Perbedaan Antara Laminasi Dan Laminating

11/02/2019
Ruanganbaca.com - Kita pastinya tidak asing lagi dengan nama laminating dan mungkin akan terasa asing ketika mendengar kata laminasi, apasih perbedaan keduanya. bahkan terkadang disebut - sebut ada laminasi dingin dan ada laminasi panas pastinya semakin membuat kita penasaran apa perbedaan antara keduanya.

Dalam kehidupan sehari - hari laminating sendiri sering kita jumpai di banner fotocopy-an, laminating dokumen atau surat tujuannya tentu agar menjaga dokumen tersebut tidak mudah rusak baik dari air atau dimakan rayap. Ciri dokumen yang sudah di laminating adalah dilapisi plastik yang bentuknya keras atau biasanya menggunakan plastik laminating yang ketebalannya 100 micron. 

Perbedaan Laminasi dan Laminating
Sedangkan untuk laminasi sendiri berbeda dengan laminating meskipun keduanya dilakukan cara yang sama prosesnya yaitu pelapisan pada sebuah dokumen tapi plastik yang digunakan ketebalannya beda.

Pengertian Laminasi Secara Bahasa


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) laminasi adalah pelapisan bahan tipis pada kedua sisinya. Sedangkan arti dari laminating adalah melapisi dokumen yang tipis dengan lapisan yang tebal (keras) pada kedua sisinya.

Jika kita perhatikan kedua pengertian diatas sama karena cenderung dengan menggunakan kata pelapisan atau perlindungan terhadap kertas yang kita beri laminasi atau laminating. Secara garis besar apa sih sebenarnya perbedaan Laminasi dan Laminating.

Perbedaan Laminating Dan Laminasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas menurut kamus Bahasa Indonesia, kita akan perjelas lagi pengertian keduanya berdasarkan pengalaman dan juga pemahaman penulis antara perbedaan laminating dan laminasi.

Secara umum laminating adalah melapisi kertas dengan proses lembaran bahan plastik yang digunakan memiliki ketebalan rata - rata 100 micron hasilnya adalah keras, bahan laminating ini adalah seperti gambar dibawah ini :

Bahan Laminating
Laminating biasanya digunakan untuk ktp, dokumen seperti kartu keluarga, ijazah, akte kelahiran, serfitikat. dll yang berbentuk lembaran.

Sedangkan untuk laminasi sendiri biasanya bahannya roll atau gulungan yang panjangnya bisa 30 meter, bahan yang digunakan lebih tipis dari bahan laminating bahkan ada yang lebih tipis dari selembar kertas. bahan laminasi ini adalah seperti gambar dibawah ini :
Bahan Laminasi

Laminasi sendiri biasanya untuk melapisi undangan, stiker, brosur, dll yang membutuhkan pelapisan tipis sebagai pelindung dari air dan juga ketahanan akan goresan.

Alat yang digunakan untuk proses pelapisan keduanya  berbeda meskipun keduanya berbahan sama - sama plastik. karena jenis laminasi plastik nya gulungan sehingga alat yang digunakan terdapat tiang peyangga yang digunakan untuk memasang roll laminasi. 

Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi karena banyak orang - orang yang kreatif membuat alat laminating jadi laminasi, tentu cara ini menjadi lebih murah tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli alat laminasi. karena dibuat dari pipa paralon. atau bahkan banyak yang mengakalinya membuat peyangga laminasi pada mesin laminating agar dapat difungsikan sebagai alat laminating dan laminasi.

Cara Membuat alat laminating jadi laminasi ini cukuplah mudah anda bisa memulainya dengan menggunakan pipa paralon kecil yang dipotong menjadi beberapa bagian sehingga dapat difungsikan sebagai penyangga gulungan bahan laminasi. 

Perbedaan Laminasi dingin dan Laminasi Panas


Setelah kita mengetahui antara perbedaan laminating dan laminasi, sekarang kita akan bahas apa itu laminasi dingin dan laminasi panas? dari kedua proses ini sebetulnya untuk menghasilkan yang sama namun cara kerjanya berbeda.

Untuk laminasi panas pengerjaannya menggunakan proses pemanasan mesin laminasi yang menggunakan listrik, sedangkan laminasi dingin ini bahannya seperti plastik stiker anda bisa memisahkan antara belakang dan depannya lalu ditempelkan pada lembaran yang akan dilaminasi. mesin yang digunakan juga disebut sebagai laminasi dingin yang tidak membutuhkan listrik. sebelumnya kita pernah membahas macam - macam plastik laminating anda bisa lebih mempelajari lagi disana.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara laminasi dan laminating yang harus diketahui sebagai pengusaha fotocopy, percetakan atau bisnis yang bergerak dibidang jasa digital. Semoga penjelasan ini dapat memberikan wawasan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »