Mudah Cara Membuka Microsoft Office Excel Proteksi Password Tanpa Software

10/17/2019
Mudah Cara Membuka Microsoft Office Excel Proteksi Password Tanpa Software - Membuat sebuah file office Excel agar tidak dapat dibuka sembarang orang kita perlu memproteksi file tersebut dengan password. Jika kita telah menginputkan password atau Protect Sheet pada halaman excel tersebut maka tidak ada satupun orang yang dapat membuka file tersebut tanpa mengetahui password dari file excel tersebut.

Permasalahannya bagaimana jika kita sendiri lupa akan password yang sebelumnya telah kita masukkan ke file office excel tersebut? sehingga menyulitkan kita untuk mengedit file excel yang sudah kita simpan tersebut, di artikel ini ruanganbaca.com akan memberikan panduan bagaimana anda dapat membuka password file microsoft excel tersebut tanpa menggunakan software, karena anda dapat menggunakan Microsoft Office Excel itu sendiri untuk remove dan melakukan Unprotect Password.

Banyak sekali alasannya mengapa kita harus membuka proteksi password Office Excel salah satunya adalah seperti yang sudah kita jelaskan diatas, yaitu faktor lupa. Atau kita terkadang membutuhkan file Office Excel tersebut baik dari hasil download yang ternyata Office Excel tersebut terpassword. sedangkan untuk menanyakan password dari file tersebut sulit untuk menghubungi pembuatnya. tentu solusi nya anda harus melakukan beberapa cara yang akan dijelaskan di artikel ruanganbaca.com ini.

Cara membuka protect file ms. excel ini tidak disarankan untuk merugikan orang lain. misalnya membuka file orang lain tanpa seizin pembuat, cara menjebol password file Microsoft Office Excel ini tentu anda harus melakukan beberapa tahapan yang harus dicoba.

Apa yang harus kita lakukan untuk membuka Password Office Excel

Tentu kembali ketujuan awal kita dalam melakukan sebuah Unprotect Office Excel ini kita harus menyiapkan sebuah script atau kode program, yang mana kode ini berisi perintah yang dapat menonaktifkan Password Office Excel. Cara kerjanya cukup simpel dan mudah dipratekkan serta prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama. dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membuka proteksi password Office Excel Tanpa menggunakan Software.
the cell or chart that you are trying to change is protected and therefore read-only
the cell or chart that you are trying to change is protected and therefore read-only
Umumnya saat kita membuka file Office Excel yang telah di proteksi oleh password maka akan menampilkan peringatan saat kita klik ganda pada salah satu kolom layar kerja, pesan tersebut seperti gambar diatas.

Apabila file Office Excel yang akan kita edit menampilkan pesan seperti diatas itu tanda bahwa file diproteksi oleh pembuatnya. File tersebut tidak akan dapat kita edit bagaimanapun caranya sebelum menghilangkan proteksinya. selama file masih terproteksi maka yang dapat kita lakukan hanya melihat dan membaca saja.

Selain itu jika kita perhatikan pada bagian menu Review maka akan terlihat jelas pada bagian menu changes tertulis Unprotect Sheet. 
Icon Unprotect Sheet
Icon Unprotect Sheet
Fitur ini adalah berfungsi untuk membuka proteksi password office excel. jika kita mengetahui passwordnya tentu kita tidak akan dipusingkan dengan hal semacam ini. Namun jika file tersebut sangatlah penting bagi kita maka mau tidak mau harus mencari solusi bagaimana cara membuka file proteksi pada ms.excel tersebut.

Oke baiknya sebelum melakukan hal ini anda tidak perlu tegang karena pastinya setelah ini berhasil anda akan tersenyum sendiri dan lega rasanya. karena sebetulnya cara ini sangat mudah dilakukan. Nah langsung saja ikuti cara nya silakan buka file office Excel yang diproteksi kemudian anda tekan ALT + F11 pada keyboard komputer, fungsi kedua tombol tersebut adalah untuk mengaktifkan layar kerja Microsoft Visual Basic script. kemudian anda bisa melakukan klik pada menu insert dan pilih module.

Atau lebih lengkapnya anda dapat melakukan langkah berikut step by step membuka proteksi Sheet
Excel dengan menggunakan VB Script:
  1. Buka file excel yang di proteksi
  2. Tekan tombol kombinasi “ALT+F11″
  3. Klik Insert > module copy 
  4. paste-kan code berikut ini:
Sub InternalPasswords()
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer
On Error Resume Next
For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126
ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then
If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then
If ActiveSheet.ProtectContents = False Then
Exit Sub
End If
End If
End If
Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next
End Sub

Code script diatas bisa di Download

Tampilan Vb Script
Berikutnya anda akan diarahkan dalam pilihan Sheet yang didalamnya terprotect password ms. excel yang mana akan kita jebol. kita akan praktekkan salah satu cara membuka proteksi sheet yang diberinama Contoh.

Anda bisa menekan tombol RUN MACRO seperti pada gambar dibawah ini :


Berikutnya akan ditampilkan pada kotak dialog Macros dengan perintah InternalPasswords. Jadi anda hanya tinggal memilih satu langkah saja yaitu menekan tombol RUN tunggu hingga proses ini berjalan karena module yang kita beri kode tadi akan mulai bekerja untuk menghapus proteksi file Office Excel. Lamanya sebuah proses ini ditentukan oleh ukuran file Office Excel yang sedang dilakukan proses Unprotect.

Jika proses RUN MACRO sudah sukses dilakukan dengan sempurna anda bisa melakukan langkah berikutnya yaitu tutup layar kerja atau clouse. dan coba kembali perhatikan pada layar kerja file Office Excel utamanya bagian menu Review, jika tulisan sudah berubah menjadi Protect Sheet artinya proses membuka password file Office Excel berhasil anda lakukan.


Anda bisa mencoba langkah diatas jika sudah berhasil coba untuk mengedit atau melakukan sebuah perubahan pada sheet kerja file Office Excel tersebut. jika sudah bisa di edit artinya anda sudah melakukan cara ini dengan benar. 

Bagaimana dengan langkah diatas? tentu sangat mudah dipraktekkan dan bisa mencoba trik Membuka Proteksi Password Office Excel ini. Semoga tanpa kesulitan anda dapat mengatasi masalah tersebut pesan saya gunakan trik ini untuk cara yang baik bukan untuk melakukan tindakan kejahatan yang merugikan orang lain. Salam hangat sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »