Recent Posts

Cara Mengatasi Tombol Reset mesin fotocopy tidak berfungsi

Saat mesin fotocopy mengalami error langkah pertama adalah dengan mencoba mereset mesin fotocopy agar permasalahan hilang, Namun ada masalah yang sering terjadi ketika kita menekan tombol reset mesin tidak bekerja apapun alias tidak fungsi.  Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa hal tersebut terjadi disebabkan karena kondisi tombol reset rusak dan perlu diperbaiki.

Sebagai pembisnis fotocopy pemula terkadang kita dibuat bingung dengan problem seperti ini pastinya akan bertanya - tanya langkah apalagi yang harus diatasi. Anda harus melakukan perbaikan pada bagian tombol reset terlebih dahulu agar mesin dapat melakukan respon ketika di tekan bagian resetnya.
Cara Mengatasi Tombol Reset mesin fotocopy tidak berfungsi
Cara Mengatasi Tombol Reset mesin fotocopy tidak berfungsi

Banyak cara yang harus anda lakukan untuk memperbaiki hal tersebut agar tombol reset mesin dapat diperbaiki, salah satunya dengan menggantinya. Namun langkah ini belum tentu dapat mengobati problem tersebut, Karena masalah ini ada beberapa kaitannya dengan sumber lain. Jadi sebelum mengganti tombol reset baiknya perhatikan terlebih dulu hal - hal yang berkaitan dengan hal ini.

Kerusakan yang terjadi pada tombol reset mesin fotocopy memang jarang ditemui, karena memang bagian ini sangat jarang di tekan - tekan jika tidak ada masalah pada mesin fotocopy. Namun seiring usia mesin fotocopy anda biasanya hal ini akan ditemui kapan saja. Jadi sebelum hal ini terjadi anda bisa stok tombol reset ini mungkin satu sampai dua untuk jaga - jaga.

Pernah ada beberapa pengalaman pemakai mesin fotocopy yang mengalami hal serupa entah hanya kebetulan atau tidak beliau memperbaikinya hanya dengan di korek - korek menggunakan cutter saja. alhasil masalah selesai dan tombol dapat berjalan lancar seperti biasa. Nah apabila kita analisa dari cara memperbaiki yang mungkin terlihat extreme bisa saja mungkin bagian tombol reset ini kotor.

Jadi menjaga kebersihan mesin fotocopy juga termasuk langkah pertama yang dilakukan dalam setiap perawatan agar mesin selalu optimal dan dapat diajak kerja. Seperti yang kita sadari mesin fotocopy untuk usaha sangat berbeda dengan mesin untuk kantor. kinerja mesin usaha lebih berat dibanding dengan mesin kantor jadi wajar saja terkadang mesin mengalami kendala.

Setiap problem yang ada baik sulit ataupun mudah, tentu ada cara perbaikannya termasuk cara memperbaiki tombol reset yang tidak berfungsi. Jadi jangan khawatir semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Jadi jika anda pengusaha fotocopy pemula jangan panik untuk menghadapi setiap troble mesin photocopy. bisa jadi dengan hal - hal error mesin anda akan banyak belajar dan berpengalaman.

Selain pengalaman memperbaiki dengan cara dikorek - korek yang menurut saya tidak direkomendasikan karena jika terjadi kesalahan akan fatal akibatnya. 

Penyebab Tombol Reset Tidak bisa Berfungsi Pada mesin fotocopy

Permasalahan ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya :
  • Tembaga tombol yang kotor
  • Jalur PCB dekat kaki - kaki tombol ada yang putus
  • IC Tombol Angka Mati
  • Tertutup debu 

Dengan anda mengatahui penyebabnya tentu dapat ditarik solusi dan cara memperbaikinya. Nah langkah pertama coba bersihkan bagian tembaga kaki - kaki tombol menggunakan braso dengan hati - hati, Cek Jalur Kaki - Kaki Tombol apakah ada yang lepas atau putus jika iya coba tempelkan dengan cara di solder, Bersihkan menggunakan kuas kecil di khawatirkan tertutup debu. Terakhir jika masalah masih sama coba ganti IC tombolnya biasanya hal ini sudah rusak.

Berdasarkan pengalaman problem ini dapat diatasi hanya dengan membersihkan tembaga yang ada pada kaki - kaki tombol. Namun hal ini bisa saja berbeda dengan problem mesin anda saat ini. Untuk memperbaiki tombol reset mesin fotocopy canon IR ini bisa anda peraktekkan sesuai dengan yang sudah dijelaskan diatas. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel