Cara Mengatasi Hasil fotocopy Semakin Pudar Konica Minolta Bizhub 501

RuanganBaca.com - Sebagai pengusaha fotocopy pemula khususnya pengguna mesin fotocopy Minolta bizhub terkadang kita kewalahan untuk mengatasi hasil mesin fotocopy yang lama - lama pudar, Problem ini pernah menimpa salah satu sahabat yang mana dalam mengatasinya mengalami kesulitan sendiri.  Ciri kerusakan ini adalah awalnya fotocopy 1 sampai dengan 5 lembar mesin ini bagus. Namun lebih dari itu hasilnya semakin tidak jelas dan semakin banyak semakin tidak kelihatan. Gejala ini muculnya tiba - tiba awalnya mesin tidak pernah ada tanda - tanda problem seperti ini.

Sudah beberapa kali mengatasinya dengan menambahkan developer dan toner namun hasilnya sama saja, Untuk problem hasil fotocopy pudar ini saya rasa tidak terjadi hanya pada Fotocopy Minolta Bizhub 501 saja bisa juga pada mesin type diatasnya atau dibawahnya sama persis masalahnya dan penyelesaiannya juga sama. Jadi untuk anda yang memiliki type mesin yang berbeda jangan beranjak dulu dari artikel ini.

Banyak sekali cara mengatasi problem hasil fotocopy semakin pudar ini karena memang kondisi ini kerusakannya tidak dapat di cek pada satu titik saja melainkan harus mengkondisikan masalah ini pada bagian - bagian yang masih terkait. 

Mengatasi Hasil fotocopy Semakin Pudar Konica Minolta Bizhub 501
Mengatasi Hasil fotocopy Semakin Pudar Konica Minolta Bizhub 501
Cara memperbaiki masalah ini sebetulnya bisa dilakukan oleh user yang masih awam dengan mesin fotocopy namun apabila masalah lebih mendetail lagi saran saya serahkan saja pada ahlinya yang dikhawatirkan anda bukannya memperbaikinya malah membuat masalah semakin parah. 

Tahapan Perbaikan Mesin Fotocopy hasil Tidak Jalas

Yang pertama sebelum anda langsung menguras developing baiknya ada beberapa hal yang perlu dicek agar pekerjaan tidak sia - sia.
  1. Periksa bagian Drum mesin apakah sudah minta diganti atau masih layak pakai, karena drum ini sangat dominan yang membuat hasil fotocopy tidak jalas. 
  2. Periksa bagian Settingan program Pengaduk Toner dan Developer jika di mesin bizhub 350 adalah ATDC
Jika anda sudah melakukan beberapa tahapan diatas, Namun problem belum bisa juga diatasi silakan perhatikan beberapa ulasan diabawah ini :

Cara Memperbaiki Hasil Fotocopy Setelah Banyak Hasil Pudar

Pertama untuk mengatasi masalah ini cobalah dengan mengecek bagian Hopper karena faktor utama kurang maksimalnya toner dan developing disebabkan karena faktor hopper yang mengalami masalah. Anda bisa mempelajari cara membuka hopper mesin fotocopy konica minolta bizhub, letaknya tepat dibagian belakang mesin. Masalah umum biasanya busa pada hopper telah menipis jadi bisa di perbaiki dengan menambahkan lakban.

Selain bagin busa pada hopper anda bisa cek pada bagian gear hopper bisa juga ada yang rompal selain itu coba untuk kuras toner yang berada pada bagian hopper mungkin saja banyak gumpalan yang mengeras, sambil mengecek gear jika semua tidak ada yang rompal pasang kembali berikutnya lakukan TCR ulang usahakan dibawah 50.

Apabila sudah melakukan langkah diatas namun problem hasil fotocopy semakin lama menjadi pudar bisa coba mengganti bagian NVRAM jika anda memiliki dua mesin coba untuk menukarnya untuk mengecek apakah NVRAM ini yang menjadi penyebabnya. Karena ada salah satu pengalaman pengguna Fotocopy Konica Minolta Bizhub yang mengalami problem sama setelah menukar NVRAM hasilnya menjadi normal.

Dari Penjelasan diatas mengenai Solusi Hasil fotocopy Semakin Pudar Konica Minolta Bizhub bisa anda coba ikuti langkah - langkah diatas. Namun perlu digaris bawahi terkadang meskipun permasalahannya sama namun solusinya berbeda - beda jadi anda harus mencobanya satu persatu guna mengatasi Hasil fotocopy Semakin Pudar Konica Minolta Bizhub. Demikian penjelasan ini semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel