarkan bahwa menyatakan yang bersangkutan tidak pernah tersangkut dengan Perkara Pidana atau perdata.

Surat keterangan bersih diri biasanya disyaratkan pada saat pendaftaran PNS, Daftar polisi, Mendaftar menjadi anggota dewan, calon Lurah, calon camat, calon kepala desa / kepala pekon, atau persyaratan lainnya dengan tujuan untuk data administratif.

Format Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD)
Format Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD)
Dalam pembuatan surat ini memang harus dicantumkan kedua orang tua oleh karenanya jika orang tua dimasa lalunya pernah tersandung dengan ikatan G30S PKI maka yang bersangkutan tidak akan lolos dalam seleksi apapun baik itu PNS, Daftar polisi, Mendaftar menjadi anggota dewan, calon Lurah, calon camat, calon kepala desa / kepala pekon. Hal ini terkadang menjadi pemberat bagi anak yang tidak tahu menahu masalah ini, namun karena faktor orang tua bisa menjadi fatal.

Syarat pembuatan Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD)  

Umumnya pembuatan surat ini yang harus disiapkan adalah :
  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotocopy
  2. Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy
  3. Pas Foto berwarna yang bersangkutan dan kedua orang tuanya (Ayah dan Ibu) ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar

Prosedur pengajuan Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD)

  1. Pemohon mendatangi Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) setempat dimana pemohon tinggal dan meminta Surat Pengantar untuk mengurus Surat keterangan Bersih Diri (SKBD) dengan membawa syarat ang telah ditentukan.
  2. Pemohon mendatangi kantor Kelurahan / Desa / Kampung atau sebutan lain dengan membawa Surat Pengantar pengurusan Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD) yang telah ditandatangani oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga(RW) serta persyaratan lainnya.
  3. Petugas di kantor Kelurahan / Desa / Kampung atau sebutan lain memeriksa dan meneliti berkas yang diajukan oleh pemohon.
  4. Setelah berkas lengkap, petugas di kantor Kelurahan / Desa / Kampung atau sebutan lain meregistrasi berkas dan meminta tanda tangan Lurah / Kepala Desa / Kepala Kampung atau sebutan lain.
  5. Kemudian petugas di kantor Kelurahan / Desa / Kampung atau sebutan lain menyerahkan kembali berkas kepada pemohon.
  6. Pemohon mendatangi loket seksi Pelayanan Umum Kantor Kecamatan setempat dengan membawa berkas lengkap.
  7. Pada waktu yang telah ditentukan, pemohon mendatangi kembali loket pelayanan umum kecamatan untuk mendapatkan Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD).
Sumber : http://yogaabadi14.blogspot.com/2017/04/s-urat-keterangan-bersih-diri-skbd.html 

Format Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD) :

Dalam membuat SKBD ini terdapat format yang harus anda buat, untuk mengkonsepnya pastikan terdapat kolom yang digunakan utuk menempel foto. 




https://docs.google.com/document/d/1CEXGGRk37bDlhetuG0c8oBgxx-snzPYnrr7FktUiPPQ/edit?usp=sharing

Tag :
contoh surat skbd dari koramil
syarat pembuatan skbd tni
cara membuat skbd di kodim
cara membuat skbd untuk daftar tni
surat keterangan bersih diri online
contoh surat skbd tni ad
cara membuat skbd tni 2018
persyaratan skbd tni

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »