Cara Membuat Pisau Pond Kertas Manual

11/04/2019
Cara Membuat Pisau Pond Kertas Manual - Pisau Pond merupakan alat potong yang sudah membentuk pola, pisau pond sendiri banyak sekali jenisnya mulai dari pisau pond kertas, pisau pond sandal, pisau pond cutting. untuk yang pemula dan baru mengenal dunia percetakan pasti akan bertanya - tanya bagaimana sih bentuk dari pisau pond itu sendiri. Anda mungkin pernah melihat blangko undangan yang potongannya memiliki variasi motif bunga atau lainnya nah cara membuat motif potongan bunga ini salah satunya adalah menggunakan mesin pond kertas.

Dengan menggunakan mesin pond ini kita dapat memotong kertas sesuai pola yang kita inginkan, selain itu fungsi mesin pond juga mempermudah dalam membuat kotak, kemasan dan lainnya yang membutuhkan ukuran serta pola yang sama. Sekarang ini banyak sekali produk home industri yang membutuhkan kemasan kotak nah anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai ladang bisnis baru dengan menggunakan pisau pond.
Cara Membuat Pisau Pond Kertas Manual
Cara Membuat Pisau Pond Kertas Manual
Seperti namanya pisau pond sendiri memang berbentuk seperti pisau yang tajam namun pola nya sesuai dengan apa yang akan dipotong, misalnya kotak maka pisau pond yang akan dibuat harus sudah diukur sebelumnya sesuai dengan lebar, tinggi kotak yang akan dibutuhkan. Untuk membuat sketsa pisau pond ini anda bisa memanfaatkan software CorelDraw.

Untuk Membuat Pisau Pond umumnya memang sudah tersedia jasa pembuatan pisau pond namun apabila anda ingin belajar membuat pisau pond sendiri tidak ada salahnya mencoba beberapa langkah dan bahan yang harus disiapkan.

Cara Menggunakan Pisau Pond Kertas

Menggunakan pisau pond ini caranya bukan di pukul menggunakan palu, karena jika anda menggunakan proses ini biasanya hasilnya tidak merata atau ada yang terpotong dan ada yang tidak. Disarankan untuk menggunakan pisau pond ini baiknya anda menggunakan mesin press pond.

Caranya cukup mudah anda hanya menekan handle yang tersedia dan kertas akan terpotong sesuai dengan pola pisau pond. biasanya tidak semua percetakan memiliki alat potong pond sendiri karena memang jenis pisau ini hanya dibutuhkan untuk pemotongan yang sifatnya berpola saja. sehingga biasanya kebanyakan percetakan untuk pemotongan pond di oper ke tempat lain. Hal ini tentu memberikan peluang bagi anda membuka jasa pemotongan pond kertas.

Cara Membuat Pisau Pond Sendiri

Untuk membuat pisau pond sendiri tentu anda harus memiliki keahlian khusus misalnya las besi, cara menyambung besi, pengenalan bahan yang akan digunakan, karena tidak semua orang mampu membuat pisau. 

Bahan Yang harus disiapkan :
  1. Besi Plat
  2. Skesta Pola dan ukuran
  3. Tang 
  4. Cutter
  5. Pemukul Kayu
Cara Kerja
  1. Buatlah Gambar yang sudah diukur sesuai dengan pola pada papan 
  2. Siapkan besi pelat yang sudah di tajamkan bagian sisinya seperti pisau
  3. Potong besi plat sesuai dengan ukuran panjang, lebar masih - masing sesuai dengan bentuk pisau pond.
  4. Tancapkan besi plat ke bagian papan seperti gambar dibawah ini :
    Cara Pembuatan Pisau Pond Kertas
  5. Setelah semua rata dan sudah pas tidak ada selisih, anda bisa mulai menguncinya dengan meneteskan kembang api las. Fungsi cutter untuk menandai bagian - bagian yang perlu dipotong pada besi plat, tang difungsinya untuk mencabut besi plat yang ditancapkan ke papan
  6. Ratakan hinga benar - benar persisi hingga tahap akhir anda bisa mengetesnya
Dengan anda memiliki mesin pond sendiri anda bisa menambahkan jasa pada percetakan jasa pemotongan kertas pond. Demikian penjelasan singkat bagaimana cara membuat dan menggunakan mesin pond.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »