Minggu, 03 November 2019

Cara Cetak Sertifikat Akreditasi Sekolah - Madrasah di Akun SISPENA

Ruanganbaca.com - Seperti yang kita ketahui Akreditasi sekolah merupakan kegiatan penilaian (Asesmen) yang bertujuan untuk menentukan kelayakan dan juga tingkat kinerja sekolah selama beroprasi sebagai sarana pendidikan. Akreditasi sekolah sendiri memiliki tujuan bagi sekolah yang belum memiliki predikat akreditasi, sehingga hal ini menjadi penting untuk dilakukan.

Banyak kelebihan yang didapat bagi sekolah yang memiliki status Akreditasi baik dari segi pandang masyarakat sekitar dan juga siswa. dengan predikat Akreditasi tentu akan menunjukkan kwalitas sekolah tersebut. Tujuan akreditasi sekolah adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai penentu tingkat kelayakan sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan
  2. Dapat memetakan gambaran tentang kinerja sekolah sebagai sarana pendidikan.
Untuk anda yang kesulitan dan belum memahami apa itu Sispena dan bagaimana Cara Cetak Sertifikat Akreditasi Sekolah atau Madrasah melalui akun sispena. Sispena adalah sistem informasi penilaian akreditasi sekolah atau madrasah berbasis web, dengan adanya internet tentu memudahkan kita dalam mengakses sispena dari manapun dan kapan pun anda bisa mengakses website tersebut sesuai kebutuhan.

Cara Cetak Sertifikat Akreditasi Sekolah - Madrasah di Akun SISPENA
Cara Cetak Sertifikat Akreditasi Sekolah - Madrasah di Akun SISPENA
Aplikasi sispena ini dibuat untuk tujuan mempermudah sarana pelayanan pemerintah kepada sekolah. dibuat dan dikelola oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah (BAN S/M), tentu anda bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan sebaik mungkin.

Pengertian Sertifikat Sekolah adalah sebagai tanda bukti pengakuan bahwa sekolah sudah terakreditasi serta pengakuan di mata umum bahwa sekolah telah mencapai status peringkat akreditasi. Nilai akreditasi sekolah ini umumnya meliputi delapan nilai komponen akreditasi adapun kualifikasi peringkat sekolah dapat dilihat seperti contoh dibawah ini :
Klasifikasi Peringkat Akreditasi

Untuk sekolah yang memiliki akreditasi di tahun 2018 anda bisa langsung mendownload secara online melalui akun sispena. Berikut ini akan saya jelaskan Cara Download Sertifikat Akreditasi Sekolah / Madrasah melalui akun sispena. Bagi sekolah atau Madrasah yang sudah memiliki status di akreditasi anda bisa mengikuti panduan dibawah ini cara unduh atau Download Sertifikat Akreditasi Sekolah.

Dibawah ini anda bisa mengikuti panduan untuk mulai mencetaknya silahkan masuk ke akun SISPENA, Login menggunakan Akun Sispena Sekolah Masing - Masing anda bisa masuk ke URL ini : https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login
Login Aplikasi Sispena


Anda akan diarahkan pada tampilan seperti diatas. Setelah masuk kedalam akun maka anda akan diarahkan pada tampilan Edit Identitas seperti tampak pada gambar dibawah ini :

Langkah berikutnya anda bisa mengkli menu dasboard seperti nampak dibawah ini :
Setelah anda mengklik pada menu Dasboard anda akan melihat beberapa data yang ditampilkan mulai dari Penilaian Akreditasi BAN S/M dan juga beberapa informasi terkait. Tahap akhir atau biasa dikenal dengan tahap pleno akan ditampilkan menu Download Sertifikat Akreditasi sekolah seperti berikut ini :

Dengan langkah - langkah diatas anda sudah bisa mendownload sertifikat, lalu anda tinggal mencetaknya dengan printer. Umumnya hasil download ini berformat pdf namun anda bisa mengubahnya ke format lainnya seperti .jpg dll dengan memanfaatkan aplikasi pengubah format.

Demikian penjelasan singkat mengenai Cara Download Sertifikat Akreditasi Sekolah / Madrasah di Akun Sispena. Semoga memberikan wawasan dan bermanfaat. Terimakasih

Ruanganbaca: Cara Cetak Sertifikat Akreditasi Sekolah - Madrasah di Akun SISPENA

Comments