Cara Mengatasi scanner mesin fotocopy macet

11/09/2019
RuanganBaca.com - Problem Scanner mesin fotocopy berhenti ini pernah dialami salah satu sahabat pengusaha fotocopy yang mana kondisi ini awalnya mesin baik - baik saja tidak ada hal yang mencurigakan bahkan lampu scanner mesin fotocopy hidup normal tampak tidak ada masalah yang mencurigakan. Namun tiba - tiba saja saat copy dalam jumlah banyak scanner mesin berhenti di tengah tidak bisa full memindai master kertas dikaca mesin. 

Atas problem ini tentu menyebabkan hasilnya setiap tulisan atau gambar menjadi memanjang seperti tertarik atau beleber. Sebagai pengusaha fotocopy pemula tentu dibuat bingung dengan masalah ini beliau ingin memanggil jasa teknisi namun harus menunggu beberapa hari karena jarak tenisi jauh dari lokasi.

Hingga akhirnya beliau menghampiri saya dan mengobrol mengenai problem scanner mesin fotocopy macet. mendengar penjelasan mengenai masalah yang ada pastinya hal ini harus segera di atasi apalagi sedang banyak garapan soal yang antri menunggu di fotocopy. 

Cara Mengatasi scanner mesin fotocopy macet
Cara Mengatasi scanner mesin fotocopy macet
Tidak fikir panjang saya bergegas mengujungi workshop beliau kebetulan hanya jarak kisaran 1 km dari tempat workshop saya. Meskipun di dalam hati bertanya - tanya dan bergumam apa sebetulnya masalah yang menimpa mesin beliau sehingga menyebabkan scanner mesin fotocopy berhenti dan tidak dapat full men-scan.

Problem ini kebetulan menimpa fotocopy canon IR 3245 namun saya rasa untuk mengatasi masalah yang sama umumnya cara memperbaikinya tidaklah jauh berbeda. feeling saya pasti ada benda yang menghambat jalannya scan sehingga menyebabkan berhenti di tengah dan tidak melanjutkan scan. 

Mengatasi scanner mesin fotocopy macet

Hal yang pertama saya cek saat mulai memperbaiki mesin adalah bagian kaca atas dibuka lalu geser scan secara manual, yang di khawatirkan ada yang mengganjal namun hasilnya tidak ada benda yang menghambat namun memang saat di jalankan scanner terasa berat. jelas ini semakin membuat saya penasaran.

Langkah kedua saya coba untuk melakukan cek pada kabel fleksibel yang terdapat pada bagian PCB Reader letaknya tepat dibagian bawah ADF kabel PCB ini berhubungan ke CCD. Namun tidak ada hal yang mencurigakan disana.

Setelah hampir satu jam mencari problem ini sungguh membuat lelah, namun jika ini dibiarkan maka mesin fotocopy tidak akan dapat berfungsi dan kerjaan akan banyak terbengkalai. Hingga saat sedang utak atik tidak jelas menemukan kejanggalan pada bagian gear scanner sayangnya saat itu saya tidak memfoto jadi mungkin tidak dapat memberikan gambaran jelas dimana letaknya.

Namun problem ini sudah dapat diatasi permasalahannya ternyata Gear scanner pecah, dan setelah diakali hasilnya dapat berjalan seperti semula. 

Jika teman - teman mengalami problem yang sama bisa lakukan beberapa langkah diatas untuk perbaikannya. Namun bisa jadi solusinya berbeda karena kerusakan yang sama belum tentu yang menjadi problem saja juga. Jadi harus dianalisa terlebih dahulu bagian - bagian yang mencurigakan. Demikian penjelasan mengenai Cara Mengatasi scanner mesin fotocopy macet. semoga bermanfaat 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »