Praktis Cara Menggunakan Kertas Water Slide Decal dan Fungsinya

10/24/2019
Praktis Cara Menggunakan Kertas Water Slide Decal dan Fungsinya - Anda mungkin pernah mendengar sebutan Kertas Water Slide Decal, Disini kita akan ulas apa saja fungsinya dan ada berapa macam jenis kertas decal yang harus diketahui. Kertas Water Slide Decal ini ada dua jenis yang mana Water Slide Decal Transfaran dan Water Slide Decal dengan warna dasar putih. 

Penggunaan dari masing - masing jenis Water Slide Decal ini harus disesuaikan pada media yang akan di tranfer, Jika anda ingin mentransfer gambar pada media bening anda bisa menggunakan kertas decal berwarna putih, sedangkan jika media yang akan ditranfer gambar media dasarnya putih anda bisa menggunakan jenis Water Slide Decal transparan. 

Praktis Cara Menggunakan Kertas Water Slide Decal dan Fungsinya
Praktis Cara Menggunakan Kertas Water Slide Decal dan Fungsinya
Water Slide Decal Putih juga sangat baik jika digunakan pada media yang memiliki dasar warna - warna gelap. Hasil dari menggunakan Kertas Water Slide Decal sebetulnya sama saja dengan hasil sablon, bisa diaplikasikan di beberapa media seperti gelas mug, gelas cangkir, piring, keramik, marmer, casing HP, lilin, mainan anak, Helm motor, Kayu seperti gitar, Body Motor. dll

Cara memindahkan Kertas Water Slide Decal ini agar bisa diaplikasikan ke media lain harus menggunakan bantuan air yang mana kertas yang sudah di cetak menggunakan printer di rendam di dalam air kurang lebih 10 s.d 20 detik sampai lapisan antara kertas dan juga plastik terpisan dan siap untuk ditempelkan pada media yang anda inginkan.

Ukuran Kertas Water Slide Decal

Secara umum ukuran kertas Water Slide Decal ini terbatas tidak seperti kertas stiker yang tersedia dengan ukuran gulungan, Maksimalnya ukuran Water Slide Decal 50 x 70 cm namun untuk memudahkan penjualan Water Slide Decal ini dipotong hingga tersedia dipasaran dari mulai ukuran A4 dan A3.

Untuk anda yang belum memahami kertas ini mungkin akan bertanya mengapa kertas ini disebut dengan kertas Water Slide Decal, Jawabannya karena kertas ini diaplikasikannya dengan bantuan rendam air selama 10 s.d 20 detik sampai lapisan lem yang seperti plastik tranfaran terkelupas dan di slide atau digeser ke media yang akan di tempelkan.

Fungsi kertas Water Slide Decal

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai apa itu kertas Water Slide Decal, jika kita bicara mengenai fungsinya kertas ini adalah sebagai alat transfer gambar tanpa menggunakan cara manual seperti sablon yang harus membuat screen film, dengan memanfaatkan kertas Water Slide Decal ini tentu akan mempercepat pekerjaan kita dalam membuat gambar pada sebuah media.

Cara Menggunakan Kertas Water Slide Decal

Secara umum penggunaan kertas Water Slide Decal adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan desain yang telah dibuat menggunakan software photoshop atau coreldraw
  2. Cetak kertas Water Slide Decal menggunakan tinta yang sesuai dengan kertas decal anda apakah itu berbasis tinta toner atau tinta cair. 
  3. Setelah dicetak lalu gunting atau cutting kertas Water Slide Decal sesuai dengan pola gambar yang anda cetak yang sebelumnya sudah di ukur sesuai dengan media yang akan di tranfer.
  4. Rendam kertas Water Slide Decal selama kurang lebih 10 - 30 detik tunggu hingga kertas dan lapisan lemnya terpisah
  5. Ambil media yang akan di transfer lalu sambil menempelkan kertas Water Slide Decal dengan cara di gerser secara perlahan - lahan. sampai gambar di posisikan pas dengan media
  6. keringkan air menggunakan kain kering yang halus atau bisa menggunakan tissue
  7. Pada proses pengeringan ini usahakan tidak ada gambar yang gelembung jadi harus benar - benar semua menempel rata kepermukaan media yang ditempel kertas Water Slide Decal.
  8. Proses selanjutnya adalah lakukan coating menggunakan pylox bening agar lebih tahan lama.
  9. Untuk lebih memperkuat ketahanan Water Slide Decal yang menempel pada media baiknya sebelum melakukan coating usahakan di oven terlebih dahulu media yang sudah ditempel kertas Water Slide Decal.
Dari penjelasan diatas tentu anda bisa mencoba mempraktekkannya sendiri, Demikian penjelasan mengenai kertas Water Slide Decal. semoga menambah wawasan anda.

Tag :
Kertas Water Slide Decal Tinta toner, Water Slide Decal tinta cair, Cara Mencetak kertas Water Slide Decal, Cara print kertas Water Slide Decal, cara menempelkan kertas Water Slide Decal.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »