Cara Mudah Burning File ke dalam CD Tanpa Software

11/22/2019
RuanganBaca.com - Biasanya kita mengenal dengan kata Burning atau lebih detailnya adalah proses memasukkan file kedalam CD atau DVD yang mana metode ini hampir sama seperti menyimpan file kedalam USB hanya saja umumnya untuk penyimpanan file di CD atau DVD ini tidak dapat terkena virus. Dalam tahap Burning ini biasanya kita harus menyiapkan aplikasi Nero namun apa yang kita lakukan jika aplikasi nero tidak terinstall di komputer. Apalagi komputer yang kita gunakan adalah warnet pastinya aplikasi jenis ini jarang dijumpai.

Terkadang Pelajar atau Mahasiswa di tugaskan untuk mengumpulkan tugas materi berupa file CD / DVD tujuan utama meraka biasanya adalah warnet atau tempat rental fotocopy. Dalam hal ini tentu untuk kalangan pembisnis rental haruslah paham akan cara burning kaset CD atau DVD tanpa menggunakan aplikasi agar proses ini lebih cepat dilakukan.

Meskipun umumnya software burnig CD / DVD bisa anda dapatkan dengan mudah dan bermacam-macam misalnya NERO, PowerIso, ImgBurn dan masih banyak lainnya. Namun tidak ada salahnya cara yang paling cepat dan bawaan dari windows ini anda manfaatkan guna mempersingkat waktu dalam memburning. Jika anda sudah memahami cara ini pastinya akan membandingkan kecepatan dari segi burning tanpa harus repot mencari dan membuka aplikasi - aplikasi tersebut.

Sistem Oprasi Windows sudah tahu akan kebutuhan penggunanya sehingga menyedikan fitur burning ini. Selain anda akan dibuat ribet pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam menginstall aplikasi pihak ke tiga. Apalagi jika belum tahu cara penggunaan software seperti Nero, PowerIso pastinya semakin lama saja tugas kita dalam memburning kaset. Sebelumnya kita pernah membahas membuat stiker kaset CD atau DVD anda bisa mendownloadnya disana. 

Selain Burning dan juga membuat label stiker CD teman - teman bisa membuat template kotak kaset dengan mudah, di artikel berikutnya kita akan bahas mengenai cara membuat template kotak kaset siap download dan edit.

Dibawah ini kita akan ulas bagaimana cara memasukkan file kedalam kaset atau biasanya disebut dengan burning tanpa menggunakan software apapun.

Siapkan CD/DVD kosong untuk proses Burning

  • Masukkan CD / DVD kosong kedalam CD-ROOM yang ada pada komputer atau laptop anda. Jika sudah klik pada local CD yang baru dimasukkan tadi. biasanya posisinya dibawah dari Local C atau Local D.
  • Maka akan ditampilkan dua pilihan antara USB flash drive dan juga CD/DVD player gunakan yang kedua. yaitu CD/DVD player. Maka bisa kita lihat ini didalamnya Blank.
    Cara Burning CD / DVD tanpa Software
    Cara Burning CD / DVD tanpa Software

Proses Burning Files

  • Pada Tahap ini anda tidak perlu lagi membuka aplikasi apapun. 
  • Copy File yang akan di burning kedalam CD / DVD lalu Paste
  • anda dapat memasukkan beberapa file yang dibutuhkan didalamnya sekaligus dengan cara di Copy Paste.
  • Jika dirasa sudah tidak ada yang tertinggal dan sudah siap diburning langkah selanjutnya adalah Klik kanan pada area tersebut dan klik Burn to Disc.
  • Setelah klik Burn to disk biasanya akan menampilkan jendela baru dimulai dari disk title yang artinya anda harus memasukkan nama dari CD / DVD tersebut nantinya. seperti gambar dibawah ini :
    Setelah Disk title di isi klik Next, maka akan ditampilkan proses Burning CD tunggu sampai CD/ DVD keluar dengan sendirinya dari CD Room.
Apabila proses burning telah selesai namun kaset tidak keluar secara otomatis teman - teman bisa klik kanan pada local CD pilih Eject.

Dengan Cara ini teman - teman sudah berhasil memburning Kaset CD / DVD tanpa menggunakan aplikasi apapun. dan mutlak bawaan Windows saja. Pastinya cara ini paling mudah untuk memburning file tugas atau dokumen - dokumen anda yang akan dimasukkan kedalam kaset CD / DVD. 

Demikian Penjelasan singkat mengenai buning kaset tanpa software semoga bermanfaat dan dapat dengan mudah diikuti ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »